📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Kompresi Mobil Ertiga Hilang, Cek 5 Bagian Ini!

Kompresi Mobil Ertiga Hilang

Mobil Ertiga telah menjadi pilihan favorit keluarga Indonesia karena kenyamanan, kepraktisan, dan efisiensinya.

Namun, pemilik mobil ini terkadang mengalami masalah kompresi mobil Ertiga hilang, yang dapat mengganggu kinerja dan efisiensi kendaraan.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara rinci penyebab umum hilangnya kompresi pada mobil Ertiga dan memberikan solusi yang berguna untuk mengatasi masalah tersebut.

Penyebab Kompresi Mobil Ertiga Hilang

Masalah kompresi mobil Ertiga hilang bisa terjadi karena faktor yang beragam, berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan kompresi mobil Ertiga hilang:

  1. Ausnya Ring Piston

Ring piston merupakan komponen kritis dalam mesin mobil Ertiga. Seiring waktu dan penggunaan, ring piston dapat mengalami keausan.

Ausnya ring piston dapat mengakibatkan kebocoran kompresi di antara ruang bakar dan ruang oli mesin. Hal ini mengurangi tekanan kompresi yang diperlukan untuk pembakaran bahan bakar secara efisien.

Gejala umum ausnya ring piston termasuk tenaga mesin yang menurun, konsumsi bahan bakar yang meningkat, asap keluar dari knalpot, atau adanya gejala ketukan mesin (detonasi).

Untuk mengatasi masalah kompresi mobil Ertiga hilang ini, penggantian ring piston yang aus dengan yang baru perlu dilakukan.

Penting untuk memilih ring piston berkualitas tinggi yang sesuai dengan spesifikasi mobil Ertiga Anda. Ring piston yang berkualitas buruk dapat mengurangi umur pakai dan performa mesin.

Proses penggantian ring piston harus dilakukan secara profesional dan sesuai dengan petunjuk pabrik agar tidak ada kebocoran atau masalah lain yang muncul setelah penggantian.

  1. Klep yang Bocor

Klep adalah komponen yang mengatur aliran bahan bakar dan udara ke dalam ruang bakar dan saluran buang.

Jika klep mengalami kebocoran, kompresi mesin akan terpengaruh. Klep yang bocor menyebabkan kebocoran kompresi di antara ruang bakar dan saluran buang atau masuk.

Akibatnya, kompresi mobil Ertiga hilang dan kinerja mesin terganggu.

Gejala yang mungkin muncul akibat klep yang bocor termasuk suara mesin yang tidak normal, tenaga mesin yang menurun, konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi dari biasanya, atau ketidakstabilan mesin pada kecepatan tinggi.

Untuk mengatasi masalah ini, perlu dilakukan pengecekan dan perbaikan klep yang bocor. Dalam beberapa kasus, klep yang bocor dapat diperbaiki dengan melakukan perawatan dan penggantian komponen tertentu, seperti seals klep.

Namun, jika kerusakan pada klep sudah cukup parah, kemungkinan besar perlu dilakukan penggantian klep secara keseluruhan.

  1. Kebocoran pada Segel Silinder

Segel silinder adalah komponen penting yang menjaga tekanan kompresi di dalam ruang bakar. Jika segel silinder rusak atau aus, kebocoran kompresi dapat terjadi di antara ruang bakar dan ruang luar mesin. Hal ini mengurangi efisiensi dan kinerja mesin.

Gejala umum kebocoran pada segel silinder meliputi tenaga mesin yang menurun, getaran mesin yang tidak normal, konsumsi bahan bakar yang meningkat, atau adanya asap berlebihan dari knalpot.

Untuk memperbaiki masalah ini, perlu dilakukan penggantian segel silinder yang rusak atau aus. Penting untuk menggunakan segel silinder berkualitas tinggi yang sesuai dengan spesifikasi mobil Ertiga Anda.

Proses pemasangan segel silinder harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan petunjuk pabrik untuk mencegah kompresi mobil Ertiga hilang di masa mendatang.

  1. Ketidakseimbangan Campuran Bahan Bakar dan Udara

Ketidakseimbangan campuran bahan bakar dan udara dapat menyebabkan kompresi mobil Ertiga hilang. Jika campuran bahan bakar dan udara tidak seimbang, pembakaran bahan bakar di dalam ruang bakar tidak efisien, dan tekanan kompresi yang dihasilkan menjadi kurang optimal.

Gejala yang mungkin muncul akibat ketidakseimbangan campuran bahan bakar dan udara termasuk penurunan tenaga mesin, suara mesin yang tidak normal, atau konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi dari biasanya.

Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan pengecekan dan penyesuaian campuran bahan bakar dan udara pada mobil Ertiga.

Proses ini melibatkan pengaturan karburator atau sistem injeksi bahan bakar agar campuran bahan bakar dan udara menjadi lebih optimal. Pengecekan ini sebaiknya dilakukan oleh mekanik yang berpengalaman untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

  1. Masalah pada Ruang Bakar

Masalah pada ruang bakar, seperti kerak atau kerusakan pada dinding silinder, juga dapat menyebabkan kompresi mobil Ertiga hilang.

Kerak atau kerusakan pada dinding silinder dapat mengganggu proses pembakaran bahan bakar yang efisien dan mengurangi tekanan kompresi yang dihasilkan.

Gejala yang mungkin muncul akibat masalah pada ruang bakar termasuk penurunan tenaga mesin, suara mesin yang tidak normal, atau konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi dari biasanya.

Untuk mengatasi masalah ini, perlu dilakukan perawatan dan perbaikan pada ruang bakar mesin. Pembersihan kerak yang ada dan perbaikan kerusakan pada dinding silinder jika diperlukan dapat membantu memulihkan kompresi yang hilang.

Penting untuk melakukan perawatan berkala dan penggantian komponen yang sesuai agar ruang bakar tetap dalam kondisi optimal.

Baca Juga: 7 Penyebab Knocking pada Mesin Diesel di Mobil Anda

Salah satu layanan yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan tune up Jet Clean di Dokter Mobil.

REKOMENDASI BENGKEL TUNE UP MOBIL TERBAIK DAN TERPERCAYA JAKARTA DI DOKTER MOBIL

Layanan tune up Jet Clean Dokter Mobil akan membersihkan komponen mesin yang terhubung dengan aktivitas pembakaran, seperti tangki bensin, throttle body, busi, injeksi, EGR (di mobil diesel), dan catalytic converter, dan juga kembalikan performa mobil Anda yang terganggu.

Ingin langsung coba layanannya untuk tune up Jet Clean untuk cegah masalah kompresi mobil Ertiga hilang?

Beberapa titik lokasi cabang Dokter Mobil ini bisa jadi alternatif cepat dan akurat untuk Anda tuju dalam dapatkan service tune up Jet Clean segera:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Dokter Mobil Lontar
Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Proses reservasinya pun sangat mudah, Anda cukup menghubungi Dokter Mobil via WhatsApp di 0877-7760-0371 (atau hubungi di sini).

Karena apapun permasalahan mobilnya, percayakan pada Dokter Mobil pasti beres! Gak beres? GRATIS!

SHARE THIS POST​

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru