📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Ragam Perbedaan Servis Berkala dan Tune Up Mobil, Aslinya Jauh Berbeda!

Perbedaan Servis Berkala dan Tune Up Mobil

Apabila Anda adalah seorang pemilik mobil, Anda pasti mengerti betapa pentingnya merawat mobil Anda secara teratur.

Dalam perawatan mobil, terdapat dua istilah yang sering digunakan, yaitu “servis berkala” dan “tune up”. Apa perbedaan servis berkala dan tune up mobil?

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan perbedaan servis berkala dan tune up serta pentingnya keduanya dalam menjaga kesehatan mobil Anda. Mari disimak!

Perbedaan Servis Berkala dan Tune Up Mobil

Dalam merawat mobil, servis berkala dan tune up memiliki peran yang penting. Namun, masih banyak orang memiliki persepsi bahwa servis berkala dan tune up mobil adalah hal yang sama. Agar lebih paham, berikut adalah beberapa poin yang menjadi perbedaan servis berkala dan tune up mobil:

1. Fokus Perawatan

Poin perbedaan servis berkala dan tune up yang pertama terletak pada fokus perawatannya. Servis berkala bertujuan untuk menjaga kondisi umum mobil dan cegah terjadinya kerusakan yang lebih serius di masa depan.

Fokus perawatan servis berkala meliputi pemeriksaan dan pemeliharaan komponen-komponen penting dalam mobil, seperti tingkat oli mesin, sistem pendingin, sistem rem, sistem suspensi, sistem kemudi, sistem pengapian, dan sistem bahan bakar.

Sedangkan tune up bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi mesin mobil. Fokus perawatan tune up meliputi penyetelan dan perbaikan komponen-komponen mesin, seperti throttle body, busi, timing pengapian, katup-katup, dan injektor bahan bakar.

2. Jadwal Perawatan

Adapun hal yang menjadi perbedaan servis berkala dan tune up mobil juga tergantung pada jadwal dilakukannya perawatan. Karena baik servis berkala dan tune up memiliki jadwal yang berbeda.

Servis berkala biasanya dilakukan secara teratur sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil atau setiap 5.000-10.000 kilometer. Tujuan dari servis berkala adalah menjaga mobil tetap dalam kondisi yang baik dan mencegah kerusakan yang tidak terduga.

Tune up biasanya dilakukan ketika mobil mengalami gejala performa yang menurun atau tidak berjalan dengan baik. Biasanya, tune up dilakukan setelah mobil telah menempuh jarak tertentu atau mencapai batas waktu tertentu sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

3. Prosedur Perawatan

Apakah prosedur yang dilakukan pada dua jenis servis ini sama? Ternyata prosedur perawatan juga turut menjadi poin perbedaan servis berkala dan tune up mobil.

Dalam servis berkala, sejumlah prosedur perawatan rutin dilakukan. Ini meliputi pemeriksaan tingkat oli mesin dan penggantian oli jika perlu, pemeriksaan sistem pendingin dan penggantian cairan pendingin jika diperlukan.

Pemeriksaan sistem rem dan penggantian kampas rem jika perlu, pemeriksaan sistem suspensi dan penggantian komponen yang aus juga jadi poin perhatian.

Pemeriksaan sistem kemudi, penggantian komponen yang rusak, pemeriksaan sistem pengapian dan penggantian busi jika perlu, serta pemeriksaan sistem bahan bakar dan penggantian filter bahan bakar jika diperlukan juga jadi hal yang diperhatikan pada saat servis berkala

Sedangkan pada tune up mobil, beberapa langkah perbaikan dan penyetelan komponen mesin dilakukan. Ini meliputi pembersihan throttle body, pengecekan dan penyetelan busi, pengecekan dan penyetelan timing pengapian, pengecekan dan penyetelan katup-katup.

Pembersihan injektor bahan bakar dan pengecekan serta penyetelan sistem pengisian baterai juga jadi poin perbedaan servis berkala dan tune up mobil.

4. Hasil Perawatan

Perbedaan servis berkala dan tune up mobil yang paling mencolok adalah hasil akhir dari kedua jenis perawatan mobil tersebut.

Melalui servis berkala, mobil akan tetap dalam kondisi yang baik dan performa akan optimal. Servis berkala membantu mencegah kerusakan yang lebih serius dan memperpanjang umur pakai mobil.

Sedangkah hasil dari tune up, performa dan efisiensi mesin akan ditingkatkan. Tune up membantu memastikan mesin beroperasi dengan baik dan mengoptimalkan pembakaran, yang dapat menghasilkan peningkatan tenaga dan efisiensi bahan bakar.

Baca Juga: 7 Penyebab Tarikan Mobil Berat dan Boros BBM, Ayo Dicek!

Tune Up Jet Clean

Dalam menjaga kesehatan dan performa mobil Anda, memilih layanan servis berkala dan tune up yang tepat di bengkel terpercaya memiliki peranan yang sangat penting.

Jika Anda ingin mencoba layanan tune up untuk jaga performa mobil kesayangan Anda, maka tune up Jet Clean di Dokter Mobil bisa jadi pilihannya.

Soal kualitas tak perlu khawatir, karena Dokter Mobil memiliki peralatan canggih berteknologi tinggi, teknisi yang ahli, serta SOP yang sistematis, sehingga penanganannya bisa sesuai dengan standar.

Ingin langsung coba layanannya untuk tune up Jet Clean untuk rasakan kualitas carbon cleaner mobil yang bagus? Beberapa titik lokasi cabang Dokter Mobil ini bisa jadi alternatif cepat dan akurat untuk Anda tuju dalam dapatkan service tune up Jet Clean segera:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Dokter Mobil Lontar
Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Proses reservasinya pun sangat mudah, Anda cukup menghubungi Dokter Mobil via WhatsApp di 0877-7760-0371 (atau hubungi di sini).

Pastikan untuk reservasi terlebih dahulu via WhatsApp karena ada banyak promo-promo kejutan yang bisa Anda manfaatkan!

FAQ

Berapa sering sebaiknya melakukan servis berkala pada mobil saya?

Idealnya, servis berkala dilakukan setiap 5.000-10.000 kilometer atau sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil Anda. Namun, penting untuk memeriksa panduan pemilik mobil Anda untuk mengetahui jadwal servis yang tepat.

Kapan saya perlu melakukan tune up pada mobil saya?

Tune up sebaiknya dilakukan ketika mobil mengalami gejala performa yang menurun, seperti mesin sulit menyala, kehilangan tenaga, atau konsumsi bahan bakar yang meningkat. Anda juga dapat merujuk pada panduan pemilik mobil untuk mengetahui jadwal tune up yang direkomendasikan.

Apakah saya dapat melakukan servis berkala atau tune up sendiri?

Pada servis berkala dan tune up yang lebih kompleks, disarankan untuk mengunjungi bengkel terpercaya yang memiliki teknisi yang berpengalaman. Salah satunya dengan percayakan pada tune up Jet Clean di Dokter Mobil.

Apa yang akan terjadi jika saya tidak melakukan servis berkala atau tune up?

Jika Anda tidak melakukan servis berkala, komponen-komponen penting dalam mobil Anda mungkin tidak berfungsi dengan baik dan dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius. Tanpa tune up, performa dan efisiensi mesin Anda mungkin menurun, dan konsumsi bahan bakar bisa menjadi lebih tinggi.

Berapa biaya yang diperlukan untuk servis berkala dan tune up?

Biaya servis berkala dan tune up dapat bervariasi tergantung pada jenis mobil, bengkel, dan pekerjaan yang perlu dilakukan. Sebaiknya Anda menghubungi bengkel terpercaya untuk mendapatkan perkiraan biaya yang lebih akurat.

SHARE THIS POST​

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru