Posted by sukses besar Uncategorized

Penyebab Mobil Grand Livina Nyendat Serta Cara Mengatasinya

Mengendarai mobil yang jalannya ndut-ndutan atau sering disebut dengan istilah nyendat/mbrebet pastinya tidak nyaman, selain itu juga ada rasa khawatir akan berbagai kemungkinan buruk yang terjadi. Kalau mobil sudah terserang gejala nyendat seperti ini, tentunya kita akan cemas akan kemungkinan mobil mogok, apalagi saat dalam situasi perjalanan yang sangat mendesak. Rasa khawatir ini tentunya semakin bertambah.

Maka dari itu penanganan kendaraan yang mengalami gejala seperti di atas sangat perlu dilakukan perawatan di tempat service mobil. Penyebab mobil berjalan tersendat-sendat ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Apabila ditangani dengan tepat, tentu akan sangat memuaskan karena gejala akan hilang dengan sempurna.

Penyebab mesin mobil livina berjalan tersendat/mbrebet

  1. Bahan bakar yang tidak sesuai

Jika bensin yang digunakan beroktana rendah (premium), maka kinerja mesin akan terganggu. Salah satunya mesin akan nyendat/ brebet. Untuk itu, jika Anda memiliki mobil dengan mesin injeksi, gunakan bensin beroktana tinggi minimal sekelas pertalite.

  1. Sistem injeksi masuk angin

Sistem injeksi memanfaatkan tekanan bahan bakar agar bahan bakar bisa tersuplai ke dalam mesin. Jika ada gelembung udara di dalam sistem bahan bakar, maka seperti halnya rem masuk angin. Tekanan di ujung sistem menjadi tidak stabil, sehingga suplai bahan bakar akan terputus-putus. Hal itu menyebabkan mesin jadi tersendat-sendat. Kejadian injeksi masuk angin bisa terjadi saat kehabisan bensin atau saat penggantian filter bensin. Kalau mesin masih terus tersendar bahkan sampai mati, dan ketika di start tidak hidup-hidup, cobalah untuk cek fitting atau sambungan selang bensin (terutama di dekat filter bensin). Fitting yang tidak klop bisa menyebabkan bensin bocor dari sini. Sehingga pada injektor, bensin tidak keluar dengan volume seharusnya.

  1. Kerusakan pada salah satu sensor EFI

Di dalam sistem EFI terdapat sensor, control unit, dan actuator. Sensor merupakan komponen yang berfungsi mendeteksi kondisi, seperti aliran udara dan suhu mesin. Jika salah satu sensor rusak, maka data yang dikirim bisa tidak akurat, sehingga perhitungan ECU jadi tidak akurat. Hal ini dapat menyebabkan suplai bensi  tidaak pas dan menyebabkan mesin tersendat saat di RPM rendah maupun tinggi.

Baca juga : Penyebab mobil Grand Livina overheat dan cara mengatasinya

  1. Filter bahan bakar yang kotor

Filter bahan bakar berfungsi untuk membersihkan kotoran dari aliran bensin. Mesin EFI lebih sensitif dibandingkan mesin yang masih menggunakan karburator. Kotoran sedikit saja bisa menyumbat injektor. Jika kondisi saringan terlalu kotor dan tidak diganti, dikhawatirkan akan menyumbat aliran bensin. Sehingga suplai bahan bakar akan menjadi terganggu. Hasilnya, tenaga mesin bisa berkurang hingga mesin tersendat-sendat.
Untuk solusinya, Anda perlu melakukan minimal pembersihan saringan bensin. Pembersihan saringan ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Hal ini karena letak filter  terkadang menyulitkan kita untuk melepas. Sehingga perlu keahlian khusus untuk bisa melepas filter dari dudukannya.

  1. Busi yang sudah tidak standar

Busi merupakan pemacik api menjadikan salah satu faktor penting dalam mempengaruhi kinerja mesin. Kalau api yang keluar dari busi terlalu kecil, mesin bisa nyendat. Sementara api yang terlalu besar, suara mesin bisa kasar. Apabila kondisi busi sudah tidak standar, lakukan penggantian dengan busi baru. Untuk mesin EFI wajib menggunakan busi resistor. Cara mengetahuinya bisa dilihat dari label busi itu sendiri.

Cara mengatasi mobil tersendat/ mbrebet/ ndut-ndutan

Untuk mengatasi gejala di atas, yaitu perlu dilakukan tune up kendaraan di tempat service mobil/ bengkel mobil. Namun, jika penanganan tune up masih belum berhasil dan tetap menimbulkan gejala nyendat, maka disarankan pada tukang service untuk memeriksa bagian-bagian mobil yang menangani pengapian, saluran bbm, dan saluran udara agar semua gejala dapat menghilang secara permanen dan mobil Anda dapat dikendarai dengan aman dan nyaman.

Dokter Mobil adalah solusi terbaik untuk mengatasi mobil tersendat atau mbrebet. Dengan mekanik profesional dan berpengalaman, serta ditunjang peralatan yang canggih, memastikan hasil service terbaik. Dapatkan juga service bergaransi uang kembali, hubungi dan kontak cabang Dokter Mobil terdekat.

KELAPA GADING CIBUBUR
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17 Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No 6
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429 Jl. Alternatif Km 4
Phone / WA – Aurell : 087880884576 ☏ 085817653292
SERPONG BEKASI
RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya, Pondok Kelapa
blok Orange no.5, Gading Serpong (Dekat Pintu Tol Keluar Becakayu)
Phone/WA : 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887

Itulah semua penyebab dan solusi mengatasi mobil grand Livina yang nyendat. Terimakasih sudah memperhatikan mobil kesayangan anda.

Tags:

About Author