Posted by Dokter Mobil tenaga mobil

Penyebab Mobil Avanza Kurang Tenaga dan Cara Mengatasinya

Dengan mengetahui penyebab mobil Avanza kurang tenaga saat digas, anda dapat dengan mudah mengatasi masalah ini. Sehingga anda tak perlu lagi khawatir di tanjakan. Semoga bermanfaat.

Bepergian ke mana pun anda mau dengan mobil avanza adalah sangat menyenangkan. Beberapa hal yang sangat menarik dari mobil ini adalah memiliki desain yang menarik, mesinnya pun irit, harga jual stabil dan lain – lain. Satu hal yang harus anda perhatikan adalah bahwa mobil tersebut harus anda rawat sebaik mungkin agar mencegah terjadinya kerusakan pada mobil anda.

Tentunya anda menginginkan mobil anda dapat berjalan dengan lancar agar anda nyaman saat mengemudinya. Terutama pada saat mobil akan anda gunakan dalam perjalanan jauh. Hal – hal yang harus diperhatikan antara lain adalah mengecek semua komponen pada mobil anda beserta mesin di dalamnya.

Penyebab Mobil Avanza Kurang Tenaga

Salah satu hal awal yang perlu anda cari tahu adalah apa penyebab mobil avanza kurang bertenaga. Berikut ini adalah beberapa penyebab mobil kurang bertenaga:

Overheating Mesin

Mesin yang mengalami overheating dapat disebabkan oleh sistem pendingin yang tidak dapat bekerja secara optimal. Parahnya lagi adalah apabila mesin overheating maka akan menurunkan kinerja dari berbagai komponen pada mesin anda yang terbuat dari metal. Mereka semua akan memuai. Contohnya adalah pada piston.

Hal ini sangat berbahaya jika tidak segera diatasi karena piston memiliki banyak peran penting bagi mobil anda. Piston akan saling bergesekan dengan dinding silinder sehingga memperberat gerakan mobil anda dan tenaga mesin anda semakin berkurang.

Salah satu tips agar dapat mengatasi beberapa penyebab mobil avanza kurang tenaga antara lain adalah anda tidak boleh memaksakan mobil bergerak. Hal ini karena jika anda memaksakan menjalankan mobil dalam kondisi overheating dapat menyebabkan mobil anda mengalami kerusakan yang parah bahkan mobil anda menjadi mogok dan merusak mesin anda.

Bermasalah dalam Pengapian

Pada kondisi normal, proses pengapian penting bagi keberlangsungan mobil anda. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan apabila sistem pengapian tidak dapat berfungsi normal disebabkan oleh rusaknya koil, kabel busi atau bahkan businya sendiri yang mengalami kerusakan.

Mesin yang terlalu panas berpengaruh terhadap kinerja mesin mobil anda. Jika digunakan terus menerus dapat mengakibatkan pengapian menjadi bocor. Hal ini menghasilkan pembakaran yang tidak sempurna sehingga tenaga mesin yang dihasilkan menjadi kecil.

Air Filter Kotor

Air filter menjadi salah satu komponen yang sangat penting untuk menyaring kotoran saat mesin anda membutuhkan oksigen untuk pembakaran. Saat aliran udara tersumbat maka oksigen yang masuk lebih sedikit sehingga tenaga pada mesin mobil anda berkurang.

Busi pada mobil anda bagian elektrodanya menipis

Hal ini sangat merugikan karena mobil anda akan mengkonsumsi bahan bakar secara boros sehingga tenaga menjadi berkurang. Kasus seperti ini dapat anda jumpai pada mobil avanza salah satunya. Selain itu juga dapat dijumpai pada mobil Daihatsu Xenia, Terios dan lain – lain.

Busi juga berperan penting bagi mobil anda karena kerusakan busi atau busi yang kotor dapat menghambat berbagai proses seperti proses pembakaran menjadi terhambat sehingga tenaga yang dihasilkan oleh mobil anda berkurang dan tidak dapat optimal.

Tips Mencegah Mobil Anda Kekurangan Tenaga

Cara mencegah timbulnya penyebab mobil avanza kurang tenaga antara lain adalah:

  1. Memastikan bahwa sistem pendingin pada mobil bekerja secara optimal.
  2. Memeriksa kualitas air yang ada pada radiator.
  3. Memastikan sirkulasi air tidak bermasalah dan lancar
  4. Selang yang menghubungkan radiator ke mesin mobil anda
  5. Mengecek fungsi kerja kipas pendingin
  6. Memastikan bahwa oli di mobil anda masih berkualitas.
  7. Memastikan komponen yang terlibat dalam pengapian dapat berfungsi secara optimal.

Pada dasarnya, tune up yang bagus akan menghasilkan mesin mobil anda dapat berjalan dengan stabil dan normal.

Dokter Mobil – Solusi untuk Setiap Masalah pada Mobil Avanza

Mengatasi masalah ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Dikhawatirkan dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih parah. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menyerahkan masalah ini pada bengkel mobil terpercaya.

Dokter Mobil adalah bengkel mobil dengan pengalaman menangani mobil Avanza lebih dari 8 tahun. Silahkan mengunjungi Dokter Mobil terdekat yang ada di alamat berikut ini:

KELAPA GADING CIBUBUR
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17 Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No 6
Telp (021) 2245 4429 Jl. Alternatif Km 4
Chelsea : 087787133366 ☏ 085817653292
SERPONG BEKASI
RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya, Blok G9 No.8C
blok Orange no.5, Gading Serpong (Dekat Pintu Tol Becakayu)
Phone/WA : 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887 | WA : 087887589899

Apapun tingkat kerusakannya, penyebab mobil Avanza kurang tenaga atasi saja di Dokter Mobil.

Tags:

About Author