fbpx
 
Posted by sukses besar service mobil

Inilah Yang Menjadi Penyebab Mobil Avanza Overheat

Banyak masalah yang bisa menimpa mobil yangs setiap kali kita kemudikan. Salah satu masalah pada mobil yang kadang muncul adalah mobil yang tiba-tiba mogok. Mobil mogok bisa disebabkan oleh banyak hal salah satunya dikarenakan masalah overheating, atau mesin mobil menjadi sangat panas. Overheating pada mobil sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal sehingga mesin pendingin mobil mengalami masalah dan menyebabkan mesin mobil menjadi sangat panas. Mengetahui penyebab mobil Avanza Overheat akan membuat pengemudi lebih waspada. Berikut ulasan dan solusinya.

  1. Masalah Pada Radiator

    Salah satu penyebab dari panasnya mesin mobil atau mesin menjadi overheat bisa dikarenakan ada masalah pada bagian radiator. Masalah yang paling sering dikarenakan selang radiator yang bocor. Radiator yang bocor membuat mesin menjadi cepat panas. Efek selanjutnya mobil bisa mogok dan mati.
    Cara mengatasinya :
    Untuk mengatasi mesin yang overheat dikarenakan radiator bermasalah, maka cara yang paling baik adalah dengan rutin melakukan pengecekan sebagai tindakan pencegahan. Pastikan radiator selalu dalam kondisi yang baik, tidak bocor serta tersumbat. Jika ada komponen radiator yang bermasalah, maka Anda bisa menyerahkannya pada mekanik yang lebih berpengalaman. Jika kerusakan terlalu parah, maka bisa dilakukan pergantian komponen untuk hasil yang lebih baik.

  2. Cairan Air Radioator Yang Kurang Tepat

    Hal terpenting yang juga berpengaruh dan bisa menjadi penyebab mobil Avanza overheat adalah kesalahan dalam memilih cairan air radiator. Kesalahan dalam pemilihan air radiator bisa menyebabkan  air radiator menjadi kotor. Selain air radiator bisa menjadi kotor, komponen radiator juga bisa menjadi berkerak dan otomatis air radiator tidak dapat berjalan dengan baik, padahal air radiator sangat berperan dalam sistem pendingin mobil.
    Cara mengatasinya :
    Agar air radiator dapat berjalan dengan optimal, maka dibutuhkan pemeliharaan yang tepat. Salah satunya adalah dengan memastikan menggunakan cairan air radiator yang tepat. Jangan sesekali sembarangan dalam memilih cairan air radiator karena dapat berdampak buruk. Contoh cairan air radiator yang buruk adalah air sumur dan lain-lain yang kotor. Dalam air yang kotor dapat mengandung banyak mineral, logam, dan unsur-unsir lain yang menyebabkan kerak. Selalu gunakan cairan yang memang khusus dan baik untuk air radiator. Penggantian air radiator secara rutin juga bisa membuat air radiator tetap dalam kondisi prima.

  3. Kerusakan Pada Kipas Radiator

    Radiator sebagai salah satu komponen yang penting dalam sistem pendingin mobil juga memilikii ragam komponennya sendiri. Komponen-komponen ini salah satunya adalah bagian kipas radiator. Kipas radiator yang sedang bermasalah dapat mengganggu kerja switching sehingga bisa mempengaruhi sensor dalam menjalankan tugasnya. Bisa saja kipas justru tidak menyala di saat yang dibutuhkan. Kipas pun tidak akan bekerja secara normal. Akibatnya. Mesin mobil akan panas atau overheat.
    Cara mengatasinya :
    Agar sistem pendingan tetap berjalan dengan normal, maka kondisi dari kipas radiator juga harus tetap dijaga dengan baik. Selalu pastikan kipas dalam kondisi yang bagus. Periksa juga komponen-komponen lain yang berkaitan atau mensupport kinerja kipas. Apabila ada masalah, maka segera perbaiki bagian yang rusak. Anda bisa menyerahkannya kepada mekanik yang lebih berpengalaman. Selain itu, sebaiknya pengemudi juga tidak bosan untuk rajin membersihkan kipas radiator agar terbebas dari sumbatan kotoran seperti debu dan yang lainnya.

  4. Penggunaan Bahan Bakar Yang Tidak Sesuai

    Penyebab mobil Avanza overheat selanjutnya adalah karena kesalahan dalam memilih bahan bakar untuk mobil. Menggunakan bahan bakar yang salah bisa menyebabkan mesin menjadi lebih cepat panas atau overheat. Hal ini bisa terjadi karena kadar oktan yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil. Masalah selanjutnya yang bisa timbul adalah masalah knocking pada mobil. Permasalahan tersebut juga ikut membuat mesin mobil menjadi lebih cepat panas.
    Cara mengatasinya :
    Untuk menghindari masalah ini, jangan sesekali menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil Anda. Meski terlihat baik-baik saja pada awalnya, namun dalam penggunaan jangka panjang, tentu saja bisa berakibat fatal pada mobil. Selain maslaah overheat dan knocking, bisa terjadi masalah lain yang dapat merusak komponen yang lebih serius.

Itulah beberapa penyebab mobil Avanza overheat yang bisa kita ketahui agar kita juga bisa memberikan perawatan dan solusi yang tepat apda mobil.

Baca juga : Penyebab oli mobil Avanza tidak naik

Tags:

About Author