Posted by sukses besar Uncategorized

Apa penyebab mobil Avanza bergetar ?

Masalah mobil bergetar merupakan salah satu masalah yang sering dijumpai pada mobil. Meski demikian, mobil yang bergetar terasa mengganggu kenyamanan saat berkendara. Ada banyak hal yang menjadi penyebab mobil Avanza bergetar. Mulai dari komponen mobil yang mengendur hingga cara mengemudi yang tidak benar dan asal-asalan. Untuk itu perlu sekali kehati-hatian dan kepekaan dalam mengemudi agar komponen mobil tidak mengendur sehingga tidak menimbulkan getaran yang mengganggu kenyamanan saat berkendara. Berikut adalah beberapa penyebab yang dapat menimbulkan mobil dapat bergetar:

  1. Masalah Pada Engine Mount

    Sesuai fungsinya engine mount berperan dan memiliki fungsi untuk menahan berat dari mesin mobil. Karena peran dan fungsi tersebut, maka ketika terjadi masalah pada engine mount, ini akan berpengaruh pada mesin. Masalah ini akhirnya berdampak pada terjadinya getaran pada mobil. Namun perlu diketahui bahwa engine mount ini sudah dirancang sangat kuat untuk ketahanan dan akselerasinya. Jadi apabila bukan karena kecelakaan yang sangat parah kemungkinan untuk engine mount ini rusak sangat kecil.
    Cara mengatasinya :
    Meski dirancang dengan kuat sedemikian rupa, namun tetap saja engine mount harus dijaga agar tidak rusak. Seiring berjalannya waktu, perlakuan yang salah pada mobil juga bisa mengakibatkan kerusakan secara berkala pada bagian engine mount. Kebiasaan yang perlu dihindari saat mengemudi adalah mengemudi dengan cara stop and go. Guncangan yang sering terjadi lama kelamaan bisa jadi dapat menghancurkan kekuatan atau ketahanan engine mount.

  2. Busi Bermasalah

    Penyebab mobil Avanza bergetar selanjutnya adalah maslaah pada bagian busi. Busi bisa menjadi salah satu bagian mobil yang sering mengalami masalah. Busi terdiri dari 4 bagian dan apabila salah satu bagian saja mengalami masalah, maka mobil tidak akan berjalan dengan prima. Selain masalah, busi juga bisa menjadi kotor dan ini juga bisa menimbulkan masalah. Selain performa mobil akan mengalami penurunan, masalah pada busi juga bisa menyebabkan mobil menjadi bergetar dan tidak nyaman saat digunakan.
    Cara mengatasinya :
    Busi yang kotor bisa dibersihkan sendiri atua menyerahkannya kepada menkanik yang lebih profesional. Namun apabila busi mengalami kerusakan meskipun hanya pada salah satu bagian, sangat disarankan untuk mengganti semua bagian secara keseluruhan agar tidak terjadi masalah lebih lanjut. Busi yang bekerja dengan baik akan membuat mobil tetap stabil dan memiliki performa yang prima.

  3. Masalah Pada Bagian Piston

    Piston pada mobil juga memiliki peran penting pada laju mobil. Jika piston mengalami masalah atau mengalami penurunan performa, maka juga bisa berdampak pada performa mobil termasuk bisa membuat mobil bergetar. Kurang tenaga pada bagian piston ini bisa menyebabkan banyak hal pada mobil jika tidak segera diatasi.
    Cara mengatasinya :
    Jika mobil bergetar karena masalah piston, penting bagi pengemudi untuk memperhatikan cara mengemudi dengan benar dan tidak boleh mengemudi dengan sembarangan. Kebiasaan memacu mobil dengen kecepatan yang sangat tinggi juga bisa menyebabkan kerusakan atau penurunan daya pada bagian piston. Untuk itu selalu atur dan jaga kecepatan saat berkendara.

  4. Shockbreaker Mengalami Masalah

    Bisa dibilang bagian shockbreaker merupakan salah satu bagian yang paling berkaitan dengan masalah guncangan. Sesuai namanya shockbreaker berfungsi untuk menjaga kestabilan mobil atau menjaga kenyamanan saat mobil digunakan pada daerah yang tidak rata, bergelombang, jalan berbatu, hingga jalan yang rusak parah dan terjal. Jika shockbreaker ini bermasalah maka akan berpengaruh juga terhadap kemampuan dalam mengatasi getaran.
    Cara mengatasinya :
    Penyebab mobil Avanza bergetar karena shockbreaker ini bisa diatasi dengan cara memperbaiki shockbreaker. Anda bisa menyerahkannya kepada mekanik yang lebih berpengalaman atau jika kerusakan terlalu parah, mengganti shockbreaker menjadi solusi yang paling bagus.

  5. Kondisi Velg Yang Kurang Baik

    Kondisi velg yang kurang baik juga berpengaruh terhadap getaran yang bisa dihasilkan oleh mobil. Velg bisa dikatakan sebagai bagian yang menahan beban mobil dan seluruh komponennya. Apabila kondisi velg tidak prima, maka laju mobil bisa terganggu termasuk getaran-getaran juga bisa terjadi. Masalah pada velg ini harus segera diatasi agar tidak menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada komponen-komponen yang lainnya.
    Cara mengatasinya :
    Unuk menjaga agar bagian velg tetap bekerja secara prima, pengemudi harus lebih hati-hati saat berkendara. Pengemudi lebih baik tidak sering memacu kendaraan dalam kecepatan terlalu tinggi. Kecepatan terlalu tinggi dan sering ini dapat membuat velg bengkok. Velg yang bengkok ini membuat keseimbangan velg terganggu.

Itulah beberapa penyebab mobil Avanza bergetar yang baik untuk kita ketahui agar kita bisa lebih waspada untuk mempertahankan mobil agar tetap prima dan tidak bergetar-getar.

Baca juga : Penyebab air radiator mobil cepat habis

Tags: ,

About Author