fbpx
 
Posted by sukses besar service mobil

4 Penyebab Tarikan Berat pada Mobil Avanza

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang berfungsi untuk mempermudah kerja manusia. Mobil sudah dirancang sedemikian rupa agar bisa kuat membawa berbagai macam muatan sesuai dengan spesifikasi mobil. Namun tak jarang, mobil dengan berbagai merek pun bisa mengalami masalah. Tidak terkecuali untuk mobil Avanza. Masalah yang beragam ini diantaranya adalah masalah tarikan berat pada mobil sehingga mobil tidak bisa berjalan dengan lancar. Penyebab Avanza tarikan berat ada bermacam-macam dan penting untuk diketahui. Berikut beberapa penyebab dan solusinya.

  1. Masalah Pada Kopling Mobil

    Ketika tarikan mobil terasa berat dan pergerakan mobil menjadi tidak lincah, hal ini bisa disebabkan oleh kampas kopling. Sesuai fungsinya kopling mobil dirancang untuk bergesekan dengan bagian flywheel. Hal ini jika untuk jangka waktu yang lama bisa menyebabkan bagian kampas menjadi terkikis. Kampas yang sudah terkikis dan tipis menyebabkan cengkraman menjadi tidak kuat sehingga bisa terjadi selip pada kopling. Kopling yang mengalami selip bisa membuat laju mobil menjadi lebih berat. Selain tarikan mobil yang menjadi lebih berat, getaran juga biasa muncul dari bawah mobil.
    Cara mengatasinya :
    Jika masalah muncul dikarenakan kampas kopling yang sudah tipis, maka solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti pada bagian plat kopling mobil. Penting bagi pengemudi untuk selalu melakukan pengecekan pada bagian plat, agar masalah yang lebih serius dapat segera diantisipasi. Penggantian yang terlambat juga bisa menyebabkan lebih banyak bagian komponen yang rusak. Jika semakin banyak, maka biaya yang dikeluarkan juga akan lebih banyak.

  2. Masalah Pada Bagian Bearing Roda

    Penyebab Avanza tarikan berat selanjutnya adalah karena ada masalah pada bagian bearing roda. Sesuai fungsinya, bearing roda memiliki fungsi sebagai bantalan roda untuk bagian streering knucle. Bagian ini juga biasa disebut dengan laher. Jika pada bagian bantalan ini mengalami masalah, maka roda akan menjadi seret sehingga tarikan mobil menjadi lebih berat.
    Cara mengatasinya :
    Masalah tarikan mobil yang terjadi akibat dari roda yang mengalami seret ini sangat erat kaitannya dengan pelumasan yang kurang. Selain itu juga bisa terjadi karena ada luka di bagian bearing. Luka atau lecet pada bagian bearing bisa menyebabkan suara yang muncul saat mobil dijalankan. Agar masalah seret roda ini tidak terjadi terus menerus dan semakin parah, maka selalu pastikan jika kondisi pelumasan di bagian bearing selalu baik. Jangan sampai kekurangan pelumas karena bisa membuat seret dan tarikan mobil menjadi berat.

  3. Cengkraman Rem Terlalu Kencang

    Masalah lain yang bisa menjadi penyebab dari beratnya tarikan mobil, bisa dikarenakan oleh stel rem yang kurang tepat. Biasanya masalah ini sering terjadi pada mobil dengan jenis rem trromol. Masalah terjadi ketika setting rem di stel terlalu kuat atau kencang. Dalam kondisi ini rem tersetting sangat kuat sehingga mobil akan merespon rem dengan cepat bahkan sebelum rem diinjak sepenuhnya. Secara otomatis setting rem yang terlalu kuat akan membuat mesin semakun berat dalam memulai tarikan.
    Cara mengatasinya :
    Untuk mengatasi masalah tarikan mobil berat karena setting rem atau cengkraman rem terlalu kuat adalah dengan cara mensetting atau menyetel ulang rem tromol mobil agar tidak terlalu kuat atau mencengkeram.

  4. Masalah Pada Bagian Transmisi

    Perlu diketahui penyebab Avanza tarikan berat juga bisa dikarenakan adanya masalah pada transmisi mobil. Saat ini ada dua jenis transmisi pada mobil. Transmisi matic dan transmisi manual. Pada transmisi matic, masalah terjadi ketika salah satu bagian plat transmisi terhimpit atau menempel pada bagian plat gigi yang lain. Hal ini menyebabkan perpindahan gigi menjadi terhambat atau melambat. Ketika gas di tekan, suara mobil meraung namun perpindahan gigi terhambat sehingga tarikan mobil menjadi berat.
    Cara mengatasinya :
    Untuk mengatasi masalah dikarenakan gangguan pada transmisi ini memang sedikit rumit. Bahkan jika kerusakan terlalu parah, diperlukan penggantian dan penanganan secara serius oleh mekanik yang lebih berpengalaman. Untuk itu, langkah pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan rajin mengganti oli secara rutin dan teratur. Plat yang terlumasi secara sempurna, kemampuannya akan tetap terjaga.

Itulah beberapa penyebab Avanza tarikan berat yang perlu kita ketahui dan bermanfaat agar kita bisa melakukan pencegahan. Melakukan pencegahan dengan perawatan sesuai sesifikasi akan membuat mesin lebih awet dan terhindar dari kerusakan parah.

Baca juga : Penyebab mobil Avanza goyang saat berjalan

Tags:

About Author