📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

10 Penyebab Kompresi Mobil Hilang, Yuk Dicek!

Penyebab Kompresi Mobil Hilang

Pada saat mobil mengalami masalah dengan kompresi mobil hilang, hal ini dapat menjadi sumber frustrasi dan kekhawatiran bagi para pemilik mobil. Masalah ini dapat mengakibatkan performa mesin yang menurun, konsumsi bahan bakar yang tidak efisien, dan bahkan kerusakan mesin yang lebih serius. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa penyebab umum mengapa kompresi mobil dapat hilang, serta memberikan beberapa solusi yang mungkin dapat membantu Anda mengatasi masalah ini.

Penyebab Kompresi Mobil Hilang

Masalah hilangnya kompresi pada mobil dapat menjadi masalah yang memengaruhi performa dan efisiensi mesin. Kompresi yang hilang dapat mengakibatkan penurunan tenaga, konsumsi bahan bakar yang tidak efisien, dan bahkan kerusakan lebih lanjut pada komponen mesin. Berikut ini adalah beberapa penyebab kompresi mobil hilang:

  1. Ausnya Ring Piston

Salah satu penyebab utama kompresi mobil hilang adalah ausnya ring piston atau cincin piston. Ring piston berfungsi untuk menjaga tekanan kompresi di dalam ruang bakar mesin. Jika ring piston aus atau rusak, tekanan kompresi dapat bocor dan menyebabkan hilangnya kompresi. Biasanya, ausnya ring piston terjadi akibat penggunaan mobil dalam jangka waktu yang lama tanpa perawatan yang memadai.

Jika ring piston aus, solusi terbaik adalah mengganti ring piston yang rusak dengan yang baru. Anda juga dapat melakukan perawatan rutin seperti mengganti oli secara teratur dan memastikan mesin tetap terjaga suhu kerjanya yang normal.

  1. Klep yang Rusak

Klep atau valve pada mesin mobil berfungsi untuk mengatur aliran bahan bakar dan udara ke dalam ruang bakar. Jika klep mengalami kerusakan, seperti bengkok atau terkelupas, tekanan kompresi dapat bocor dan menyebabkan kompresi mobil hilang.

Jika klep rusak, Anda perlu mengganti klep yang rusak dengan yang baru. Perawatan yang baik seperti mengganti oli dan filter secara rutin juga dapat membantu mencegah kerusakan klep.

  1. Kebocoran Cylinder Head Gasket

Cylinder head gasket adalah segel yang menutupi antara blok mesin dan kepala silinder. Gasket ini mencegah kebocoran kompresi dan pendinginan yang ada di dalam mesin. Jika gasket ini rusak atau bocor, tekanan kompresi dapat bocor dan menyebabkan kompresi mobil hilang.

Jika cylinder head gasket bocor, gasket tersebut perlu diganti. Sebaiknya perbaikan ini dilakukan oleh mekanik yang berpengalaman untuk memastikan pemasangan yang benar dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

  1. Kerusakan pada Piston atau Cylinder

Kerusakan pada piston atau cylinder dapat menyebabkan hilangnya kompresi. Contohnya adalah retak pada piston atau cylinder yang dapat mengakibatkan kompresi mobil hilang.

Jika terdapat kerusakan pada piston atau cylinder, perbaikan yang paling umum adalah penggantian piston atau cylinder yang rusak. Pastikan untuk melakukan perawatan rutin seperti mengganti oli secara teratur agar komponen tersebut tetap berfungsi dengan baik.

  1. Penyumbatan pada Saluran Masuk Udara

Penyumbatan pada saluran masuk udara, seperti pada filter udara yang kotor atau terblokir, dapat mengganggu aliran udara yang masuk ke ruang bakar. Hal ini dapat menyebabkan tekanan kompresi yang tidak optimal dan kompresi mobil hilang.

Bersihkan atau ganti filter udara secara teratur untuk mencegah penyumbatan. Pastikan juga untuk memeriksa dan membersihkan saluran udara lainnya yang mungkin terkena kotoran atau debu.

