fbpx
 
Posted by sukses besar service mobil

Faktor Penyebab Gas Mobil Avanza Naik Turun

Keadaan gas mobil yang naik turun bisa menjadi masalah yang tidak mengenakkan. Selain membuat ketidaknyamanan saat dikemudikan, gas mobil yang naik turun juga bisa menandakan sesuatu yang tidak beres pada komponen mobil. Bila dibiarkan, kerusakan pada komponen-komponen yang lainnya akan semakin bertambah parah. Penyebab Avanza gas naik turun perlu diketahui agar pengemudi bisa melakukan pencegahan dan mengetahui solusi yang harus dilakukan. Berikut ulasan mengenai penyebab ketidak stabilan gas pada mobil.

  1. Masalah Pada Idle Speed Control

    Masalah pada Idle control nyatanya juga bisa menyebabkan gas mobil naik turun. Ini bisa terjadi karena idle speed berfungsi mengatur idle gas. Dengan menggunakan solenoid valve, idle speed control dapat membuka dan menutup bagian idle karburator. Masalah bisa terjadi ketika bagian pada idle speed ada yang kotor. Dengan bagian yang kotor ini mengakibatkan terhambatnya aliran udara menuju intake manifold. Dengan suplai udara yang tidak lancar ini, maka akan terjadi delay. Delay ini menyebabkan gas mobil naik turun.
    Cara mengatasinya :
    Untuk masalah pada idle speed control ini langkah yang paling bagus yang bisa dilakukan adalah dengan rajin membersihkan bagian ekuator ISC dan juga membersihkan saluran pada bagian idle. Untuk membersihkan bagian ISC ini tidak terlalu sulit, Anda bisa membuka ISC dan membersihkan bagian katupnya. Untuk mempermudah proses pembersihkan ini Anda bisa menggunakan pembersih karburator. Jika ini dirasa terlalu sulit dan takut akan merusak komponen maka bisa diserahkan kepada mekanik bengkel yang lebih berpengalaman.

  2. Mass Air Flow Bermasalah

    Penyebab Avanza gas naik turun selanjutnya adalah masalah pada mass air flow. Pada prinsipnya, mass air flow berfungsi untuk mengetahui jumlah massa udara yang mengalir atau masuk pada bagian dalam mesin berdarakan kecepatan alirannya. Mass air flow terletak pada bagian filter udara. Sensor pada aliran udara ini sangat mudah sekali kotor. Jika sensor dalam keadaan kotor, maka data sensor yang dikirimkan tidak akan akurat dan tidak konsisten. Data yang di kirim sensor ini akan dikirim ke ECU untuk menentukan kuantitas bensin. Jika data tidak akurat, maka jumlah bensin yang keluar dari bagian injektor juga tidak akan konstan. Hal ini menyebabkan gas mobil naik turun.
    Cara mengatasinya :
    Mengatasi masalah mass air flow yang kotor, maka langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah mengecek pada bagian sensor. Cek apakah ada masalah pada bagian sensor atau tidak. Caranya, periksa pada bagian konektor kabel dan kabel yang terhubung dengan sensor. Kemudian bersihkan bagian sensor menggunakan pembersih karburator. Sangat mengecek kabel dan mencabutnya, pastikan salah satu kabel aki sudah dicabut. Jika setelah percobaan ini masalah tetap ada, maka kemungkinan sensor rusak dan perlu diganti.

  3. Throtle Body Dalam Keadaan Kotor

    Jika kerusakan bisa datang dari kawat kabel, maka hal ini tidak terjadi pada mesin mobil yang menggunakan sistem TAC atau yang sering disebut dengan Drive By Wire. Pada model mesin dengan TAC ini, didalamnya telah ditanamankan motor elektrik di bagian katup gas. Bagian ini bisa membuka dan menutup sesuai perintah sensor APP pada bagian pedal gas. Namun tidak menutup kemungkinan, jenis mesin ini justru lebih sering mengalami masalah gas yang naik turun. Penyebab Avanza gas naik turun pada mesin jenis ini adalah kondisi yang sangat sensitif terhadap perubahan kondisi, karena sensor yang ada banyak. Masalah sering timbul ketika ada kotoran di bagian pangkal katup. Kotoran ini menyebabkan gas mobil naik turun.
    Cara mengatasinya :
    Jika masalah ini terjadi karena throtle body yang kotor, maka cara yang paling sederhana adalah membersihkannya. Kotoran pada throtle body harus segera dibersihkan agar tidak ada masalah pada bagian komponen yang lainnya. Untuk pembersihkan throtle body ini, Anda bisa menyerahkan pada bengkel resmi yang berpengalaman, atau mencoba membetulkannya sendiri. Caranya, lepas baterai dan konektor kelistrikan pada TAC. Lepas bagian throtle body untuk dibersihkan dengan menggunakan pembersih karburator.

Itulah beberapa masalah yang bisa menjadi penyebab Avanza gas naik turun. Beberapa masalah yang trelihat sepele bisa menjadi lebih parah ketika tidak segera dibetulkan. Dengan mengetahui penyebabnya, maka pengemudi bisa melakukan pencegahan dan cara yang paling tepat dalam memperbaikinya.

Baca juga : Penyebab Gas Mobil Avanza Tidak Setabil

Tags:

About Author

Call Now Button