📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

5 Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Hitam

Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Hitam

Dalam penggunaan sehari-hari, kita seringkali melihat knalpot mobil keluar asap hitam. Asap hitam ini dapat menjadi pertanda adanya masalah pada mesin atau sistem pembakaran pada mobil. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam penyebab umum knalpot mobil keluar asap hitam dan bagaimana cara mengatasinya.

Mengapa Knalpot Mobil Mengeluarkan Asap Hitam?

Knalpot mobil keluar asap hitam adalah gejala yang perlu diperhatikan karena dapat menjadi indikasi adanya masalah pada sistem pembakaran. Masalah ini umumnya terkait dengan kondisi mesin atau komponen yang terlibat dalam pembakaran bahan bakar.

1. Campuran Bahan Bakar yang Tidak Tepat

Salah satu penyebab umum knalpot mobil keluar asap hitam adalah campuran bahan bakar yang tidak tepat. Campuran bahan bakar yang terlalu kaya akan bahan bakar menghasilkan pembakaran yang tidak sempurna. Saat campuran bahan bakar kaya akan bahan bakar, jumlah bahan bakar yang melebihi kebutuhan akan menghasilkan lebih banyak karbon yang tidak terbakar. Karbon ini kemudian keluar melalui knalpot sebagai asap hitam.

Untuk mengatasi masalah knalpot mobil keluar asap hitam ini, pastikan campuran bahan bakar pada mobil Anda sesuai dengan rekomendasi pabrik. Perhatikan perbandingan antara bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang pembakaran. Jika perlu, lakukan pengecekan dan penyetelan ulang oleh mekanik yang terpercaya.

2. Kerusakan pada Sistem Injeksi atau Karburator

Sistem injeksi atau karburator yang rusak juga dapat menyebabkan knalpot mobil keluar asap hitam. Injeksi bahan bakar yang tidak tepat atau karburator yang tidak berfungsi dengan baik dapat menghasilkan campuran bahan bakar dan udara yang tidak seimbang. Hal ini akan mengganggu proses pembakaran yang ideal dan meningkatkan emisi karbon hitam.

Untuk mengatasi masalah knalpot mobil keluar asap hitam ini, periksakan dan perbaiki sistem injeksi atau karburator oleh mekanik yang berpengalaman. Pastikan komponen-komponen ini berfungsi dengan baik dan campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang pembakaran seimbang.

3. Filter Udara yang Kotor atau Tersumbat

Filter udara yang kotor atau tersumbat juga dapat menjadi penyebab knalpot mobil keluar asap hitam. Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran. Jika filter udara tidak berfungsi dengan baik, jumlah udara yang masuk akan berkurang, mengakibatkan ketidakseimbangan dengan bahan bakar. Hal ini dapat mengganggu pembakaran yang optimal dan menghasilkan asap hitam.

Untuk mengatasi masalah knalpot mobil keluar asap hitam ini, periksa filter udara secara teratur dan bersihkan atau ganti jika diperlukan. Pastikan filter udara dalam kondisi baik agar udara yang masuk ke ruang pembakaran tetap bersih dan seimbang dengan bahan bakar.

4. Sistem EGR yang Rusak

Sistem EGR (Exhaust Gas Recirculation) pada mobil bertugas untuk mengurangi emisi gas buang dengan mengalirkan kembali sebagian gas buang ke ruang pembakaran. Jika sistem EGR mengalami kerusakan, gas buang yang kembali ke ruang pembakaran mungkin tidak terkontrol dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan emisi karbon hitam melalui knalpot mobil keluar asap hitam.

Untuk mengatasi masalah ini, lakukan perbaikan atau penggantian pada sistem EGR oleh mekanik yang berpengalaman. Pastikan sistem EGR berfungsi dengan baik sehingga pengaliran gas buang dapat terjadi secara optimal, mengurangi emisi yang keluar melalui knalpot.

Baca Juga: Ciri-Ciri EGR Kotor Mobil yang Wajib Diketahui!

5. Minyak Pelumas yang Terlalu Banyak

Penggunaan minyak pelumas yang terlalu banyak pada mesin mobil juga dapat menyebabkan knalpot keluar asap hitam. Minyak pelumas yang berlebihan dapat masuk ke ruang pembakaran dan terbakar bersama dengan bahan bakar. Hal ini akan menghasilkan emisi yang tidak normal dan dapat terlihat sebagai asap hitam pada knalpot.

Untuk mengatasi masalah ini, perhatikan penggunaan minyak pelumas sesuai dengan rekomendasi pabrik. Pastikan Anda menggunakan jumlah minyak pelumas yang tepat untuk mesin mobil Anda. Jika terdapat kelebihan minyak, lakukan pengurangan jumlah minyak yang digunakan.

Knalpot Mobil Keluar Asap Hitam di Mitsubishi Xpander Anda? Bawa ke Tune Up Jet Clean di Dokter Mobil Solusinya!

Tune Up Jet Clean

Bagi mobil dengan mesin diesel, asap hitam dari knalpot mobil mungkin jadi hal yang sudah cukup lumrah. Tapi jika mobil yang Anda gunakan bermesin bensin, seperti Mitsubishi Xpander, jelas mobil keluar asap hitam dari knalpot adalah satu tanda masalah yang harus segera diatasi.

Agar masalah ini tak terjadi pada mobil Xpander Anda, bawa ke tune up Jet Clean di Dokter Mobil bisa jadi satu pilihan paling tepat untuk dituju.

Layanan tune up Jet Clean akan membersihkan seluruh komponen mesin yang terhubung dengan aktivitas pembakaran, mulai dari tangki bensin, throttle body, busi, injeksi, hingga catalytic converter. Seringkali performanya terganggu akibat tumpukan kerak karbon sisa pembakaran, kerak karbon ini akan dibersihkan dan disedot hingga bersih sehingga aktivitas pengapian di ruang mesin jadi lebih lancar dan performa mobil pun semakin optimal.

Soal kualitas tak perlu khawatir, karena Dokter Mobil memiliki peralatan canggih berteknologi tinggi, teknisi yang ahli, serta SOP yang sistematis, sehingga penanganannya bisa sesuai dengan standar.

Ingin langsung coba layanannya untuk tune up Jet Clean untuk cegah knalpot mobil keluar asap hitam? Beberapa titik lokasi cabang Dokter Mobil ini bisa jadi alternatif cepat dan akurat untuk Anda tuju dalam dapatkan service tune up Jet Clean segera:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Dokter Mobil Lontar
Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Proses reservasinya pun sangat mudah, Anda cukup menghubungi Dokter Mobil via WhatsApp di 0877-7760-0371 (atau hubungi di sini).

Pastikan untuk reservasi terlebih dahulu via WhatsApp karena ada banyak promo-promo kejutan yang bisa Anda manfaatkan!

SHARE THIS POST​

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru