Posted by sukses besar Uncategorized

4 Faktor Penyebab Oli Mobil Avanza Berkurang

Setiap komponen yang ada pada mesin mobil, masing-masing memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Masalah yang biasanya dialami pada mobil terletak juga pada bagian olinya. Sesaat setelah dilakukan pengisian oli, volume oli masih penuh dan bagus. Namun sering juga indikator volume oli tidak menunjukkan volume yang cenderung berkurang. Kenapa bisa demikian? penyebab oli Avanza berkurang paling mungkin disebabkan oleh kebocoran pada beberapa bagian komponen? lalu dimanakah letak kebocoran itu? Berikut kita simak ulasannya.

  1. Bocor Pada Bagian Drain Plug

    Sesuai tugas dan fungsinya, drain plug memiliki fungsi sebagai pembuang oli dari dalam mesin. Komponen ini berbentuk baut dan juga dilengkapi dengan seal atau segel khusus. Namun tidak menutup kemungkinan, usia mesin yang semakin tua ulir bisa dengan mudah menjadi rusak. Jika bagian tersebut rusak, maka rembesan oli dapat mengendap pada bagian drain plug dan bisa menyebabkan oli semakin berkurang meski secara perlahan-lahan. Jika terus digunakan, maka semakin lama kebocoran oli akan semakin bertambah dan oli akan semakin cepat habis.
    Cara mengatasinya :
    Masalah oli yang berkurang karena bagian drain plug mengalami gangguan, bisa diatasi dengan menggunakan sealtip pipa yang bertujuan untuk merapatkan kembali komponen yang bermasalah. Jika masalah terlaku serius, maka bisa dilakukan penggantian baut atau komponen yang berkaitan.

  2. Bocor Pada Bagian Carter atau Oil Pan

    Penyebab oli Avanza berkurang selanjutnya adalah pada bagian carter atau oil pan. Sesuai bagiannya, oil pan ini berfungsi sebagai penampung oli mesin, yang sangat penting untuk melumasi komponen-komponen mobil. Oil pan yang berisi oli ini dikaitkan ke bagian blok mesin dengan menggunakan lem sealant. Namun masalah serng muncul dari sambungan lem yang mengalami rembes. Jika sudah terjadi rembesan pada sambungan lem, maka semakin lama oli akan semakin cepat menjadi habis.
    Cara mengatasinya :
    Masalah oli yang berkurang karena oil pan atau carter ini bisa diselesaikan dengan cara melakukan instal ulang pada komponen oil pan. Dalam instal ulang ini yang perlu diperhatikan adalah lapisan lem yang harus memiliki kualitas yang lebih bagus. Sebelum mengaplikasikan lem yang baru, pastikan juga lem yang lama telah terangkat bersih dari permukaan oil pan dan juga dari blok mesin. Proses pengeleman dan pemilihan lem yang bagus amat sangat berpengaruh pada keawetan oil pan.

  3. Terjadi Penguapan Oli

    Masalah berkurangnya volume oli, bukan hanya disebabkan oleh komponen mesin yang rusak, namun juga bisa dikarenakan oli yang menguap. Oli yang menguap ini rata-rata disebabkan oleh mesin yang terlalu panas. Oveheat mesin ini bisa terjadi meski tiap mobil memiliki perhitungan sendiri untuk suhu maksimal yang dicapai oleh mesin. Jika oli menguap, maka oli akan ikut terbakar dalam proses pembakaran di ruang bakar. Masalah lain juga bisa timbul ketika filter PVC mengalami kerusakan. Kerusakan pada PVC mengakibatkan oli masuk ke bagian sistem induksi udara.
    Cara Mengatasinya :
    Untuk mengatasi masalah penguapan oli dikarenakan filter PVC yang rusak, kita bisa melakukan pengecekan pada bagian ujung saluran PVC yang terletak di dekat filter saluran udara. Jika ada rembesan, maka dipastikan saluran PVC rusak. Jika perlu lakukan penggantian. Namun bila tidak ada kerusakan, maka pengemudi bisa mengganti oli dengan oli kualitas lebih baik.

  4. Masalah Pada Seal Klep

    Masalah lain yang bisa terjadi dan menjadi penyebab oli Avanza berkurang adalah karena kerusakan pada seal klep. Masalah ini bisa terjadi ketika seal katup robek. Robeknya seal katup ini menyebabkan oli dari silinder masuk ke dalam intake atau exhaust. Dengan begini maka volime oli akan berkurang.
    Cara mengatasinya :
    Jika masalah berkurangnya oli ini dikarenakan seal klep yang robek, maka ini semua bisa dilihat dari asap kendaraan yang berwarna putih dan oli yang cepat menjadi habis. Jika gejala tersebut ada, maka solusi yang bisa dilakukan adalah dengan membongkar bagian silinder mesim untuk melepas bagian katupnya. Pembongkaran dan perbaikan ini cukup rumit sehingga diperlukan tenaga yang cukup ahli.

Beberapa penyebab oli Avanza berkurang ini merupakan beberapa penyebab yang paling sering terjadi. Pemeliharaan secara menyeluruh pada komponen mobil secara tepat dan teratur bisa membuat kondisi mobil termasuk komponen yang berkaitan dengan oli tetap terjaga dan berjalan maksimal.

Baca juga : Penyebab RPM mobil Avanza menjadi rendah

Tags:

About Author