fbpx
 
Posted by wildan Tips Mudik 2019

Tips Wajib Persiapan Mudik dengan Mobil 2019

Agar perjalanan pulang kampung yang hendak anda lakukan berjalan dengan aman dan nyaman, banyak yang harus anda persiapkan. Berikut ini 3 tips yang wajib menjadi persiapan anda agar perjalanan mudik dengan mobil di tahun 2018 ini berjalan dengan lancar.

Libur panjang di momen idul fitri tentu akan sangat menyenangkan jika dihabiskan bersama keluarga besar. Berikut ini beberapa tips agar perjalanan mudik lebaran dapat berlangsung dengan aman dan nyaman saat pakai mobil pribadi.

Perhatikan Faktor Keamanan Mobil

Perjalanan mudik tidak 100 persen aman. Bisa saja ada masalah baik dari mobil maupun dari faktor-faktor luar. Masalah dari komponen mobil antara lain adalah:

Kondisi rem mobil

Perhatikan apakah seal rem masih baik. Dan apakah minyak rem volumenya masih sesuai standart.Anda tentu tidak ingin mengalami kejadian fatal seperti rem blong bukan?

Kondisi ban mobil

Jangan pergi mudik jika ban mobil anda sudah tipis. Segera ganti dengan yang baru. Bagian ban ini meliputi ban dalam, luar, velg, dan as mobil.Pastikan juga anda membawa ban cadangan dan alat untuk ganti ban.

Kaca Mobil yang Kotor

Seringkali debu dan kotoran selama perjalanan menempel di kaca mobil dan menyebabkan pandangan anda terganggu selama berkendara. Dan hal ini akan sangat berbahaya.Anda dapat mengatasi masalah ini dengan cairan wiper Dokter Mobil.Kerap disebut juga cairan tune up pembersih wiper. Cairan ini membantu wiper agar dapat membersihkan kaca mobil dengan bersih dan jernih.Cairan ini akan sangat bermanfaat ketika berkendara terutama di tengah hujan lebat. Cairan ini juga membantu mengantisipasi begal-begal dengan modus melempar telor dan cairan lengket ke kaca mobil.Di Dokter Mobil, cairan ini dapat anda coba secara gratis.

Jangan Sampai Mobil Anda Mogok di Tengah Perjalanan Mudik

Ada banyak faktor yang menyebabkan mobil mogok di tengah perjalanan jauh. Oleh sebab itu, sebelum membawa mobil untuk mudik, anda wajib memastikan performa mobil dalam keadaan maksimal.

jangan sampai mobil mogok di perjalanan mudik

Beberapa komponen yang wajib anda perhatikan di antaranya adalah:

Aki Mobil

Sebelum berangkat mudik, anda wajib mencari tahu sisa umur aki mobil anda. Walaupun performa aki masih bagus, namun jika umurnya habis, aki akan langsung mati.

Jika anda tidak melakukan pengecheckan, mobil bisa mogok mendadak di tengah perjalanan mudik. Anda masih aman jika mogok di siang hari, namun bagaimana jika aki mobil anda mati di tengah malam yang sepi?

Oh iya, anda juga wajib melakukan pengecheckan umur aki meskipun baru saja memasang aki mobil. Mengapa?

Karena banyak aki palsu hasil daur ulang aki bekas yang dijual bebas di pasaran. Kelihatannya merupakan aki baru dari merk ternama, padahal umur akinya sudah sekarat.

Oleh sebab itu, sebelum mudik anda wajib mengecheck kondisi aki mobil anda. Di Dokter Mobil anda dapat mengecheck umur aki mobil secara gratis.

Busi Mobil

Ada banyak tanda-tanda busi mobil anda bermasalah sehingga harus diganti. Salah satunya adalah pengapiannya yang tidak lagi maksimal. Jika dipaksakan, mobil dapat mogok di tengah jalan.

Namun masalah pengapian bukan hanya soal kualitas busi. Bisa jadi mesin mobil anda kotor, ada rembesan oli, dan masalah-masalah lainnya.

Oleh sebab itu, untuk memastikan pengapian mobil dapat maksimal, membersihkan mesin mobil perlu dilakukan. Utamanya dengan melakukan Tune Up Carbon Clean. Dengan ini, mesin mobil dan sistem pengapian akan lebih bersih sehingga percik busi bisa maksimal.

Mesin Mobil yang Bersuara Kasar

Salah satu tanda mesin mobil anda bermasalah adalah mesin yang mengeluarkan suara kasar. Suara ini berasal dari carbon yang masih menempel di dalam dinding mesin, khususnya saluran pembakaran.

Jangan sampai saluran pembakaran anda mampet. Bayangkan ketika mudik, dan saluran pembakaran mampet? Tentu mobil akan mogok mendadak. Dan celakanya, sangat sedikit bengkel yang dapat mengatasi masalah ini dengan baik.

Oleh sebab itu, anda wajib melakukan Tune Up Jet Clean untuk memastikan saluran bahan bakar berfungsi dengan baik. Tune Up Jet Clean hanya tersedia di Dokter Mobil.

tips mudik dengan mobil agar perjalanan pulang kampung aman dan nyaman
Kenyamanan Selama Berkendara

Macet dan panas adalah musuh utama ketika mudik nanti. Oleh sebab itu, anda harus memastikan ruangan di dalam mobil anda sejuk dan nyaman.

Pastikan bahwa udara di dalam mobil sejuk dan segar. Juga sehat dan tak berbau. Untuk itu, sebelum mudik pastikan AC mobil anda sudah dilakukan pengecheckan.

Pengecheckan ini meliputi:

  • Memeriksa apakah ada komponen AC mobil yang perlu diganti
  • Memeriksa kondisi oli kompresor dan volume Freon AC mobil
  • Memeriksa kebersihan AC mobil, terutama evaporator

Sebelum mudik, anda dapat melakukan pengecheckan AC mobil secara gratis di Dokter Mobil.

Tidak hanya memastikan udara yang segar dan sejuk selama perjalanan, anda pun wajib memastikan kesehatan keluarga anda. Namun tahukah anda, di dalam mobil ada banyak kuman, jamur, virus, dan bakteri penyebab penyakit.

Untuk mengatasi penyebab-penyebab penyakit tersebut, anda juga perlu melakukan fogging Dokter Mobil. Fogging ini memiliki beberapa manfaat di antaranya adalah:

  • Menghilangkan bau tidak sedap
  • Membunuh kuman, bakteri, virus, dan jamur penyebab penyakit
  • Menjadikan ruangan di dalam mobil lebih harum dan sehat.

Nah itulah beberapa tips mudik dengan mobil yang sebaiknya anda lakukan sebelum melakukan perjalanan jauh di tahun 2018 ini. Semoga perjalanan anda menyenangkan.

Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan bertanya melalui kolom komentar di bawah ini. Kami akan membantu menjawab pertanyaan anda secepat mungkin.

Jika anda membutuhkan Dokter Mobil untuk menjadikan mobil anda layak untuk perjalanan jauh saat mudik, silahkan mengunjungi/menghubungi Dokter Mobil di alamat:

KELAPA GADING
Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482

SERPONG
Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289

BEKASI
Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887

CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292

Tags:

About Author

Call Now Button