Posted by Dokter Mobil AC, Service AC Mobil

Faktor Utama Penyebab Kompresor AC Mobil Panas dan Solusinya

Perawatan yang rutin diperlukan untuk mencegah penyebab kompresor AC mobil panas menghampiri anda. Perawatan seperti apa yang diperlukan?

Pertanyaan tersebut sangat penting. Sepenting mencari penyebab masalah itu sendiri. Namun tetap saja, sebaiknya mencari terlebih dahulu apa sebenarnya penyebab hal ini. Dengan demikian, akan lebih mudah untuk:

  • Menentukan solusi mengatasi kompresor AC mobil panas
  • Mencegah kembalinya masalah ini
  • Perawatan apa saja yang diperlukan
  • Dan biaya-biaya yang diperlukan

Faktor Utama Penyebab Kompresor AC Mobil Panas

Ada cukup banyak penyebab masalah ini. Dengan tahu apa penyebab pasti masalah ini, anda akan mudah memperbaiki kompresor AC mobil anda.

Adapun penyebab masalah kompresor AC mobil yang panas ini antara lain:

  1. Kurangnya Oli Kompresor

    Oli sangat penting selain sebagai pelumas, juga membantu mendinginkan mesin kompresor. Nah, jika oli kompresor sudah berkurang volumenya maupun kualitasnya, kompresor AC akan lebih mudah panas.

    Selain menyebabkan kompresor AC mobil cepat panas, kurangnya oli kompresor juga dapat menyebabkan turunnya performa kompresor AC mobil, menyebabkan adanya bunyi dari dalam kompresor AC mobil, dan meningkatkan kemungkinan jebolnya kompresor AC.

  2. Adanya Masalah pada Fan AC Mobil

    Saat fan AC ataupun fan radiator bermasalah (putarannya lemah atau tidak berputar sama-sekali), tekanan freon pada jalur high press akan meningkat. Dan hal tersebut akan menimbulkan overheat.

    Tidak hanya menyebabkan kompresor AC mobil panas, namun juga menimbulkan bunyi kasar dari dalam kompresor. Dan jika dibiarkan, kompresor AC mobil anda bisa jebol.

  3. Jumlah Freon yang Tak Sesuai Kebutuhan

    Baik itu kelebihan maupun kurang freon akan menimbulkan masalah. Jika freon terlalu sedikit, kompresor harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan kabin. Akibatnya, kerja kompresor akan meningkat, begitu juga suhu kompresor AC mobil. Dan pada akhirnya tidak hanya kompresor menjadi cepat panas, namun juga mempercepat usia kompresor AC mobil.

    Sementara itu, terlalu banyak freon juga tidak baik. Terlalu banyak freon akan meningkatkan tekanan pada kompresor AC mobil sehingga  menjadi penyebab kompresor AC mobil panas.

  4. Adanya Mampet di Saluran AC Mobil

    Saluran AC mobil yang mampet akan membuat kompresor terus bekerja. Bahkan berusaha bekerja lebih keras untuk memastikan suhu yang diinginkan bisa tercapai. Karena terus memaksakan diri inilah maka kompresor AC mobil akan cepat panas.

    Masalah ini harus diperbaiki dengan segera. Karena penundaan dapat mengakibatkan kompresor jebol, meledak, ataupun terbakar.

  5. Faktor Usia Kompressor AC Mobil
    Tak dapat dipungkiri bahwa faktor usia AC mobil akan mempengaruhi performanya. Semakin tua kompresor AC mobil, kinerjanya akan semakin turun. Salah satu kendala yang muncul adalah kerusakan pada beberapa part kompresor. Dan tentu saja akan menyebabkan kinerja kompresor semakin berat. Alhasil, kompresor AC mobil akan cepat panas.Lantas bagaimana langkah yang bisa dilakukan untuk menangani masalah-masalah ini?

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi semua penyebab kompresor AC mobil anda bermasalah dengan overheating. Apa saja langkah tersebut?

Langkah Memperbaiki Kompresor AC Mobil yang Cepat Panas

Langkah yang bisa dilakukan haruslah sesuai dengan penyebab munculnya masalah ini. Itulah sebelumnya dikatakan bahwa untuk menangani masalah ini, diperlukan pencarian penyebab masalah terlebih dahulu.

Adapun langkah yang bisa dilakukan di antaranya adalah:

  • Atasi Kompresor AC Mobil yang Panas Karena Karat

    Macet pada kerja kompresor biasa disebabkan karena adanya karat pada shaft kompresor. Solusinya adalah dengan membongkar AC mobil lalu membersihkan karat ini.

    Namun pastikan selama proses bongkar tidak merusak komponen lain dari AC mobil. Karena jika ada tambahan kerusakan, resikonya mulai dari ganti part, hingga harus ganti seluruh komponen kompresor AC mobil.

  • Lakukan Flushing AC Mobil

    Kompresor AC mobil mungkin sudah kotor dan olinya sudah perlu diganti. Dan mungkin juga freonnya volumenya kelebihan ataupun kurang. Nah, flushing dapat mengatasi semua masalah penyebab kompresor AC mobil panas tersebut.

    Dengan melakukan flushing, tidak hanya mengatasi overheating pada kompresor AC mobil, namun juga menjadikan kinerja kompresor AC mobil selayaknya baru kembali. Hasilnya tentu saja menjadikan AC mobil lebih dingin.

Demikianlah beberapa penyebab kompresor AC mobil panas dan solusi untuk mengatasinya. Semoga informasi yang kami berikan cukup lengkap untuk mengatasi masalah yang sedang anda alami. Terimakasih sudah membaca.

Tags:

About Author