  1. Penyumbatan pada Saluran Buang

Penyumbatan pada saluran buang juga dapat menyebabkan kompresi mobil hilang. Sisa-sisa pembakaran yang menumpuk di saluran buang dapat menghambat aliran gas buang, sehingga tekanan kompresi tidak optimal.

Bersihkan saluran buang secara teratur untuk mencegah penyumbatan. Pastikan juga untuk melakukan perawatan rutin pada sistem knalpot, seperti mengganti knalpot yang rusak atau bocor.

  1. Penurunan Tekanan Kompresi Mesin

Penurunan umum dalam tekanan kompresi mesin dapat terjadi seiring berjalannya waktu. Hal ini dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti keausan bagian-bagian mesin, penumpukan kotoran, atau penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai.

Lakukan perawatan rutin pada mobil, termasuk mengganti oli secara teratur, membersihkan bagian-bagian mesin yang kotor, dan menggunakan bahan bakar berkualitas baik.

  1. Overheating Mesin

Pemanasan berlebihan atau overheating mesin dapat merusak beberapa komponen mesin, termasuk piston, cylinder, dan klep. Kerusakan pada komponen-komponen ini dapat menyebabkan kompresi mobil hilang.

Pastikan mesin mobil tidak mengalami overheating dengan menjaga suhu kerja mesin yang normal. Periksa sistem pendinginan secara rutin dan pastikan tidak ada kebocoran pada sistem tersebut.

Baca Juga: Mesin Mobil Overheat: Penyebab hingga Solusinya

  1. Penggunaan Bahan Bakar yang Buruk

Penggunaan bahan bakar yang buruk atau tidak sesuai dengan spesifikasi mobil dapat menyebabkan masalah pada mesin, termasuk kompresi mobil hilang.

Gunakan bahan bakar yang berkualitas baik dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil. Hindari menggunakan bahan bakar yang sudah terlalu lama disimpan atau bahan bakar yang dicampur dengan air atau kontaminan lainnya.

  1. Masalah pada Sistem Ignition

Masalah pada sistem pengapian, seperti busi yang rusak atau ignition coil yang tidak berfungsi dengan baik, dapat mengganggu proses pembakaran di dalam ruang bakar. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya kompresi.

Periksa dan pastikan sistem pengapian mobil berfungsi dengan baik. Ganti busi yang rusak atau komponen lainnya yang mengalami masalah.

Atasi Masalah Kompresi Mobil Hilang, Dokter Mobil Solusinya!

Tune Up Jet Clean

Soal perawatan untuk mencegah dan mengatasi kompresi mobil hilang, percayakan pada layanan tune up Jet Clean di Dokter Mobil bisa jadi satu pilihan tepat untuk dituju.

Tune up Jet Clean adalah salah satu metode yang dapat membantu menjaga performa mesin mobil Anda. Tune up Jet Clean biasanya melibatkan pembersihan injektor bahan bakar, throttle body, dan intake manifold untuk meningkatkan pembakaran yang lebih efisien dan mengoptimalkan performa mesin.

Ingin langsung coba tune up Jet Clean untuk mengatasi masalah kompresi mobil hilang? Beberapa cabang Dokter Mobil ini bisa jadi alternatif cepat dan akurat untuk masalah mobil Anda:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Dokter Mobil Lontar
Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Proses reservasinya pun sangat mudah, Anda cukup menghubungi Dokter Mobil via WhatsApp di 0877-7760-0371 (atau hubungi di sini) atau isi form reservasi online (klik di sini).

Pastikan untuk reservasi terlebih dahulu via WhatsApp karena ada banyak promo-promo kejutan yang bisa Anda manfaatkan!

Kesimpulan

Kompresi mobil hilang dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang telah dijelaskan di atas. Penting untuk melakukan perawatan rutin pada mobil Anda dan mengatasi masalah sejak dini untuk mencegah kerusakan yang lebih serius. Jika Anda mengalami masalah dengan hilangnya kompresi mobil, sebaiknya konsultasikan dengan mekanik yang berpengalaman untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan solusi yang tepat.

SHARE THIS POST​

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru