Posted by sukses besar Uncategorized

Penyebab Mobil Avanza Berasap

Mobil yang berasap tentu sangat mengganggu. Bukan hanya mengganggu diri sendiri karena merasa tidak nyaman, namun asap yang keluar dari knalpot mobil ini juga bisa mengganggu orang lain dan menambah polusi udara. Penyebab Avanza berasap ada bermacam-macam. Asap yang dihasilkan pun berbeda-beda, mulai dari asap yang berwarna hitam, putih, dan juga biru. Penyebab dari perbedaan warna pada asap itu juga berbeda-beda. Untuk itu mengetahui penyebab terjadinya asap sangat baik agar hal itu bisa dicegah.

  1. Kelebihan Bahan Bakar dan Masalah Pada Karburator

    Penyebab yang paling sering pada masalah mobil berasap adalah karena bahan bakar yang berlebihan. Bahan bakar yang berlebihan ini dapat masuk ke dalam ruang silinder bahan bakar. Akibatnya, bahan bakar tersebut tidak dapat terbakar sepenuhnya. Ini menyebabkan asap  berwarna hitam keluar dari dalam knalpot. Jika hal ini terjadi, Anda juga akan merasa mobil menjadi boros bahan bakar. Penyebab Avanza berasap berwarna hitam selanjutnya adalah karena masalah pada karburator. Paling sering karena karburator yang tidak di stel dengan tepat. Karburator yang tidak di stel dengan benar ini menyebabkan masalah pada pompa bensin dan sensor bahan bakar. Alhasil, ECU akan menyemprotkan bahan bakar lebih banyak dari yang seharusnya.
    Cara Mengatasinya :
    Pastikan Anda men-setting karburator dengan tepat dan benar. Meski terlihat simpel, namun masalah pada setting karburator saja bisa menyebabkan masalah yang serius pada beberapa komponen sehingga menyebabkan asap berwana hitam yang cukup mengganggu dan membuat bahan bakar lebih cepat habis.

  2. Oli Yang Menetes Tidak Pada Tempatnya dan Masalah Pada Ring Piston

    Masalah berikutnya yang menyebabkan mobil berasap adalah Oli yang menetes tidak paa tempatnya. Oli yang menetes pada ruang bakar juga bisa menyebabkan asap biru dari dalam knalpot. Jenis Asap biru ini biasa muncul pada mobil yang berusia diatas lima tahun. Selain masuk pada ruang bakar, Oli yang masuk pada ruang silinder bisa membuat busi menjadi basah. Hal ini mengakibatkan masalah pada proses pembakaran yang membuat pembakaran menjadi tidak sempurna. Oli bisa menetes ke silinder biasanya dikarenakan kerusakan pada bagian ring piston yang rusak.
    Cara mengatasinya :
    Menjaga dan memeriksa kondisi seal, gasket, dan ring piston menjadi hal yang penting untuk mencegah asap berwana biru keluar dari dalam knalpot. Fungsi dari komponen-komponen tersebut adalah untuk mencegah oli masuk ke dalam bagian ruang silinder. Jika terjadi masalah pada alat tersebut maka segera perbaiki bisa memungkinkan. Bila kerusakan terlalu parah, bisa diganti dengan yang baru.

  3. Air Coolant Terbakar

    Selain asap berwarna hitam dan biru, ada juga asap berwarna putih yang keluar dari dalam knalpot mobil. Penyebab Avanza berasap putih ini bisa dikarenakan Air Coolant yang terbakar. Air coolant dapat terbakar karena beberapa hal. Sesuai fungsinya, air coolant digunakan untuk menjaga temperatur mesin agar tetap stabil dan tidak overheating. Masalah muncul ketika ada kerusakan pada bagian silinder head, packing head dan keretakan pada mesin. Hal itu bisa menyebabkan air coolant ikut terbakar. Alhasil mobil menghasilkan asap putih.
    Cara mengatasinya :
    Mengingat masalah asap putih karena air coolant yang bermasalah ini cukup penting maka harus dicegah dan diatasi apabila sudah terjadi. Pastikan Air coolant selalu dalam kondisi stabil. Pastikan komponen pendukung seperti packing head dan silinser head selalu dalam keadaan prima agar air coolant tidak terbakar.

  4. Kerusakan Pada Bagian PCV

    PCV atau Positive Crankcase Ventilation bisa menjadi penyebab dari keluarnya asap putih dari knalpot mobil. PCV sendiri berfungsi untuk menghisap udara panas dari mesin menuju ke intake manifold. Jika bagian ini bermasalah, maka uap oli juga bisa ikut terhisap menuju ke bagian intake manifold. Hal ini menyebabkan knalpot mengeluarkan asap berwarna putih dari knalpot.
    Cara mengatasinya :
    Bagian PCV merupakan salah satu bagian yang penting. Oleh karena itu, jangan sampai bagian ini mengalami kendala atau kerusakan. Selalu pastikan PCV bekerja dengan normal sehingga tidak menghisap oli mobil.

Selain beberapa penyebab avanza berasap tersebut diatas, ada juga masalah keluar asap pada mobil namun tidak berbahaya. Hal ini terjadi akibat kondensasi di saat udara dingin. Asap yang ditimbulkan pun hanya asap putih tipis dan tidak perlu dikhawatirkan.

Baca juga : Apa penyebab mobil Avanza bergetar ?

Tags: ,

About Author