Posted by sukses besar bengkel mobil

Penyebab Klakson Grand Livina Mati dan Cara Mengatasinya

Klakson Grand Livina mati atau klakson tidak bunyi ini disebabkan oleh kerusakan kabel fleksibel pada rangkaian klakson yang ada di setir mobil. Dampak dari kerusakan kabel fleksibel klakson tersebut menyebabkan klakson mobil Nissan Grand Livina tidak bisa bunyi.

Gejala awal kabel fleksibel atau kabel spiral Nissan  Grand Livina rusak atau putus ini bisa dilihat dari bel mati saat setir lurus. Namun terkadang bel atau klakson bunyi normal saat setir belok, dan ini sebagai pertanda kabel fleksibel sudah mulai rusak dan perlu diganti.

Setelah mengetahui apa penyebab dari matinya klakson mobil Nissan Grand Livina, sekarang kita akan membahas bagaimana cara memperbaikinya.

Cara Memperbaiki Klakson Mobil Nissan Grand Livina Tidak Bunyi

Terdapat dua cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kerusakan klakson tidak bunyi pada Nissan Grand Livina. Biasanya ha; ini merupakan hal yang disebabkan karena ada kerusakan pada kabel fleksibel atau kabel spiral. Contoh berikut ini cara penanganan yang tanpa airbag di setirnya.

  • Mengganti kabel fleksibelnya
  • Memperbaiki atau mengganti jalur kabel yang digunakan untuk klakson, ini dilakukan tanpa mengganti kabel fleksibel dan juga termasuk penanganan sementara sebelum digantinya kabel fleksibel.
Langkah-langkah untuk memperbaiki Klakson Livina
  1. Buka klem aki negatif, jika mobil tersebut dilengkapi dengan airbag.
    Melepaskan klem aki merupakan keharusan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan, seperti airbag meledak
  2. Buka horn pad atau lepas tombol klakson.
    Cara membuka tombol klakson Grand Livina adalah dengan cara menekan kawat yang terlihat dari lubang kecil di bawah horn pad. Penutup lubang ini dibuka terlebih dahulu.
  3. Kendurkan mur yang merupakan kuncian stang setir
    Guna melepas atau membuka stang setor. Alasan dibukanya stang setir dan kabel fleksibel dibuka adalah untuk memudahkan pemeriksaan jalur kabel fleksibel untuk klakson.
  4. Membuka box penutup setir (cover steering column)
    Dari bagian bawah terdapat 3 buah skerup, buka ketiganya menggunakan obeng plus atau obeng kembang, setelah itu tarik bagian bawah box di bawah setir tersebut. Di bagian itu akan terlihat 2 buah soket yang terhubung ke kabel fleksibel, yaitu soket berwarna abu-abu untuk jalur klakson (soket berisi satu kabel). Untuk soket berwarna kuning (berisi 2 kabel) sebagai kabel airbag di setir.
  5. Pada soket yang menjadi satu dengan kabel klakson terdapat 8 buah pin
    Ukur satu persatu pin yang masih terhubung dengan bagian atas, setelah itu pindah skun kabel pada pin yang masih berhubungan atau tersambung.Cara membuka sku , kabel atau cara mengganti posisi kabel pada konektor. Kita bisa menggunakan obeng minus kecil untuk membuka 2 buah kancingan, satu di samping setiap skun.
  6. Mengganti atau mengubah posisi pada konektor kabel klakson
    Setelah posisi terminal kabel klakson pada konektor, baik itu konektor atas atau konektor bagian bawah sudah diubah. Pasang kembali konektor pada tempatnya dan sentuh ujung kabel hijau ke ground atau ke logam atau setor. Klakson pasti bunyi normal kembali. Setelahnya pasang ujung kabel tersebut ke horn pad dan pasang horn pad atau tombol klakson pada tempatnya, sampai masuk di kancingkan pada setir.

Baca juga : Penyebab mobil Grand Livina nyendat serta cara mengatasinya

Catatan Penting saat Perbaiki Klakson Livina

Catatan penting, jika kabel spiral mobil Anda sempat dibuka atau diputar-putar .

Bila setir telah dibuka untuk melepas kabel spiral atau kabel spiral telah diputar-putar atau pun akan mengganti kabel spiral yang baru. Tujuannya agar kabel tersebut tidak putus semua karena posisi yang salah. Berikut ini adalah cara menanganinya.

  1. Luruskan posisi roda depan, posisi lurus ke depan tidak boleh pada posisi belok.
  2. Putar kabel spiral searah jarum jam secara perlahan sampai tidak bisa diputar lagi. Kemudian putar berlawanan arah jarum jam sebanyak 2 ½ kali putaran, agar posisi kabel spiral berada di tengah-tengah saat roda depan lurus.

Kabel spiral atau kabel fleksibel setir Nissan Grand Livina memiliki jumlah putaran 5 kali putaran penuh atau 5 x 360 derajat. Untuk mendapatkan posisi tengah-tengah agar kabel tidak rusak saat setir diputar, maka harus diputar sebanyak dua kali putaran ditambah setengah putaran dari posisi putaran penuh.

Itulah beberapa solusi mengatasi penyebab masalah pada klakson grand livina. Jika masalah tak kunjung selesai, artinya ada masalah yang lebih jauh di kelistrikan mobil anda. Silahkan melakukan pengecheckan secara gratis di bengkel mobil kepercayaan anda. Dokter Mobil dapat dihubungi di salah satu alamat dan kontak berikut ini:

KELAPA GADING CIBUBUR
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17 Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No 6
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429 Jl. Alternatif Km 4
Phone / WA – Aurell : 087880884576 ☏ 085817653292
SERPONG BEKASI
RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya, Pondok Kelapa
blok Orange no.5, Gading Serpong (Dekat Pintu Tol Keluar Becakayu)
Phone/WA : 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887

Pastikan anda tetap nyaman berkendara. Jangan sampai penyebab klakson grand livina mati ini dibiarkan dan merembet merusak komponen lainnya di mobil anda.

Tags: ,

About Author