📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

8 Tips Membuat Mobil Irit BBM, Ampuh!

Tips Membuat Mobil Irit BBM

Mobil yang irit bahan bakar minyak (BBM) adalah impian setiap pemilik kendaraan. Hemat BBM bukan hanya mengurangi biaya operasional, tetapi juga memiliki dampak positif pada lingkungan.

Namun, untuk mencapai efisiensi BBM yang maksimal, ada beberapa tips dan trik yang perlu Anda ketahui.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang tips membuat mobil lebih irit BBM, mulai dari perawatan rutin hingga kebiasaan mengemudi yang bijaksana. Mari disimak!

Tips Membuat Mobil Irit BBM

Agar konsumsi BBM semakin hemat, penting untuk memperhatikan perawatan hingga cara mengemudikan mobil Anda. Nah, berikut ada tips membuat mobil irit BBM yang bisa Anda praktikkan di mobil Anda:

  1. Perawatan Rutin

Salah satu tips membuat mobil irit BBM adalah melakukan perawatan rutin pada mobil Anda. Perawatan yang baik akan membantu mobil Anda beroperasi dengan optimal dan efisien dalam mengonsumsi BBM.

Pastikan untuk mengikuti jadwal servis berkala sesuai petunjuk pabrikan. Biasanya, servis berkala direkomendasikan setiap 5.000 hingga 10.000 kilometer atau sesuai dengan panduan pabrikan.

Perawatan rutin ini mencakup penggantian oli mesin, pemeriksaan sistem bahan bakar, pemeriksaan filter udara, dan pengecekan sistem pengereman.

Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan suku cadang yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi pabrikan.

Penggunaan suku cadang yang asli dan berkualitas akan membantu menjaga kinerja mobil Anda dan menghindari masalah yang dapat menyebabkan pemborosan BBM.

Layanan tune up Jet Clean di Dokter Mobil juga bisa jadi pilihan tepat untuk Anda lakukan sebagai tips membuat mobil irit BBM.

Layanan tune up Jet Clean Dokter Mobil akan membersihkan komponen mesin yang terhubung dengan aktivitas pembakaran, seperti tangki bensin, throttle body, busi, injeksi, EGR (di mobil diesel), dan catalytic converter, dan juga kembalikan performa mobil Anda yang terganggu.

  1. Periksa Tekanan Ban

Tekanan ban yang tidak tepat dapat menyebabkan mobil menjadi kurang efisien dalam mengonsumsi BBM. Pastikan untuk secara rutin memeriksa tekanan udara pada semua ban, termasuk ban cadangan.

Tekanan ban yang kurang dari rekomendasi pabrikan akan menyebabkan gesekan yang lebih besar antara ban dan jalan, sehingga meningkatkan konsumsi BBM.

Sebaliknya, tekanan ban yang terlalu tinggi juga tidak baik karena dapat mengurangi cengkraman ban pada jalan dan mempengaruhi kenyamanan berkendara.

Untuk mengetahui tekanan udara yang tepat sebagai tips membuat mobil irit BBM, periksa panduan pabrikan mobil Anda.

Biasanya, informasi tentang tekanan ban yang sesuai tertera pada stiker di dalam pintu pengemudi atau dalam buku panduan kendaraan.

Jika Anda tidak yakin, konsultasikan dengan mekanik terdekat atau penyedia layanan otomotif untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

  1. Hindari Muatan Berat yang Tidak Perlu

Bawaan berlebihan dalam mobil dapat menyebabkan peningkatan konsumsi BBM. Benda-benda berat dalam bagasi atau di dalam kabin akan menambah beban mobil dan menyebabkan mesin bekerja lebih keras.

Semakin berat mobil, semakin banyak energi yang diperlukan untuk menggerakkannya, dan akibatnya, konsumsi BBM meningkat.

Cobalah untuk membersihkan bagasi dan kabin dari barang-barang yang tidak perlu sebagai tips membuat mobil irit BBM.

Jika Anda sering membawa barang bawaan, pertimbangkan untuk menggunakan rak atap atau wadah penyimpanan lainnya untuk mengurangi beban di dalam mobil.

Selain menghemat BBM, mengurangi muatan berat juga akan meningkatkan kenyamanan dan stabilitas mobil saat dikemudikan.

  1. Gunakan Oli Mesin yang Tepat

Pemilihan oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan juga dapat membantu meningkatkan efisiensi BBM.

Oli mesin berfungsi untuk melumasi dan melindungi mesin dari gesekan yang berlebihan. Jika Anda menggunakan oli mesin yang tidak sesuai, mesin bisa menjadi kurang efisien dan mengakibatkan peningkatan konsumsi BBM.

Pastikan untuk selalu memeriksa panduan pabrikan untuk mengetahui jenis dan viskositas oli yang direkomendasikan untuk mobil Anda.

Selain itu, pastikan juga untuk mengganti oli secara teratur sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Oli mesin yang bersih dan segar akan membantu menjaga kinerja mesin dan efisiensi bahan bakar.

Salah satu rekomendasi oli mesin mobil yang tepat untuk tips membuat mobil irit BBM adalah oli 9 Circle dari Dokter Mobil.

Oli 9 Circle secara khusus diproduksi di Jerman dengan meningkatkan nilai TBN-nya (Total Based Number), sehingga oli bisa tahan di suhu tinggi. Cocok untuk iklim tropis Indonesia.

Selain nilai TBN yang tinggi, oli 9 Circle juga memiliki kandungan LOW SAPS (sulfated ash, phosphorus, and sulfur) yang lebih minim emisi.

  1. Jaga Kecepatan Stabil

Kecepatan yang tidak stabil dapat menyebabkan peningkatan konsumsi BBM. Saat mengemudi, usahakan untuk menjaga kecepatan stabil dan hindari akselerasi dan pengereman yang berlebihan untuk tips membuat mobil irit BBM.

Ketika Anda terus-menerus mengubah kecepatan, mesin harus bekerja lebih keras untuk menyesuaikan dan ini akan mengakibatkan boros BBM.

Pergunakanlah kontrol kecepatan (cruise control) jika mobil Anda dilengkapi dengan fitur tersebut untuk membantu menjaga kecepatan yang konsisten, terutama saat berkendara di jalan tol atau jalan raya yang lurus.

Selain menghemat BBM, menjaga kecepatan stabil juga akan meningkatkan keselamatan dan kenyamanan saat berkendara.

  1. Matikan Mesin saat Tidak Digunakan

Kebiasaan menghidupkan mesin mobil lebih lama dari yang seharusnya menyebabkan pemborosan BBM.

Jika Anda berhenti lebih dari beberapa menit, misalnya saat menunggu seseorang atau berhenti sebentar di toko, matikan mesin mobil untuk tips membuat mobil irit BBM.

Mesin yang menyala tanpa henti akan terus mengonsumsi bahan bakar tanpa menghasilkan pergerakan.

Meskipun teknologi modern telah dilengkapi dengan fitur “start-stop” yang otomatis mematikan mesin saat berhenti sementara, tetaplah menjadi kebiasaan baik untuk matikan mesin secara manual saat situasi memungkinkan.

Dengan cara sederhana ini, bisa jadi satu tips membuat mobil irit BBM dan mengurangi emisi gas buang.

  1. Hindari Kemacetan

Menghindari kemacetan lalu lintas adalah salah satu tips membuat mobil irit BBM.

Kemacetan lalu lintas menyebabkan mobil berjalan dengan kecepatan yang sangat rendah atau bahkan berhenti total dalam waktu yang lama.

Hal ini mengakibatkan mobil harus bekerja ekstra keras untuk bergerak maju, dan konsumsi BBM pun meningkat.

Gunakan aplikasi peta atau GPS yang dapat memberikan informasi tentang lalu lintas di sekitar Anda dan mencari jalur alternatif yang lebih lancar.

Jika memungkinkan, atur waktu perjalanan Anda untuk menghindari jam-jam sibuk di jalan. Selain menghemat BBM, menghindari kemacetan juga akan mengurangi stres dan waktu perjalanan Anda.

  1. Gunakan Teknologi Modern

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk meng-upgrade mobil Anda dengan teknologi modern yang lebih efisien sebagai tips membuat mobil irit BBM.

Misalnya, mobil dengan teknologi hibrida atau listrik seringkali lebih hemat BBM daripada mobil dengan mesin konvensional.

Mesin hibrida menggunakan kombinasi mesin bensin dan motor listrik untuk menggerakkan mobil, yang dapat mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang.

Pilihlah mobil yang memiliki fitur “start-stop” yang otomatis mematikan mesin saat berhenti sementara, seperti saat berhenti di lampu merah atau kemacetan.

Fitur ini akan menghemat BBM secara signifikan, terutama jika Anda sering berada dalam situasi berhenti-start seperti itu.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan sebagau tips membuat mobil irit BBM, salah satunya dengan menjaga performa mobil melalui layanan tune up Jet Clean dan penggunaan oli 9 Circle dari Dokter Mobil.

Kredibilitasnya sebagai bengkel spesialis tune up mesin mobil sejak 2015, membuat kualitas Dokter Mobil tak perlu diragukan lagi.

Tertarik untuk coba performa tune up Jet Clean dan oli 9 Circle dari Dokter Mobil untuk tips membuat mobil irit BBM? Anda bisa reservasi dan pesan produknya via WhatsApp di sini.

Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta dan Surabaya juga bisa datang langsung ke cabang-cabang Dokter Mobil berikut:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Dokter Mobil Lontar
Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Karena apapun masalah mesin mobilnya, di Dokter Mobil pasti beres! Gak beres? GRATIS!

SHARE THIS POST​

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru