šŸ“¢ SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   šŸ“¢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ā© Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol KlikĀ Disini

7 Penyebab Knocking pada Mesin Diesel di Mobil Anda

7 Penyebab Knocking pada Mesin Diesel di Mobil Anda

Mobil bermesin diesel masih cukup digemari di Indonesia, di tengah gempuran mobil listrik. Hal ini terlihat bagaimana mobil Avanza diesel masih banyak diburu meski dalam kondisi bekas.

Namun, ada satu permasalahan pada mesin mobil diesel yang cukup khas dan sering dikeluhkan penggunanya, yakni engine knocking pada mesin diesel.

Apa penyebab knocking pada mesin diesel mobil ini? Lalu bagaimana solusi jitu untuk bisa mengatasinya? Cari tahu selengkapnya di bawah ini!

Penyebab Knocking pada Mesin Diesel di Mobil

Knocking, yang ditandai dengan mesin mengeluarkan suara ‘jedug’, biasanya disebabkan oleh beberapa komponen yang berhubungan dengan sistem bahan bakar yang tidak berfungsi dengan baik, atau bisa jadi disebabkan oleh kualitas bahan bakar itu sendiri.

Berikut adalah beberapa komponen yang dapat menjadi penyebab knocking pada mesin diesel di mobil:

  1. Kualitas Bahan Bakar Buruk

Pada mesin diesel, proses pembakaran terjadi karena kombinasi dari panas yang dihasilkan oleh kompresi tinggi dan pengabutan bahan bakar yang tepat.

Namun, jika kualitas bahan bakar kurang baik, maka meski dengan suhu yang tinggi, bahan bakar bisa jadi sulit terbakar dan malah terbakar tidak tepat pada waktu yang ditentukan.

Hal ini berakibat pada pembakaran yang tidak sempurna, yang menjadi penyebab knocking pada mesin diesel di mobil.

Kualitas bahan bakar, khususnya solar, ditentukan oleh angka cetane bahan bakar itu sendiri dan juga kandungan yang ada dalam bahan bakar tersebut.

Angka cetane yang tinggi biasanya menandakan kualitas bahan bakar yang baik, yang akan mempengaruhi performa mesin secara keseluruhan.

  1. Temperatur Mesin Rendah

Selain bahan bakar, suhu mesin juga memegang peranan penting dalam proses pembakaran pada mesin diesel.

Pembakaran memerlukan suhu yang tinggi, dan pada akhir langkah kompresi, bahan bakar akan disemprotkan dalam bentuk kabut ke dalam ruang bakar.

Dengan temperatur yang tinggi, bahan bakar akan terbakar dengan baik. Sebaliknya, jika suhu mesin rendah, bahan bakar akan sulit terbakar.

Hal ini menghasilkan Ignition Delay yang panjang dan dapat menjadi penyebab knocking pada mesin diesel di mobil.

  1. Injektor yang Tidak Menyemprotkan dengan Baik

Bahan bakar yang disemprotkan kedalam ruang bakar melalui injektor. Agar bisa terbakar dengan baik, maka bahan bakar akan berbentuk kabut agar bisa bercampur dengan udara kompresi sehingga mudah terbakar.

Penyemprotan yang kurang baik ini bisa disebabkan karena beberapa hal :

  • Tekanan penyemprotan yang rendah (bahan bakar disemprotkan tidak tepat waktu)
  • Kerusakan pada needle valve atau pada valve body sehingga penyemprotan menjadi tidak baik

Dengan penyemprotan yang buruk maka bahan bakar akan sulit terbakar pada awal injeksi sehingga menimbulkan ignition delay yang panjang. Hal ini akan menjadi penyebab knocking pada mesin diesel di mobil.

  1. Injection Timing Tidak Tepat

Apa yang dimaksud dengan injection timing adalah saatnya bahan bakar diinjeksikan dari injektor ke ruang bakar.

Injection timing yang tepat akan menghasilkan saat pembakaran yang tepat pula, akan tetapi bila injection timing berubah sehingga tidak tepat, maka terjadi pembakaran tidak sempurna.

Bila injection timing disemprotkan lebih awal, maka bahan bakar tidak langsung terbakar karena saat itu temperatur ruang bakar masih lebih rendah.

Dengan demikian terjadi ignition delay dan menjadi faktor penyebab knocking pada mesin diesel di mobil.

  1. Ruang Bakar Penuh Kerak Karbon

Ruang bakar pada mesin diesel mempunyai pengaruh sangat besar terhadap pembakaran didalam ruang bakar. Karena disinilah tercipta tekanan kompresi yang tinggi.

Ruang bakar yang kotor karena kerak pembakaran akan mempengaruhi proses pencampuran yang homogen antara udara dan bahan bakar yang disemprotkan didalam ruang bakar.

Selain itu, ruang bakar yang mengalami kerusakan akan mempengaruhi kompresi pada ruang bakar sehingga bisa mempengaruhi temperaturnya.

Hal ini bisa menyebabkan ignition delay dan berefek jadi penyebab knocking pada mesin diesel di mobil.

Baca Juga: Mengapa Membersihkan Kerak Karbon Mesin Mobil Penting?

  1. Overflow Pipe Tersumbat

Overflow pipe memiliki peran penting dalam sistem bahan bakar mesin diesel. Saat bahan bakar disemprotkan oleh injektor ke ruang bakar, tidak semua bahan bakar yang disuplai oleh pompa injeksi akan disemprotkan ke ruang bakar.

Sebagian kecil akan kembali ke tangki bahan bakar melalui overflow pipe.

Jika terjadi kerusakan pada pipa ini, seperti tersumbat, hal ini bisa menyebabkan tekanan berlebih pada injektor.

Akibatnya, bisa terjadi tetesan pada injektor yang berpotensi menjadi penyebab knocking pada mesin diesel.

Oleh karena itu, penting untuk selalu memeriksa dan merawat kondisi overflow pipe agar selalu dalam kondisi baik.

  1. Timing Gear Salah Pasang

Timing gear memiliki peran penting dalam menggerakkan camshaft dan pompa injeksi agar seirama dengan poros engkol.

Waktu gerakan ini sudah diatur dengan perbandingan gigi yang tepat. Jika pemasangan timing gear salah, maka waktu pembakaran akan bergeser, hal ini bisa menyebabkan ignition delay dan jadi penyebab knocking pada mesin diesel di mobil.

Hal ini juga bisa terjadi pada mekanisme penggerak lain seperti timing belt dan timing chain. Oleh karena itu, penting untuk selalu memastikan pemasangan dan kondisi timing gear, timing belt, dan timing chain dalam kondisi baik dan tepat.

Atasi Masalah Engine Knocking pada Mesin Diesel secara Efektif dengan Tune Up Jet Clean di Dokter Mobil

Tune Up Jet Clean

Masalah engine knocking pada mesin diesel terjadi di mobil diesel Anda?

Jangan khawatir, solusi tepat ada di tangan Anda. Dokter Mobil, sebagai spesialis perawatan mobil terkemuka, menawarkan layanan tune up Jet Clean yang dirancang khusus untuk mengatasi masalah ini.

Tune up Jet Clean adalah proses pembersihan menyeluruh yang membantu mengoptimalkan performa mesin diesel Anda.

Layanan tune up Jet Clean kami tidak hanya akan membersihkan komponen mesin yang terhubung dengan aktivitas pembakaran, seperti tangki bensin, throttle body, busi, injeksi, EGR (di mobil diesel), dan catalytic converter, tetapi juga akan mengembalikan performa mobil Anda yang terganggu.

Tumpukan kerak karbon akibat sisa pembakaran sering menjadi penyebab utama gangguan performa mobil. Namun, dengan teknologi terbaru yang kami miliki, kerak karbon tersebut dapat dibersihkan dan disedot hingga bersih. Hasilnya adalah aktivitas pengapian di ruang mesin yang lebih lancar dan performa mobil yang optimal.

Soal kualitas tak perlu khawatir, karena Dokter Mobil memiliki peralatan canggih berteknologi tinggi, teknisi yang ahli, serta SOP yang sistematis, sehingga penanganannya bisa sesuai dengan standar.

Ingin langsung coba layanannya untuk tune up Jet Clean untuk atasi engine knocking? Beberapa titik lokasi cabang Dokter Mobil ini bisa jadi alternatif cepat dan akurat untuk Anda tuju dalam dapatkan service tune up Jet Clean segera:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Dokter Mobil Lontar
Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Proses reservasinya pun sangat mudah, Anda cukup menghubungi Dokter Mobil via WhatsApp di 0877-7760-0371 (atau hubungi di sini).

Pastikan untuk reservasi terlebih dahulu via WhatsApp karena ada banyak promo-promo kejutan yang bisa Anda manfaatkan!

Jadi, tunggu apa lagi? Jangan biarkan masalah knocking mengganggu kenyamanan berkendara Anda.

Segera kunjungi Dokter Mobil dan rasakan perbedaan setelah melakukan tune up Jet Clean. Karena di Dokter Mobil, kesehatan dan performa optimal mobil Anda adalah prioritas kami.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 3456

No votes so far! Be the first to rate this post.

SHARE THIS POSTā€‹

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers šŸ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ā¤ļø

Artikel Terbaru