fbpx
 
Posted by intan mobil solusi

Faktor Penyebab Mobil Matic Nyentak dan Cara Mengatasinya

Banyak sekali hal yang menjadi penyebab mobil matic nyentak saat berjalan. Beda penyebab, beda juga solusi untuk mengatasinya. Gejala ini menjadi tanda adanya masalah di beberapa komponen. Jika diabaikan, kerusakan bisa semakin parah.

Pernahkah mobil anda mengalami keadaan nyentak secara tiba-tiba? Penyebab mobil matic nyentak memiliki beragam faktor. Hal ini belum tentu juga kondisi mobil anda mengalami kerusakan parah. Ada beberapa hal yang harus diperiksa terlebih dahulu sebelum buru-buru mendatangi ketempat bengkel.

Pastikan anda mengetahui apa saja penyebab hal ini. Agar setidaknya bengkel mobil tidak bisa memaksa anda melakukan perbaikan yang sebenarnya tidak perlu.

Penyebab Mobil Matic Nyentak dan Cara Mengatasinya

Keadaan nyentak tentu saja mengganggu kenyamanan berkendara. Selain itu, pikiran juga bisa terganggu dengan bayangan “jangan-jangan mobil bakalan rusak, padahal kreditnya aja belum lunas”.

Kita semua tentu tidak ingin mengalami hal tersebut. Oleh sebab itu, pastikan untuk segera mengatasi masalah ini sebelum kerusakan semakin meluas.

Apa saja faktor penyebab yang membuat mobil anda menjadi nyentak?

1. Oli Matic Kotor

Kapan terakhir kali anda mengganti oli mobil? Bisa jadi oli sudah dalam keadaan kotor atau bahkan aus. Adanya komponen dalam mobil yang terus bergerak, sehingga mengakibatkan mobil mengalami nyentak secara tiba-tiba saat mengalami perpindahan gigi secara otomatis.

Cara kerja dari mobil transmisi ini menggunakan sistem hidrolik. Sehingga cara kerja transmisi pada mobil matic ini hanya mengandalkan kontrol yang menggunakan oli matic. Akibat terjadinya kondisi oli rusak atau kotor dapat menyebabkan mobil kamu nyentak dengan sendirinya.

SOLUSI: Untuk mengatasi masalah ini sangat simple. Melakukan penggantian oli matik akan langsung menyelesaikan masalah. Namun jika masalah belum terselesaikan, cobalah check kembali kondisi mobil secara menyeluruh. Jangan-jangan ada masalah lain yang menjadi penyebab masalah nyentak pada mobil matic.

2. AT Solenoid Bermasalah

Apabila AT Solenoid bermasalah, maka kerja aliran oli pada mobil menjadi terganggu. Hal itulah yang menjadikan mobil matic kamu nyentak.

AT Solenoid merupakan salah satu komponen yang bekerja secara elektrik yang bekerja berdasarkan perintah TCM (Transmission Control Modul). AT Solenoid digunakan untuk mengatur aliran oli pada mobil dengan mengaktifkan beberapa komponen gerak AT seperti Brake dan Clutch.

SOLUSI: Masalah pada AT Solenoid perlu diselesaikan. Bisa dengan melakukan penggantian, atau meminta teknisi bengkel mobil untuk mengecheck apakah AT Solenoid bisa diperbaiki.

3. Komponen Clutch dan Brake AUS

Penyebab mobil matic nyentak yang selanjutnya ialah komponen Brake dan Clutch sudah AUS. Komponen Clutch dan Brake merupakan salah satu komponen terpenting yang ada pada mobil matic. Komponen tersebut terdiri dari susunan plat kopling basah. Keduanya bekerja saling menggesekan antara satu sama lain.

Apabila komponen pada Clutch dan Brake ini sudah AUS, maka kondisi pada clutch ini menjadi terganggu. Keduanya tidak dapat terhubung secara lancar, sehingga dapat menyebabkan mobil kamu menyentak dengan sendirinya. Untuk itu, kamu harus memperhatikan dua komponen tersebut supaya tidak AUS.

SOLUSI: Biasanya kerusakan pada komponen ini perlu melakukan penggantian part secara menyeluruh. Namun cobalah tanyakan pada teknisi apakah masalah di clutch dan brake bisa diatasi dengan sedikit service.

4. Komponen Elektrik Bermasalah

Komponen Elektrik yang bermasalah juga dapat menyebabkan mobil menyentak. Seperti yang diketahui, mobil-mobil di jaman sekarang sudah menggunakan sistem kontrol elektrik. Sistem ini sering disebut dengan istilah TCM (Transmission Control Modul).

Sistem seperti ini di dalamnya terdapat komponen komputer transmisi, sensor dan aktuator yang dapat mengatur cara kerja AT Clutch dan Brake dengan dibantunya sistem tekanan hidrolik. Apabila salah satu komponen sistem elektrik bermasalah, maka mobil kamu dapat mengalami gangguan menyentak.

SOLUSI: Jika penyebab mobil matic nyentak karena ada masalah pada komponen kelistrikannya, solusinya adalah dengan mengecheck kelistrikan mana yang bermasalah. Apakah karena akinya lemah, kabel korsleting, atau karena kelistrikannya tidak stabil. Jika kelistrikan tidak stabil, anda bisa menggunakan volt stabilizer seperti R Project.

5. Penyetelan Kabel Accelerator Kickdown Salah

Penyebab terakhir terjadinya mobil menyentak yang selanjutnya juga bisa dikarenakan penyetelan kabel Accelerator Kickdown tidak tepat. Kabel Accelerator Kickdown ini sering kita lihat di mobil-mobil lawas, untuk mobil jaman sekarang sudah tidak lagi menggunakan jenis kabel yang satu ini.

Pemasangan kabel Accelerator Kickdown ini biasanya terletak pada bagian throttle valve yang tergabung satu bagian dengan kabel accelerator pedal gas. Apabila penyetelan kabel tersebut tidak tepat, maka mobil kamu dapat mengalami kendala menyentak dengan sendirinya.

SOLUSI: Untuk masalah kesalahan penyetelan ini, solusinya sangat sederhana. Melakukan penyetelan ulang kabel accelerator bisa menjadi solusi. Pastikan anda tahu penyetelan yang benar itu seperti apa. Jangan sampai gejala nyentak tetap ada hanya karena penyetelan ulang yang dilakukan sebenarnya tetap saja salah.

Agar Gejala Nyentak pada Mobil Matic Tidak Muncul Kembali

Gejala nyentak ini bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Serta pada mobil apa saja. Untuk anda yang ingin menjaga performa mobil, dan terutama untuk anda yang ingin bepergian jauh, ada beberapa perawatan yang bisa mencegah munculnya masalah ini.

Agar terhindar dari mobil matic nyentak, maka rutinlah untuk check dan service mobil matic kesayangan anda. Wajib juga untuk baca Perawatan Mobil Matic dan Manual Secara Benar. Hindari juga hal-hal yang dapat mengakibatkan kerusakan mobill.

Perawatan yang Harus Dilakukan Hal yang Harus Dihindari
Pengecheckan dan service berkala  Malas ganti oli
Tune UP dan ganti oli secara rutin Sembarangan memilih bengkel mobil
Segera service ketika mobil terasa bermasalah Menggunakan part yang tidak kompatib
Merawat dan ganti part-part secara berkala Asal-asalan pasangan spare part mobil

Nah, itulah ulasan terkait Faktor Penyebab Mobil Matic Nyentak dan Cara Mengatasinya. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers yaa, dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

Butuh Jasa Bengkel Mobil?

Dokter Mobil adalah bengkel mobil matic sekaligus Solusi Tepat Untuk Anda !

Tunggu apalagi? Yuk segera hubungi kami. Dapatkan pengalaman pelayanan service berkualitas dan jaminan garansi hanya untukmu, DomoLovers..

Tidak perlu takut mengenai biaya service di Dokter Mobil karena estimasi biaya service dapat diperlihatkan di muka sebelum melakukan service. Selain itu beberapa service di Dokter Mobil bersifat free alias GRATIS.

Demikianlah hal-hal yang menjadi penyebab mobil matic nyentak serta bagaimana cara untuk mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Senang bisa memberikan informasi bermanfaat bagi dunia otomotif Indonesia.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button