Posted by sukses besar Uncategorized

Inilah yang menjadi penyebab mobil Avanza kurang bertenaga

Tidak bisa dipungkiri, setiap mobil pasti pernah megalami  masalah. Masalah pun bukan  hanya sekedar  mogok saja, namun mobil  juga bisa mengalami  masalah  kekurangan  power atau tenaga. Hal ini juga bisa terjadi pada mobil Avanza. Mobil Avanza bisa mengalami kekurangan tenaga saat di gas. Pengemudi jadi penasaran dengan penyebab Avanza kurang tenaga, karena memang menjadikan mobil terasa tidak dalam kondisi prima. Jangan biarkan permasalahan pada mobil anda dibiarkan berlarut-larut karena dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih parah.

Berikut adalah ulasan yang menjadi penyebab mobil Avanza kurang bertenaga:

  1. Mesin Yang Mengalami  Overheating
    Mesin yang mengalami panas berlebihan atau istilahnya overheating sangat tidak baik untuk mobil karena tentu saja dapat mempengaruhi kinerja mobil. Overheating akan menciptakan keadaan yang panas dan ini bisa membuat beberapa komponen menjadi tidak berjalan maksimal. Beberapa komponen ini antara lain pada bagian piston. Piston merupakan salah satu komponen yang penting pada mobil. Jika piston mengalami  overheating maka  piston bisa bergesekan dengan bagian dinding silinder. Hal ini dapat memperberat jalannya mobil. Mobil akan berusaha keras untuk berjalan dan tenaga mobil akan terkuras banyak hingga semakin berkurang.
  2. Pengapian Yang Kurang Sempurna
    Penyebab Avanza kurang tenaga selanjutnya adalah keadaan pengapian yang kurang sempurna. Kurang sempurnanya pengapian ini bisa disebabkan oleh koil yang rusak, hingga busi yang bermasalah. Selain karena masalah overheating proses pengapian yang terlalu panas dan tidak berjalan sebagaimana mestinya juga bisa menyebabkan komponen mobil menjadi panas. Alhasil, bisa membuat mobil menjadi kekurangan tenaga karena dipaksakan tetap berjalan pada kondisi yang tidak baik.
  3. Terjadi  Masalah Pada Bagian Busi
    Meski kadang disepelekan, namun masalah pada busi juga bisa mengakibatkan masalah yangserius  hingga mempe ngaruhi tenaga yang dihasilkan oleh mobil.  Busi bisa mengalami beberapa masalah. Busi yang bermasalah bisa menyebabkan boros bahan bakar. Boros bahan bakar juga menjadi salah satu penyebab dari berkurangnya tenaga pada mobil. Busi yang kotor juga dapat memperlambat berbagai proses  yang berkaitan dengan busi seperti pembakaran. Pembakaran yang terlalu lambat juga berdampak pada kerja gerak mobil yang kurang optimal.

Baca Juga : Inilah yang menjadi penyebab mobil Avanza sampai meledak

Bukan hanya lambat, bila dibiarkan secara terus menerus masalah kurangnya tenaga pada mobil bisa membuat  rusak komponen-komponen mobil yang lainnya dan menambah banyak kerusakan di banyak bagian.

Untuk itu kita perlu mengetahui cara mengantisipasinya, yaitu sebagai berikut:
  1. Pastikan Mesin Tidak Mengalami Overheating
    Kita sudah tahu bahwa mobil yang terlalu panas sangat tidak baik. Ini juga menjadi salah satu penyebab utama berkurangnya tenaga pada mobil.  Untuk itu, selalu pastikan sistem pendingin mobil selalu berjalan secara maksimal dan optimal. Jika masalah overheating ini terjadi saat anda sedang mengendarai mobil, maka langkah yang bisa anda lakukan adalah langsung menghentikan mobil  anda. Jangan sesekali memaksakan mobil anda berjalan terlalu jauh saat terjadi overheating karena mesin mobil bisa  mogok.
  2. Selalu Periksa dan Rawat Komponen Mobil
    Beberapa komponen mobil berperan penting dalam berkurangnya tenaga pada mobil. Beberapa diantaranya adalah bagian koil dan busi. Koil dan busi yang tidak berjalan dengan maksimal bisa membuat overheating.  Bagian yang berpengaruh terhadap  proses pembakaran ini harus di rawat dan dilakukan penggantian bila perlu.
  3. Jaga Kualitas Oli dan Rawat Mobil Agar Tidak Boros Bahan Bakar
    Pemilihan oli juga sangat penting kaitannya dengan kerja mesin mobil,. Untuklitu selalu pilih oli dengan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi mobil. Jaga mobil agar tidak boros bahan bakar. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menjaga busi tetap dalam kondisi bagus. Jika sudah tua, bisa dilakukan penggantian atau perbaikan busi agar tidak boros bahan bakar.
  4. Pastikan Sistem Pendingin Selalu Berjalan Optimal
    Penyebab Avanza kurang tenaga adalah mesin yang panas atau proses pengapian yang tidak sempurna. Untuk itu, selain melakukan pada komponen yang berkaitan dengan pembakaran, kita bisa melakukan antisipasi dengan selalu memastikan sistem pendingin mobil berjalan secara normal. Sehingga komponen  akan tetap terawat, dingin dan tidak mengalami overheating.l

Itulah beberapa penyebab Avanza kurang tenaga yang bisa kita pelajari dan antisipasi dengan cara-cara yang sesuai standar keamanan. Nah, hal berikutnya yang perlu diketahui adalah, di mana kita bisa merawat mobil Avanza dengan sebaik mungkin?

Perawatan Profesional untuk Mengembalikan Performa Avanza

Dokter Mobil adalah bengkel mobil yang berfokus pada service dan perawatan mobil secara profesional. Ada beberapa paket perawatan mobil yang bisa dipilih. Untuk anda yang ingin mobilnya diberikan perawatan secara profesional, silahkan menghubungi ataupun mengunjungi Dokter Mobil di salah satu alamat berikut ini:

KELAPA GADING CIBUBUR
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17 Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No 6
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429 Jl. Alternatif Km 4
Phone / WA – Aurell : 087880884576 ☏ 085817653292
SERPONG BEKASI
RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya, Pondok Kelapa
blok Orange no.5, Gading Serpong (Dekat Pintu Tol Keluar Becakayu)
Phone/WA : 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab mobil Avanza kurang tenaga sehingga terasa mengganggu. Silahkan ikuti petunjuk di artikel ini dan pastikan mobil anda mendapatkan kembali performa terbaiknya.

Tags: ,

About Author