Posted by sukses besar Mesin, tenaga mobil

Penyebab Mobil Avanza Tersendat-Sendat

Berbagai macam mobil bisa mengalami masalah, tidak terkecuali Avanza. Salah satu masalah yang bisa terjadi adalah kondisi mobil yang tersendat-sendat saat di gunakan. Masalah mobil yang tersendat-sendat mungkin kadang disepelekan, namun tentu saja permasalahan ini cukup mengganggu saat berkendara. Bahkan bila tidak segera diatasi, bisa menimbulkan masalah yang lebih serius. Penyebab mobil Avanza tersendat-sendat ini ada bermacam-macam dan perlu untuk diketahui.

Berikut adalah beberapa penyebab mobil Avanza tersendat-sendat :

  1. Bahan Bakar Habis
    Salah satu penyebab mobil bisa nyendat-nyendat adalah kehabisan bahan bakar. Hal ini bisa saja terjadi saat pengemudi terlalu sibuk dan tidak memperhatikan tangki bahan bakar. Saat bahan bakar habis atau akan habi, maka laju mobil bisa tersendat-sendat. Jangan sepelekan dan biarkan hal ini karena bisa jadi hal ini dapat menyebabkan hal buruk ke depannya.
  2. Kerusakan Pada Pompa Bensin
    Saat terjadi masalah pada mesin yang terendat-sendat, bisa jadi karena pompa bensin yang rusak. Pompa bensin berfungsi sebagai penyalur bahan bakar mobil dari tanki, sehingga perannya sangat penting. Ada dua jenis pompa bensin yaitu pompa bensin mekanik dan elektrik. Dua pompa bensin ini memiliki cara kerja yang berbeda. Pada pompa bensin mekanik, alat ini tidak membutuhkan daya dan akan bekerja dengan adanya putaran mesin yang menyalurkan bahan bakar. Sementara pada pompa elektrik membutuhkan daya agar bsia bekerja. Jika pada pompa bensin mekanik kondisinya sudah cukup tua, maka bisa menyebabkan kebocoran sehingga oli bisa merembes. Hal ini bisa menyebabkan mobil berjalan dengan tersendat-sendat. Pada pompa elektrik, bisa jadi kondisi sudah melemah sehingga daya kerja tidak maksimal.
  3. Filter Bensin Mampat
    Penyebab mobil Avanza tersendat-sendat selanjutnya adalah karena filter bensin yang mampat. Filter bensin juga memiliki peran yang sangat penting pada laju mobil karena filter bensin berfungsi untuk menyaring semua kotoran. Filter ini berfungsi sebagai penyaring kotoran agar tidak menyumbat saluran bensin terganggu. Aliran bensin yang terganggu karena tersumbat ini juga bisa menjadi penyebab mobil jadi tersendat-sendat.
  4. Masalah Pada Bagian Filter Udara
    Dalam kasus mobil yang tersendat-sendat, hal ini juga ada hubungannya dengan bagian filter udara. Filter udara berfungsi sebagai menyaring udara. Jika filter duara ini terganggu, maka filter udara tidak dapat bekerja dengan maksimal. Ini karena filter udara yang mampet dapat mengganggu aliran udara dalam pencampuran bahan bakar. Terhambatnya pencampuran bahan bakar ini bisa membuat mobil berjalan dengan tersendat-sendat.
  5. Bagian Karburator atau Injektor Mampet
    Hal sederhana namun kadang disepelekan adalah keadaan karburator atau injektor. Karburator atau injektor yang mampet mengakibatkan bahan bakar tidak dapat dengan sempurna disalurkan pada ruang bakar. Hal ini lah yang juga bisa menyebabkan jalan mobil tersendat.

Baca juga : Penyebab Rpm mobil Avanza naik turun

Cara mengantisipasi untuk mencegah dan menghindari hal-hal tersebut :

  1. Selalu Periksa Tanki Bahan Bakar
    Saat sedang sibuk dan tergesa-gesa pengemudi terbiasa langsung cabut tanpa memperhatikan ketersediaan bahan bakar. Selain bisa menyebabkan mobil tersendat-sendat, hal ini juga dapat berpengaruh buruk pada mobil dalam jangka panjangnya. Jadi, sebelum digunakan, selalu periksa tangki bahan bakar dan mengisinya.
  2. Memeriksa Kondisi Pompa Bensin Secara Berkala
    Pompa bensin yang rusak bisa menyebabkan jalan mobil menjadi tersendat. Untuk itu, baik poma bansin makenik maupun elektrik ekduanya harus terus di periksa secara berkala dan lakukan perbaikan atau penggantian saat dibutuhkan.
  3. Mengganti Filter Bensin
    Filter bensin bisa menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Filter bensin yang sudah tua dan lapuk bisa menjadi sangat mengganggu aliran bensin hingga membuat mobil tersendat-sendat. Untuk itu, jika filter bensin memang sudah sangat lapuk, lebih baik segera di ganti dengan yang baru.
  4. Mengganti Filter Udara
    Filter udara yang sudah sangat kotor akan berpengaruh terhadap proses pencampuran bahan bakar. Hal ini sangat tidak baik. Untuk itu rutin bersihkan filter udara dari kotoran debu dan lain sebagainya.
  5. Jangan Sampai Bagian Injektor/Karburator Mampet
    Karburator yang kotor juga bisa berdampak pada laju mobil yang kurang prima. Anda bisa membersihkan karburator menggunakan karburator cleaner. Namun jika Anda ragu, Anda bisa membawa mobil ke mekanik untuk dibersihkan.

Dengan mengetahui penyebab mobil Avanza tersendat-sendat, kita akan lebih waspada dan bisa melakukan tindakan yang tepat agar kerusakan tidak semakin parah.

Tags: ,

About Author