šŸ“¢ SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   šŸ“¢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ā© Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol KlikĀ Disini

7 Penyebab Tarikan Mobil Berat dan Boros BBM, Ayo Dicek!

Bagi para pemiliki mobil tua, khususnya, seringkali mengeluhkan tarikan mobil berat dan boros bahan bakar. Penyebab tarikan mobil berat dan boros bahan bakar ini memang bisa terjadi karena beragam faktor. Dalam artikel ini, kami akan membahas penyebab umum tarikan mobil yang berat dan boros, serta memberikan beberapa saran praktis untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar mobil Anda. Mari kita mulai!

Penyebab Tarikan Mobil Berat dan Boros Bahan Bakar

Masalah tarikan mobil berat dan boros bahan bakar ini tentu akan sangat menyusahkan para pengguna mobil. Karena selain mobil jadi tak lancar saat digunakan, konsumsi bahan bakar yang lebih boros pun juga membuat pengguna mobil perlu merogoh kocek lebih dalam.

Agar masalah ini tak terjadi pada Anda dan mobil kesayangan Anda, berikut adalah beberapa penyebab tarikan mobil berat dan boros bahan bakar yang perlu Anda cek dan waspadai:

1. Ban yang Tidak Terawat

Salah satu penyebab umum tarikan mobil yang berat adalah ban yang tidak terawat. Ban yang tidak memiliki tekanan udara yang tepat atau sudah aus dapat mengurangi efisiensi kendaraan Anda. Pastikan untuk memeriksa tekanan udara ban secara teratur dan mengganti ban yang sudah habis masa pakainya.

2. Filter Udara yang Kotor

Filter udara yang kotor atau tersumbat dapat menyebabkan tarikan mobil yang berat dan meningkatkan konsumsi bahan bakar. Filter udara berfungsi untuk menyaring kotoran dan debu dari udara sebelum masuk ke mesin. Jika filter udara kotor, aliran udara ke mesin akan terhambat, sehingga mesin bekerja lebih keras dan lebih banyak bahan bakar digunakan.

Agar masalah tarikan mobil berat dan boros BBM ini tak terjadi di mobil Anda, pastikan untuk membersihkan atau mengganti filter udara secara teratur, untuk mengentaskan penyebab tarikan mobil berat dan boros BBM.

3. Sistem Bahan Bakar yang Tidak Efisien

Sistem bahan bakar yang tidak efisien dapat menjadi penyebab tarikan mobil berat dan boros. Ada beberapa komponen dalam sistem bahan bakar yang perlu diperiksa, antara lain injektor bahan bakar, pompa bahan bakar, dan filter bahan bakar.

Jika salah satu komponen ini rusak atau tidak berfungsi dengan baik, dapat menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna dan meningkatkan konsumsi bahan bakar. Lakukan perawatan rutin dan periksa sistem bahan bakar secara berkala.

4. Rem yang Menggesek Terus Menerus

Rem yang menggesek terus menerus atau pengereman yang tidak sepenuhnya lepas juga dapat menyebabkan tarikan mobil yang berat. Saat Anda mengemudi, pastikan bahwa rem kendaraan Anda tidak menggesek secara tidak sengaja.

Jika rem tetap terkunci atau tidak lepas dengan baik, maka mobil akan mengalami tarikan yang berat dan konsumsi bahan bakar akan meningkat. Periksa sistem pengereman secara teratur dan pastikan untuk memperbaiki masalah ini segera di bengkel mobil kepercayaan Anda.

5. Kelistrikan yang Buruk

Kelistrikan yang buruk juga dapat menjadi penyebab tarikan mobil berat dan boros bahan bakar. Sistem kelistrikan yang tidak berfungsi dengan baik, seperti busi yang rusak atau koil yang lemah, dapat mengganggu pembakaran yang optimal dalam mesin. Ini dapat mengakibatkan tarikan yang buruk dan penggunaan bahan bakar yang meningkat.

Pastikan untuk memeriksa sistem kelistrikan secara teratur dan melakukan perbaikan yang diperlukan. Hal ini bisa Anda lakukan di bengkel mobil pilihan dan kepercayaan Anda.

6. Penggunaan Bahan Bakar yang Tidak Sesuai

Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan juga dapat menyebabkan tarikan mobil yang berat dan boros. Pastikan Anda menggunakan bahan bakar dengan oktan yang tepat sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil Anda. Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dapat mengganggu kinerja mesin dan menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi.

Baca Juga: 10 Penyebab Tangki BBM Fortuner Boros yang Wajib Diketahui!

7. Beban yang Berlebihan

Terakhir, beban yang berlebihan pada mobil juga dapat menyebabkan tarikan yang berat dan konsumsi bahan bakar yang boros. Jika Anda sering membawa barang atau penumpang melebihi kapasitas yang direkomendasikan, mobil akan bekerja lebih keras dan mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar. Periksa beban maksimum yang dapat ditanggung oleh mobil Anda dan pastikan untuk tidak melebihi batas tersebut.

Solusi Paling Komprehensif untuk Cegah Penyebab Tarikan Mobil Berat dan Boros dengan Tune Up Jet Clean di Dokter Mobil!

Tune Up Jet Clean

Penyebab tarikan mobil berat dan boros BBM ini memang bisa disebabkan oleh beragam faktor. Tapi jika lihat ke kilas pembahasan sebelumnya, sebagian masalah ini disebabkan oleh masalah di komponen ruang mesin bagian pengapian dan bahan bakar.

Nah, Dokter Mobil memiliki satu layanan yang cocok untuk atasi masalah ini secara komprehensif, lengkap, dan akurat, yaitu service tune up Jet Clean!

Proses tune up Jet Clean dimulai dengan membersihkan seluruh komponen mesin yang terhubung dengan aktivitas pembakaran di ruang mesin mobil , mulai dari tangki bensin, throttle body, busi, injeksi, EGR (di mobil diesel), hingga catalytic converter.

Karena seringkali aktivitas pengapian di ruang mesin terhambat akibat menumpuknya kerak karbon sisa pembakaran, mengakibatkan berbagai permasalahan, salah satunya tarikan mobil berat dan boros bahan bakar.

Kerak karbon ini akan dibersihkan dan disedot keluar hingga tuntas sehingga aktivitas pengapian di ruang mesin jadi lebih lancar dan performa mobil pun semakin optimal.

Soal kualitas tak perlu khawatir, karena Dokter Mobil memiliki peralatan canggih berteknologi tinggi, teknisi yang ahli, serta SOP yang sistematis, sehingga penanganannya bisa sesuai dengan standar.

Ingin coba langsung tune up Jet Clean untuk atasi dan cegah penyebab tarikan mobil berat dan boros BBM? Beberapa titik lokasi cabang Dokter Mobil ini bisa jadi alternatif cepat dan akurat untuk Anda tuju dalam dapatkan service tune up Jet Clean segera:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Dokter Mobil Lontar
Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Proses reservasinya pun sangat mudah, cukup hubungi Dokter Mobil via WhatsApp di 0877-7760-0371 (atau hubungi di sini).

Pastikan untuk reservasi terlebih dahulu via WhatsApp. Karena selain bisa dapatkan penanganan tanpa tunggu antrean, Anda juga berkesempatan dapat promo-promo kejutan yang bisa Anda manfaatkan!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4367

No votes so far! Be the first to rate this post.

SHARE THIS POSTā€‹

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers šŸ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ā¤ļø

Artikel Terbaru