📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Cara Memperbaiki Throttle Body Mobil!

Berikut penjelasan cara memperbaiki throttle body mobil. Throttle body adalah komponen penting dalam sistem pembakaran mesin yang mengatur jumlah udara yang masuk ke ruang bakar.

Jika throttle body tidak berfungsi dengan baik, kinerja mobil Anda dapat terpengaruh.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara rinci tentang throttle body mobil dan memberikan panduan langkah demi langkah untuk memperbaikinya.

Apa itu Throttle Body

Throttle body adalah katup yang terpasang di antara saluran udara dan intake manifold pada mesin mobil. Tugas utama throttle body adalah mengendalikan jumlah udara yang masuk ke ruang bakar.

Ketika Anda menekan pedal gas, throttle body membuka dan memberikan aliran udara yang lebih besar ke mesin. Sebaliknya, ketika Anda melepaskan pedal gas, throttle body menutup untuk membatasi aliran udara.

Cara Memperbaiki Throttle Body Mobil Brio

Sebelum memulai cara memperbaiki throttle body mobil, pastikan mesin mobil dalam keadaan mati dan biarkan mesin mendingin selama beberapa menit. Kemudian buka hood mobil dan pastikan area sekitar throttle body terlihat jelas.

Langkah 1: Identifikasi Throttle Body

Cari throttle body di dalam mesin mobil Anda. Biasanya, throttle body terhubung langsung dengan saluran udara dan terletak di atas intake manifold. Pastikan Anda mengenali throttle body dengan benar sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 2: Membersihkan Throttle Body

Membersihkan throttle body adalah langkah penting untuk memperbaikinya. Gunakan pembersih throttle body yang direkomendasikan oleh produsen atau pembersih throttle body umum yang tersedia di pasaran. Ikuti instruksi pada kemasan pembersih dan bersihkan throttle body secara menyeluruh. Gunakan sikat gigi lembut atau lap bersih untuk membersihkan bagian dalam throttle body.

Langkah 3: Memeriksa Sensor Throttle Position (TPS)

Sensor throttle position (TPS) berfungsi untuk mengukur posisi katup throttle body. Pastikan koneksi kabel TPS terpasang dengan baik dan tidak ada kerusakan pada kabelnya. Jika ada masalah dengan TPS, pertimbangkan untuk menggantinya.

Langkah 4: Memeriksa dan Membersihkan Idle Air Control (IAC)

Idle air control (IAC) adalah komponen lain yang berperan dalam mengatur kecepatan idle mesin. Periksa IAC untuk melihat apakah terdapat kotoran atau kerak yang menghalangi pergerakan komponen ini. Bersihkan IAC dengan pembersih throttle body dan sikat gigi lembut jika diperlukan.

Langkah 5: Mengganti Throttle Body

Jika throttle body Anda mengalami kerusakan parah dan tidak dapat diperbaiki, Anda mungkin perlu menggantinya dengan yang baru. Pastikan untuk membeli throttle body yang sesuai dengan merek dan model mobil Brio Anda. Pasang throttle body baru dengan hati-hati dan pastikan semua koneksi terpasang dengan benar.

Langkah 6: Memasang Kembali Semua Komponen

Setelah membersihkan atau mengganti throttle body, pastikan untuk memasang kembali semua komponen dengan benar. Periksa kembali semua koneksi, termasuk kabel TPS dan IAC, untuk memastikan semuanya terpasang dengan aman.

Langkah 7: Mengatur Ulang ECU

Setelah semua langkah cara memperbaiki throttle body mobil, penting untuk mengatur ulang unit kontrol mesin (ECU) agar mengenali komponen baru atau perubahan yang telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan alat pemindai kode kesalahan (OBD scanner) atau dengan melepas kabel negatif baterai selama beberapa menit.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Intake Manifold Bocor?

Cara Memperbaiki Throttle Body Mobil Avanza

Sebelum memulai proses cara memperbaiki throttle body mobil Avanza, pastikan Anda telah menyiapkan peralatan dan perlengkapan yang diperlukan. Beberapa hal yang perlu Anda siapkan antara lain:

  • Sarung tangan pelindung.
  • Kain bersih.
  • Sikat kecil.
  • Cleaner throttle body.
  • Obeng atau alat yang diperlukan untuk membuka tutup throttle body..

Langkah 1: Matikan Mesin dan Bersihkan Throttle Body

Langkah pertama cara memperbaiki throttle body mobil adalah mematikan mesin mobil Anda. Setelah itu, buka kap mesin dan temukan throttle body yang terletak di atas intake manifold. Bersihkan throttle body secara hati-hati menggunakan kain bersih dan sikat kecil. Pastikan untuk menghilangkan kotoran atau endapan yang mungkin ada.

Langkah 2: Periksa Kabel dan Sensor

Setelah membersihkan throttle body, periksa kabel dan sensor yang terhubung ke throttle body. Pastikan tidak ada kabel yang putus atau terkelupas. Jika ada kabel yang rusak, ganti dengan yang baru. Periksa juga sensor throttle position untuk memastikan tidak ada kerusakan.

Langkah 3: Obral Ganti Suku Cadang

Jika masalah throttle body tidak dapat diperbaiki dengan membersihkannya saja, kemungkinan ada suku cadang yang perlu diganti. Anda dapat membeli suku cadang throttle body yang baru dan menggantinya sesuai instruksi yang diberikan oleh produsen atau bengkel terpercaya. Pastikan Anda menggunakan suku cadang yang sesuai dengan tipe dan model mobil Avanza Anda.

Langkah 4: Pasang Kembali Throttle Body

Setelah melakukan perbaikan atau penggantian suku cadang, pasang kembali throttle body ke posisi semula. Pastikan semua kabel dan sensor terhubung dengan baik. Periksa juga apakah tidak ada bagian yang terlewat atau terlepas.

Langkah 5: Uji Coba

Setelah throttle body dipasang kembali, nyalakan mesin dan uji coba kendaraan. Perhatikan apakah masalah throttle body sudah teratasi. Jika gejala masalah sebelumnya tidak muncul lagi, itu berarti perbaikan telah berhasil.

SHARE THIS POST​

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru