📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

5 Ciri Oli Mobil Palsu yang Wajib Diperhatikan

5 Ciri Oli Mobil Palsu yang Wajib Diperhatikan

Pentingnya mengenal ciri oli mobil palsu tidak bisa diabaikan. Oli mobil merupakan komponen penting dalam menjaga kinerja mesin mobil kesayangan Anda. Namun, di pasaran saat ini, tidak jarang beredar oli palsu yang dapat mengancam kesehatan dan kinerja mesin mobil Anda.

Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai pemilik kendaraan untuk mengetahui perbedaan antara oli asli dan palsu, sehingga kita dapat melindungi kendaraan kita dari kerusakan yang tidak diinginkan.

Beberapa Ciri Oli Mobil Palsu

Oli mobil palsu seringkali dibanderol dengan harga cukup ekonomis. Namun, ada bahaya yang mengintai jika menggunakan jenis oli mobil palsu, lho. Berikut adalah beberapa ciri oli mobil palsu yang wajib Anda pahami:

  1. Kemasan yang Tidak Original

Salah satu ciri oli mobil palsu yang paling jelas adalah kemasannya yang tidak original. Oli mobil asli biasanya memiliki kemasan yang rapi, dilengkapi dengan segel keamanan, dan mencantumkan logo serta informasi produsen dengan jelas.

Namun, pada oli palsu, kemasannya seringkali terlihat murahan, cetakan label yang buruk, dan tidak memiliki segel keamanan. Jika Anda melihat perbedaan mencolok dalam kemasan oli, maka besar kemungkinan itu adalah oli palsu.

  1. Segel Keaslian yang Tidak Rusak

Ciri oli mobil palsu selanjutnya adalah segel keaslian yang tidak rusak. Produsen oli terpercaya biasanya menyediakan segel keaslian pada kemasan mereka untuk mencegah pemalsuan.

Segel ini berfungsi sebagai tanda bahwa oli tersebut belum pernah digunakan sebelumnya dan masih dalam kondisi asli. Pastikan segel tersebut tidak rusak atau tampak telah dibuka sebelumnya.

Jika Anda melihat segel yang telah rusak atau terlepas, itu bisa menjadi tanda bahwa oli tersebut palsu. Kualitas segel yang buruk atau mudah terlepas juga dapat menjadi indikasi ciri oli mobil palsu.

  1. Warna dan Konsistensi Oli yang Tepat

Warna dan konsistensi oli mobil asli memiliki karakteristik tertentu yang dapat membantu mengenali ciri oli mobil palsu atau tidak. Sebagai contoh, oli mesin umumnya memiliki warna kuning kecoklatan atau hijau kebiruan, tergantung pada merek dan jenisnya.

Namun, beberapa merek terkemuka mungkin memiliki variasi warna yang khas. Oli asli biasanya memiliki konsistensi yang baik, tidak terlalu encer atau terlalu kental.

Jika Anda melihat perbedaan warna yang signifikan atau konsistensi yang tidak biasa, seperti adanya endapan atau partikel kasar, itu bisa menjadi indikasi ciri oli mobil palsu.

Oli palsu seringkali tidak diproses dengan baik dan tidak memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh produsen.

  1. Aroma yang Tidak Mencurigakan

Oli mobil asli umumnya memiliki aroma yang khas, seperti bau karet atau minyak. Aroma ini merupakan hasil dari bahan kimia yang terkandung dalam oli tersebut.

Jika Anda mencium aroma yang tidak biasa atau tidak lazim, seperti bau yang busuk atau kimia yang menyengat, itu bisa menjadi pertanda bahwa oli tersebut palsu.

Oli palsu seringkali menggunakan bahan kimia yang murah dan tidak berkualitas, sehingga menghasilkan aroma yang mencurigakan.

Meskipun aroma bukanlah satu-satunya indikator keaslian, tetapi dapat menjadi petunjuk tambahan dalam mengidentifikasi ciri oli mobil palsu.

  1. Label dan Informasi Produk yang Jelas

Produsen oli terpercaya akan menyediakan label dan informasi produk yang jelas dan lengkap pada kemasan oli mereka. Label ini berisi informasi penting seperti merek, jenis, spesifikasi, petunjuk penggunaan, serta nomor seri atau kode produksi.

Periksa dengan teliti apakah terdapat kesalahan ejaan, kesalahan cetak, atau ketidakkonsistenan dalam informasi yang diberikan sebagai ciri oli mobil palsu.

Oli palsu cenderung memiliki label yang buram, tidak jelas, atau bahkan tidak menyertakan informasi yang dibutuhkan.

Produsen terpercaya juga seringkali mencantumkan barcode atau QR code pada label, yang dapat dipindai untuk memverifikasi keaslian produk.

Selalu pastikan Anda membaca dengan teliti label dan informasi produk sebelum membeli oli mobil.

  1. Tempat Pembelian yang Terpercaya

Membeli oli mobil dari tempat yang terpercaya adalah langkah penting dalam melindungi kendaraan Anda dari oli palsu.

Pilihlah toko suku cadang resmi atau bengkel yang bekerja sama dengan produsen oli terkemuka. Tempat-tempat ini biasanya menjual produk-produk asli dan berkualitas tinggi, sehingga dapat memberikan jaminan keaslian.

Hindari membeli oli mobil dari sumber yang tidak jelas atau ragu-ragu. Belilah hanya dari toko yang memiliki reputasi baik dan telah lama beroperasi di industri otomotif.

Jika Anda ragu, Anda juga dapat menghubungi produsen oli secara langsung untuk menanyakan apakah toko atau bengkel tersebut adalah mitra resmi mereka.

Dalam menjaga kesehatan dan kinerja mesin mobil Anda, mengenali ciri-ciri oli mobil palsu sangatlah penting.

Melalui perhatian yang teliti terhadap kemasan, segel keaslian, warna dan konsistensi, aroma, label, dan tempat pembelian, Anda dapat melindungi kendaraan Anda dari kerusakan akibat oli palsu.

Selalu ingat untuk memilih oli mobil yang asli dan berkualitas tinggi agar mesin kendaraan Anda tetap berfungsi dengan baik.

Salah satu oli mesin yang terbukti keaslian serta kualitasnya adalah oli 9 Circle dari Dokter Mobil. Oli 9 Circle secara khusus diproduksi di Jerman dengan meningkatkan nilai TBN-nya (Total Based Number), sehingga oli bisa tahan di suhu tinggi. Cocok untuk iklim tropis Indonesia.

Selain nilai TBN yang tinggi, oli 9 Circle juga memiliki kandungan LOW SAPS (sulfated ash, phosphorus, and sulfur) yang lebih minim emisi.

Ingin langsung coba oli 9 Circle di mobil Anda? Anda bisa konsultasi terlebih dahulu atau langsung pesan dengan hubungi via WhatsApp di 0877-7760-0371 (atau hubungi di sini).

Karena sangat dinanti hingga stoknya sering kehabisan, pastikan Anda segera pesan oli 9 Circle sekarang sebelum kehabisan!

SHARE THIS POST​

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru