šŸ“¢ SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   šŸ“¢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ā© Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol KlikĀ Disini

Besaran Konsumsi BBM Fortuner Diesel dan Kiat-kiatnya Agar Semakin Irit

Besaran Konsumsi BBM Fortuner Diesel

Toyota Fortuner, salah satu kendaraan terlaris di Indonesia, selalu menjadi pusat perhatian. Salah satunya hadir dalam varian diesel, Fortuner terus menjadi pilihan favorit bagi konsumen Toyota di Indonesia.

Lalu bagaimana dengan konsumsi BBM Fortuner diesel? Apakah konsumsi BBM-nya masih boros seperti pendahulunya? Cari tahu selengkapnya di bawah ini!

Spesifikasi Toyota Fortuner Diesel

Fortuner, sebuah Sport Utility Vehicle (SUV) dari Toyota, telah lama menjadi pilihan populer di Indonesia.

Nama Fortuner sendiri berasal dari kata “Fortune” dalam bahasa Inggris yang berarti keberuntungan. Mobil ini dibuat berdasarkan platform IMV yang mencakup Toyota Hilux dan Toyota Kijang Innova.

Untuk varian diesel , Fortuner menggunakan mesin 2GD-FTV 4 silinder dengan teknologi Variable Nozzle Turbo (VNT) with Intercooler.

Mesin berkapasitas 2.4L ini mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 149,6 PS pada putaran mesin 3.400 rpm dan torsi maksimum mencapai 400 Nm pada putaran mesin 1.600 rpm hingga 2.000 rpm.

Konsumsi BBM Fortuner Diesel Luar Kota

Konsumsi bahan bakar dapat diukur dengan beberapa teknik, tergantung pada medan yang dilalui, baik dalam kota maupun luar kota.

Toyota Fortuner diesel mencatat konsumsi bahan bakar rata-rata 12 km/liter untuk perjalanan dalam kota dan 16 km/liter untuk perjalanan luar kota. Angka ini cukup mengesankan mengingat ukuran bodi kendaraan yang cukup besar.

Baca Juga: 10 Mobil dengan Konsumsi BBM Teririt: Hemat Pol!

Tips Konsumsi BBM Fortuner Diesel Semakin Irit

Agar konsumsi BBM Fortuner diesel semakin irit, ada kiat-kiat yang bisa Anda lakukan pada Fortuner kesayangan Anda, diantaranya sebagai berikut:

  1. Pemanasan Mesin yang Optimal

Sebelum memulai perjalanan, pastikan mesin kendaraan Anda sudah dipanaskan dengan baik. Mesin yang dingin membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk mencapai suhu kerja yang optimal.

Dengan memanaskan mesin selama beberapa menit sebelum memulai perjalanan, Anda dapat mengurangi konsumsi BBM Fortuner diesel yang tidak perlu.

  1. Hindari Beban Berlebih

Beban berlebih pada kendaraan dapat meningkatkan konsumsi BBM Fortuner diesel. Pastikan Anda tidak membawa barang-barang yang tidak perlu di bagian belakang kendaraan atau di dalam kabin.

Selain itu, hindari pemasangan aksesoris tambahan yang tidak perlu, seperti rak atap atau spoiler, yang dapat meningkatkan hambatan aerodinamis dan mengurangi efisiensi bahan bakar.

  1. Penggunaan Sistem AC dengan Bijak

Penggunaan AC mobil dapat mempengaruhi konsumsi BBM Fortuner diesel. Gunakan sistem AC dengan bijak, terutama saat sedang dalam perjalanan di dalam kota dengan kecepatan rendah.

Saat sedang dalam perjalanan di jalan tol atau kecepatan tinggi, pertimbangkan untuk mematikan sistem AC dan memanfaatkan ventilasi alami agar lebih hemat bahan bakar.

  1. Penggunaan Gigi yang Tepat

Memilih gigi yang tepat pada saat berkendara sangat penting untuk meningkatkan efisiensi konsumsi BBM Fortuner diesel.

Cobalah untuk mengemudi dalam rentang putaran mesin yang disarankan oleh pabrikan untuk setiap kecepatan.

Hindari membiarkan mesin bekerja terlalu keras dengan menjaga agar RPM (putaran per menit) tetap stabil dan tidak terlalu tinggi.

  1. Menghindari Pengereman Mendadak

Pengereman mendadak dapat mengurangi efisiensi bahan bakar. Cobalah untuk menghindari pengereman mendadak dan beri jarak yang cukup dengan kendaraan di depan Anda.

Dengan mengemudi lebih tenang dan antisipatif, Anda dapat mengurangi penggunaan bahan bakar yang tidak perlu dan meningkatkan efisiensi kendaraan.

  1. Memanfaatkan Fitur Ekonomis

Fortuner Diesel dilengkapi dengan fitur-fitur ekonomis yang dapat membantu meningkatkan efisiensi konsumsi BBM.

Misalnya, fitur start-stop otomatis yang otomatis mematikan mesin saat kendaraan berhenti dalam keadaan diam.

Manfaatkan fitur-fitur ini dengan bijak untuk mengurangi penggunaan bahan bakar yang tidak perlu.

  1. Menghindari Macet dan Kemacetan

Mencari jalur alternatif atau menghindari jam sibuk dapat membantu Anda menghindari kondisi lalu lintas yang macet atau kemacetan yang berkepanjangan.

Macet dan kemacetan mengakibatkan kendaraan berhenti dan berjalan secara berulang-ulang, yang dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Rencanakan perjalanan Anda dengan bijak dan gunakan aplikasi navigasi untuk mencari rute yang lebih lancar.

  1. Perawatan Rutin

Perawatan rutin merupakan kunci untuk menjaga kendaraan Anda tetap dalam kondisi optimal. Pastikan Anda mengikuti jadwal perawatan yang ditentukan oleh pabrikan, termasuk penggantian oli, filter udara, dan filter bahan bakar secara teratur.

Perawatan yang baik akan membantu memastikan mesin beroperasi dengan baik dan membantu meningkatkan efisiensi konsumsi BBM Fortuner diesel.

Salah satu layanan yang bisa Anda coba untuk lakukan efisiensi konsumsi BBM Fortuner diesel adalah tune up Jet Clean di Dokter Mobil.

Layanan tune up Jet Clean Dokter Mobil akan membersihkan komponen mesin yang terhubung dengan aktivitas pembakaran, seperti tangki bensin, throttle body, busi, injeksi, EGR (di mobil diesel), dan catalytic converter, dan juga kembalikan performa mobil Anda yang terganggu.

Ingin langsung coba layanan tune up Jet Clean agar konsumsi BBM Fortuner diesel semakin irit?

Beberapa titik lokasi cabang Dokter Mobil ini bisa jadi alternatif cepat dan akurat untuk Anda tuju dalam dapatkan service tune up Jet Clean segera:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Dokter Mobil Lontar
Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Proses reservasinya pun sangat mudah, Anda cukup menghubungi Dokter Mobil via WhatsApp di 0877-7776-0597 (atau hubungi di sini).

Pastikan juga untuk reservasi via WhatsApp karena Anda bisa berkesempatan untuk dapatkan promo-promo menarik, lho.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

SHARE THIS POSTā€‹

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers šŸ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ā¤ļø

Artikel Terbaru