fbpx
 
Posted by sukses besar service mobil

Ada 3 faktor utama yang jadi penyebab RPM Avanza rendah

Ada banyak masalah yang bisa terjadi ketika ada bagian mobil yang bermasalah. Mobil yang terdiri dari berbagai komponen ini bisa mengalami masalah pada RPM. Masalah ini biasanya terjadi karena RPM yang rendah. RPM yang rendah bisa menyebabkan laju mobil juga tidak berjalan dengan baik. Lalu mengapa RPM Avanza bisa menjadi rendah? Untuk mengetahuinya kita perlu mengetahui beberapa penyebab RPM Avanza rendah agar kita tau solusi apa yang harus kita lakukan. Berikut ulasan dan pembahasannya.

  1. Masalah Pada Idle Speed

    Pada mobil, Idle speed memiliki fungsi sebagai aktuator dalam sistem EFI. Sistem Efi ini memiliki fungsi sebagai pengatur Idle RPM. Tapi apabila bagian pada komponen Idel speed ini bermasalah seperti kotor, maka suplai udara menuju ke bagian intake manisfold juga akan terhambat. Terhambatnya udara ini bisa mengakibatkan delay sehingga suplai udara kenmesin tidak stabil. Inilah yang bisa menyebabkan RPM menjad turun.
    Cara mengatasinya :
    Untuk mengatasi masalah turunnya RPM dikarenakan ada masalah pada bagian Idle speed, maka yang bisa dilakukan sebagai pencegahan adalah dengan rajin membersihkan bagian idle speed seperti pada bagiam ISC dan juga bagian saluran Idle nya. Pembersihan ini bisa dilakukan sendiri dengan cara membuka Bagian ISC dan membersihkan bagian katupnya. Lubang atau saluran idle nya bisa dibersihkan dengan menggunakan pembersih karburator.

  2. Masalah Pada Bagian Mass Air Flow

    Sesuai fungsi dan bagiannya, mass air flow memiliki fungsi untuk mendeteksi jumlah udara yang masuk ke dalam mesin. Letaknua yang berada di bagian filte udara membuat sensor ini menjadi gampang kotor. Sensorbyang kotor membuat data yang di kirim sensor menjadi tidak konsisten. Alhasil, ECU yang juga menggunakan data sensor menjadi tidak teratur dan tidak konstan pada ukuran volumenya. Hal ini menyebabkan RPM bisa menurun.
    Cara mengatasinya :
    Penyebab RPM Avanza rendah yang disebabkan oleh mass air flow yang bermasalah ini bisa disebabkan oleh sensor yang kotor, maka solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek apakah ada masalah pada rangkaian sensornya. Kita bisa mengecek pada bagian kabel, konektor kabel. Kemudian kita bisa membersohkan Sensor MAF dengan menggunakan pembersih karburator. Sebagai catatan, saat melakukan pengecekan, pastikan kodisi kabel pada aki telah dicabut.

  1. Throtle Body Dalam Keadaan Kotor

    Salah satu penyebab lain yang membuat RPM bisa turun adalah karena bagian throtle body yang kotor. Pada mobil jenis baru dengan sistem TAC atau Drive by wire, mobil tidak lagi menggunakan kawat kabel sebagai penghubung pedal gas dan throtle body. Katup gas dilengkapi dengan motor elektrik yang dapat dengan otomatis membuka dan menutup sesuai dengan sensor APP. Justru mobil jenis ini yang paling sering mengalami RPM yang turun. Ini karena mesin jenis ini sangat sensitive dengan perubahan kondisi.
    Cara mengatasinya :
    Untuk mengatasi masalah RPM yang turun dikarenakan ada kototan pada daun katup throtle body, maka yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan bagian throtle body. Penyebab RPM Avanza rendah karena throtle body yang kotor,  lebih baik segera dilakukan pengecekan dan pembersihan ketika ada sedikit gejala yang sudah muncul. Jika tidak segera dibersihkan, maka bisa memicu kerusakan pada komponen yang lainnya. Agar kerusakan tidak menyebar, throtle body harus segera dicek dengan cara membersihkan kotoran di bagian daun katupnya. Pembersihkan sendiri bisa dilakukan dengan melepas batrei dan melepas konektor kelistrikan TAC. Selanjutnya lepaskan bagian komponen throtle body dan bersihkan dengan menggunakan pembersih karburator.

Itulah beberapa penyebab RPM Avanza rendah yang paling sering terjadi. Jika ada gejala masalah yang muncul, maka segeralah lakukan solusi untuk mengatasi. Akan lebih baik apabila masalah ini bisa dicegah sebelumnya dengan seksama dan teliti. Namun pada kondisi tertentu ada keadaan dimana RPM menjadi turun namun bukan dikarenkan masalah pada komponen yang berkaitan dengan RPM sistem. Untuk hal ini biasanya wajar terjadi dan tidak perlu dirisaukan. RPM secara otomatis dapat turun karena ada AC atau Fan yang bekerja. Selain itu RPM juga bisa turun dikarenakan tegangan baterai yang melemah.

Baca juga : Peyebab tarikan berat pada mobil Avanza

Tags:

About Author