Posted by sukses besar tenaga mobil

Penyebab RPM Mobil Avanza Naik Turun

Ada beberapa hal pada mobil yang kadang menimbulkan ketidaknyamanan saat digunakan dalam berkendara. Salah satunya adalah kondisi RPM yang naik turun. Bisa jadi hal ini kadang tidak begitu dipedulikan oleh pengemudi, utamanya pengemudi yang masih baru, namun ternyata hal ini cukup mengganggu karena pengemudi akan kesulitan dalam mengendlikan laju mobil pada putaran rendah, selain itu juga bisa menyebabkan perpindahan tuas kurang lembut. Penyebab RPM Avanza naik turun perlu untuk diketahui agar mesin tidak sampai mati.

  1. Masalah Pada Idle Speed

    Penyebab pertama yang bisa membuat RPM mobil naik turun adalah terjadi aslaah pada Idle Speed. Idle speed ini berfungsi dalam mengatur Idle RPM. Namun jika terjadi masalah pada Idle Speed dan ada komponen pada Idle speed yang kotor, ini bisa menyebabkn pasokan udara ke mesin tidak stabil. Hal inilah yang bisa menyebabkan RPM mobi menjadi naik turun.
    Cara mengatasinya :
    Untuk mengatasi gangguan yang berkaitan dengan idle speed ini, pengemudi baiknya membersihkn bagkan aktuator ISC dan juga saluran idle secara rutin dan teratur. Jika Anda ragu, bisa juga menggunakan jasa mekanik. Namunt tidak ada salahnya mengutak-atik sendiri selama masih mengikuti prosedur yang benar sehingga tidak menimbulkan masalah. Anda perlu membuk ISC dan membersihkan bagian katupnya. Lubang idle juga bisa dibersihkan dengan menggunkan carburator cleaner.

  2. Mass Air Flow Kotor

    Penyebab RPM Avanza naik turun selanjutya adalah bagian mass air flow yang kotor. Mass Air Flow yang posisinya berada di tabung fiter udara ini memiliki fungsi untuk mendeteksi banyak massa udara yang ada atau masuk di dalam mesin. Karena merupakan bagian dari filter udara, bagian ini sangat berpotensi menjadi kotor. Jika kotor, maka sensor tidak akan mendeteksi dengan akurat. Akibatnya hal ini juga mempengaruhi jumlah volume bensin yang keluar dari injektor. Ini dapat membut RPM naik turun.
    Cara mengatasinya :
    Untuk mengatasi masalah RPM yang naik turun dikarenkan masalah pada mass air flow, kita perlu melakukan pengecekan pada bagian sensor dan rangkaian sensor. Hal ini untuk memastikan apakah yang bermasalah ada d bagian sensor atau pada rangkaian sensor. Untuk memastikannya, kita bisa memeriksa kabel dan konektor kabel. Lalu bersihkan bagian sensor MAF dengan menggunakan pembersih karburator dan sejenisnya.

  3. Masalah Pasa Throtle Body

    Pada beberapa kasus masalah RPM naik turun ini disebabkan ada masalah pada Throtle Body. Masalah yang paling sering adalah Throtle body yang kotor. Namun masalah ini hanya terjadi pada mobil dengan sistem TAC atau biasa disebut dengan Drive by wire. Pada mobil jenis ini sudah tidak menggunakan kawat kabel lagi. Sehingga terdapat motor elektrik yang otomatis dapat membuka dan menutup sesuai perinah dari APP pada bagian pedal gas. Namun, mobil jenis TAC ini lebih sering berpotensi mengalami masalah naik turun RPM. Saat katup throtle body mengalami kotor, maka sensor juga dapat terganggu dan bisa menyebabkan rpm naik turun.
    Cara mengatasinya :
    Lepas bagian throtle body dari mesin, periksa bagian katupnya apakah kotor. Kotoran ini bila sudah menupuk bisa menjadi hitam dan menempel di dinding katup. Kotoran yang menyumbat inilah yang bisa membuat rpm naik turun. Bukam hanya menyebabkan satu hal itu saja, bila dibiarkan lama bisa menyebabkan masalah pada komponen lainnya. Anda bisa membersihkan sendiri bagian cara melepaskan komponen throtle body untuk kemudian dibersihkan menggunakan pembersih karburator.

Pada beberapa kasus tertentu, ada kalanya RPM mobil memang naik turun dan itu merupakan hal yang normal. Untuk itu, kita juga perlu mengetahui penyebab RPM Avanza naik turun yang bersifat normal dan tidak berbahaya.  Salah satunya saat Kompresor AC dan Fan Bekerja. Ada kalanya RPM mobil bisa naik dan ini dikarenakan saat magnetic clutch dan kompresor tersambung. Sambungan tersebut mengakibatkan bertambahnya beban bensin yang digunakan untuk menggerakkan kompresor AC dalam memompa freon. Selain itu, beban listrik juga bertambah untuk menggerakkan fan yang juga menyala. Untuk semua proses ini, ECU menaikkan RPM mesin.

Itulah beberapa penyebab RPM Avanza naik turun yang perlu kita ketahui agar kita bisa melakukan antisipasi dan memberikan solusi yang tepat agar mesin mobil tetap berjalan dengan normal.

Baca juga : Penyebab mobil Avanza berasap

Tags: ,

About Author