📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Penyebab Mobil Tidak Lolos Uji Emisi, Ada yang Salah?

Penyebab Mobil Tidak Lolos Uji Emisi

Dengan kebijakan wajib uji emisi di Jakarta, pernahkah Anda mengalami ketidaklolosan saat uji emisi? Sebenarnya apa penyebab mobil tidak lolos uji emisi?

Di tengah kebijakan uji emisi yang semakin ketat, menjaga mobil agar lulus uji emisi menjadi suatu keharusan bagi pemilik kendaraan, terutama di kota-kota seperti Jakarta.

Tidak lolosnya mobil dalam uji emisi bisa menjadi masalah serius, mengingat regulasi yang mewajibkan kendaraan untuk memenuhi standar emisi yang ditetapkan.

Jika Anda bingung mengapa mobil Anda tidak lolos uji emisi, artikel ini akan membantu Anda memahami 5 penyebab umumnya beserta solusinya.

Penyebab Mobil Tidak Lolos Uji Emisi

Penyebab mobil tidak lolos uji emisi ini bisa terjadi karena beberapa faktor, diantaranya seperti:

  1. Pembakaran di Ruang Mesin Tidak Sempurna

Pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna merupakan salah satu penyebab umum mobil tidak lolos uji emisi. Proses pembakaran yang tidak sempurna dapat menghasilkan emisi berlebih yang mengandung zat-zat berbahaya.

Faktor seperti kualitas bahan bakar, kondisi busi, dan sensor oksigen yang rusak dapat mempengaruhi pembakaran yang tidak efisien.

Pastikan menggunakan bahan bakar berkualitas tinggi, ganti busi secara berkala sesuai rekomendasi pabrikan, dan periksa kondisi sensor oksigen untuk memastikan pembakaran berjalan optimal.

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar menjaga pembakaran di ruang mesin selalu optimal adalah dengan rutin service tune up Jet Clean di Dokter Mobil secara berkala.

  1. Penyumbatan pada Komponen Mesin

Penyumbatan pada komponen mesin seperti filter udara dan filter bahan bakar dapat mengganggu aliran udara dan bahan bakar yang dibutuhkan untuk pembakaran yang baik. Akibatnya, pembakaran menjadi tidak efisien dan emisi tidak terkendali.

Rutinlah membersihkan atau mengganti filter udara dan filter bahan bakar sesuai jadwal yang direkomendasikan oleh produsen mobil Anda.

  1. Kerusakan pada Komponen Mesin

Komponen mesin yang rusak seperti katup, sistem injeksi bahan bakar, atau sistem pengapian dapat menyebabkan pembakaran tidak optimal dan meningkatkan emisi.

Kerusakan pada komponen-komponen ini bisa disebabkan oleh penggunaan yang kurang tepat, umur pemakaian, atau faktor eksternal.

Lakukan pemeriksaan rutin pada komponen mesin, dan jika ditemukan kerusakan, segera lakukan perbaikan atau penggantian komponen yang rusak.

Baca Juga: Ring Piston Mobil Aus, Ini Penyebab hingga Solusinya

  1. Perubahan pada Sistem Emisi

Sistem emisi yang mengalami perubahan atau modifikasi tanpa memperhatikan standar emisi yang ditetapkan dapat menyebabkan mobil tidak lolos uji emisi.

Modifikasi pada knalpot, katup recirculation gas buang (EGR), atau sistem pengendalian emisi lainnya bisa mengganggu keseimbangan emisi.

Pastikan semua perubahan pada sistem emisi dilakukan sesuai dengan regulasi yang berlaku dan dengan memperhatikan standar emisi yang ditetapkan.

  1. Jarang Service Mobil

Ketidaklancaran mobil dalam menjalani servis berkala juga dapat menjadi penyebab mobil tidak lolos uji emisi. Servis berkala penting untuk memastikan semua komponen kendaraan berfungsi dengan baik dan emisi tetap terkontrol.

Jadwalkan servis berkala sesuai petunjuk pabrikan dan pastikan bahwa semua komponen kendaraan diperiksa dan dirawat secara teratur.

Dalam menghadapi uji emisi, penting untuk memahami bahwa banyak faktor yang dapat mempengaruhi hasilnya.

Melalui perawatan yang baik dan pemahaman tentang faktor-faktor penyebab mobil tidak lolos uji emisi, Anda dapat menjaga mobil Anda tetap bersahabat dengan lingkungan dan memenuhi regulasi yang berlaku.

Agar bisa atasi penyebab mobil tidak lolos uji emisi, yuk, service tune up Jet Clean di Dokter Mobil.

Hubungi dan kunjungi langsung cabang Dokter Mobil terdekat dari rumah Anda untuk dapatkan service tune up Jet Clean paling terpercaya sekarang!

SHARE THIS POST​

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru