fbpx
 
Posted by intan mobil tips

Bagaimana Cara Perawatan Mobil Hyundai Tucson Dengan Tepat?

bagaimana perawatan hyundai tucson

Membeli mobil berarti anda juga harus siap merawat mobil. Merawat mobil bukan hanya sekedar mencuci body atau memastikan AC berfungsi dengan baik. Masih banyak komponen lainnya yang harus diperhatikan agar mobil hyundai tucson tetap dalam keadaan prima. Untuk menjawab pertanyaan bagaimana perawatan hyundai tucson, mari simak selengkapnya dibawah ini dalam mencegah kerusakan lebih lanjut;

1. Ganti oli mobil dan filter

Setujukah anda bahwa oli merupakan komponen vital bagi kendaraan beroda empat? Oli memiliki fungsi untuk membuat gesekan antara mesin menjadi sempurna. Selain itu, oli juga berperan sebagai peredam getaran, pembersih kotoran, hingga antikarat di dalam mesin. Oli yang bekerja terus menerus akan menurunkan kualitas oli tersebut. 

Pada umumnya, ganti oli mobil disarankan saat mencapai 10 ribu km. Jangan melihat dari patokan jarak tempuh, namun lebih ke waktu. Dikhawatirkan pelumas tidak dapat bekerja maksimal untuk melindungi mesin dari gesekan. Meskipun jarak belum sampai, namun dengan kemacetan parah yang terjadi di Jakarta akan membuat mesin bekerja dengan sangat ekstra setiap harinya. Belum lagi jika ditambah dengan cuaca panas, tentunya hal ini akan membuat mesin bekerja sangat keras.

Oleh sebab itu, seiring dengan waktu pemakaian kendaraan yang semakin tinggi, maka secara otomatis kualitas pelumas juga akan semakin menurun. Selain itu, degradasi kualitas oli juga dapat dengan cepat menurun akibat dari berbagai faktor, seperti kondisi jalan, cara pemakaian serta cuaca.

Baca Juga : Sebaiknya Ganti Oli Mobil Tiap Berapa KM? Ini Jawabannya

2. Pakai Coolant untuk Radiator

Untuk menghindari mobil anda menjadi overheat, selalu pastikan air radiator terisi dengan cukup. Air radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin saat bekerja. Sebab itu, hindari menggunakan air biasa sebab kandungan sudah jelas berbeda. Sayangi mobil anda sebelum terjadinya overheat dengan menggunakan coolant terbaik. 

3. Panaskan Mobil Sebelum Berkendara

Hal ini tak kalah penting. Perhatikan ini. Jika mobil anda ketika distarter langsung menyala, berarti mobil anda termasuk sehat. Sebaliknya, jika butuh waktu starter 3-5 kali, berati ada mesin mobil anda sedang mengalami permasalahan yang cukup serius. 

4. Pilih bahan bakar berkualiatas diatas oktan 92

Bahan bakar berkualiats, berkendara menjadi nyaman. Nilai oktan sangat perlu diperhatikan agar kinerja mobil anda tidak mengalami gangguan. Umumnya, para mekanik bengkel menyarankan untuk menggunakan oktan diatas 92. Jika bahan bakar yang anda gunakan mempunyai nilai dibawah 92, tentu akan berdampak pada mobil anda meskipun tidak secara langsung dirasakan.

5. Bersihkan mobil

Memasuki musim hujan, tak jarang mobil kerap kehujanan. Pentingnya membersihkan komponen-komponen penting seperti mesin justru mencegah timbulnya karat. Sebagian masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi menerjang banjir, hujan, serta genangan air menjadi sebuah keharusan bagi pengguna mobil utnuk lebih sering membersihkan body mobil.

Semoga artikel mengenai bagaimana perawatan hyundai tucson dapat bermanfaat untuk anda dan dapat dijadikan sebagai rujukan terpercaya. Percayakan masalah mobil pada Dokter Mobil.

 

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button