📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Cara Memilih Oli Mesin untuk Mobil Tua dan Rekomendasinya

Cara Memilih Oli Mesin untuk Mobil Tua dan Rekomendasinya

Benarkah oli mesin untuk mobil tua harus diperhatikan dengan khusus? Dokter Mobil ada jawabannya!

Memiliki mobil tua tentu memerlukan perawatan khusus, terutama dalam hal pemilihan oli. Oli berperan penting dalam menjaga performa mesin mobil Anda tetap optimal.

Namun, bagaimana cara memilih oli mesin untuk mobil tua? Mari kita jelajahi lebih lanjut.

Mengapa Mobil Tua Memerlukan Oli Khusus?

Seiring berjalannya waktu, komponen mesin mobil akan mengalami perubahan, terutama pada celah antar komponen yang cenderung menjadi lebih longgar.

Hal ini disebabkan oleh intensitas penggunaan mobil yang tinggi, terutama jika mobil Anda sudah berusia lebih dari 8 tahun dengan jarak tempuh lebih dari 100.000 kilometer.

Dalam kondisi seperti ini, oli mesin untuk mobil tua dengan viskositas yang lebih kental seringkali menjadi pilihan yang tepat.

Rekomendasi Oli untuk Mobil Tua

Banyak ahli otomotif dan montir berpengalaman menyarankan pemilik mobil tua untuk menggunakan oli dengan kode 10W-40 atau 20W-50.

Mengapa demikian? Oli mesin untuk mobil tua dengan viskositas seperti ini dapat memastikan sirkulasi oli di mesin berjalan dengan lancar, mengurangi gesekan berlebih, dan memastikan oli mencapai semua komponen mesin dengan baik.

Namun, perlu diingat bahwa setiap mobil memiliki kebutuhan oli yang berbeda.

Oleh karena itu, selalu konsultasikan dengan ahli atau baca manual kendaraan Anda sebelum memutuskan jenis oli mesin untuk mobil tua apa yang akan digunakan.

Mitos dan Fakta tentang Oli Kental

Ada anggapan umum bahwa semua mobil tua memerlukan oli kental. Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar.

Meskipun oli kental mungkin cocok untuk sebagian besar mobil tua, ada beberapa mobil yang justru memerlukan oli dengan viskositas yang lebih rendah.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu memeriksa spesifikasi oli mesin untuk mobil tua yang sesuai dengan mesin mobil Anda.

Dampak Penggunaan Oli Encer pada Mobil Tua

Menggunakan oli dengan viskositas yang terlalu rendah pada mobil tua dapat menyebabkan beberapa masalah, seperti oli yang cepat menguap dan masuk ke ruang bakar.

Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan mesin mobil Anda. Oleh karena itu, selalu pastikan untuk menggunakan oli mesin untuk mobil tua dengan viskositas yang sesuai.

Baca Juga: 5 Ciri Oli Mobil Palsu yang Wajib Diperhatikan

Panduan Kode Oli Mesin untuk Mobil Tua

Memahami kode oli adalah kunci untuk memastikan bahwa Anda memberikan yang terbaik bagi mesin mobil tua Anda.

Setiap kode memiliki karakteristik khusus yang menentukan bagaimana oli tersebut akan berperilaku dalam berbagai kondisi operasi.

Berikut ini adalah panduan rinci mengenai kode oli mesin mobil tua yang sering direkomendasikan:

  1. Kode 20W-50

Oli dengan kode ini dikenal memiliki viskositas yang tinggi, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk mobil-mobil tua yang sering digunakan dalam kondisi ekstrem.

Viskositas yang tinggi berarti oli ini mampu memberikan pelumasan yang optimal bahkan dalam kondisi suhu tinggi, menjaga mesin tetap dingin dan berfungsi dengan baik.

Namun, kekurangan dari oli ini adalah dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar karena viskositasnya yang kental memerlukan tenaga lebih untuk memompanya.

  1. Kode 15W-50

Oli jenis ini adalah pilihan yang ideal untuk mobil dengan usia lebih dari 10 tahun.

Dengan rentang suhu operasi yang luas, oli ini mampu memberikan perlindungan maksimal terhadap gesekan mesin, terutama pada suhu rendah hingga menengah.

Selain itu, oli dengan kode 15W-50 juga memiliki aditif khusus yang membantu dalam membersihkan endapan-endapan kotoran di dalam mesin, menjaga mesin tetap bersih dan berfungsi dengan optimal.

  1. Kode 10W-40

Direkomendasikan untuk mobil yang berusia di bawah 10 tahun, oli ini memiliki viskositas yang moderat, menjadikannya pilihan yang fleksibel untuk berbagai kondisi operasi.

Oli ini dirancang untuk memberikan pelumasan yang cepat saat mesin pertama kali dihidupkan, mengurangi gesekan dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Selain itu, oli 10W-40 juga memiliki sifat anti-oksidasi yang baik, memastikan bahwa oli tetap stabil meskipun digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Untuk pilihan jenis oli mesin untuk mobil tua 10W-40 terpercaya, oli 9 Circle dari Dokter Mobil bisa jadi pilihan tepat untuk Anda percayakan sebagai oli untuk mobil tua kesayangan Anda.

Oli 9 Circle secara khusus diproduksi di Jerman dengan meningkatkan nilai TBN-nya (Total Based Number), sehingga oli bisa tahan di suhu tinggi. Cocok untuk iklim tropis Indonesia.

Selain nilai TBN yang tinggi, oli 9 Circle juga memiliki kandungan LOW SAPS (sulfated ash, phosphorus, and sulfur) yang lebih minim emisi.

Ingin langsung coba keunggulannya? Anda bisa langsung pesan via WhatsApp di sini.

  1. Kode 15W-40

Oli dengan kode ini khusus dirancang untuk mobil tua berukuran besar atau mesin berat.

Dengan viskositas yang lebih kental, oli ini mampu memberikan perlindungan ekstra terhadap komponen mesin yang besar, memastikan bahwa seluruh bagian mesin mendapatkan pelumasan yang memadai.

Oli jenis ini juga dikenal memiliki sifat anti-karat dan anti-korosi yang baik, menjaga mesin Anda tetap dalam kondisi prima meskipun digunakan dalam kondisi yang keras.

Memilih oli yang tepat untuk mobil tua Anda adalah langkah penting dalam menjaga performa dan daya tahan mesin.

Selalu konsultasikan dengan ahli dan baca manual kendaraan Anda sebelum membuat keputusan.

Tapi soal pilihan olinya, percayakan pada oli 9 Circle dari Dokter Mobil adalah solusinya. Karena apapun masalah mesinnya, di Dokter Mobil pasti beres! Gak beres? GRATIS!

SHARE THIS POST​

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru