Posted by sukses besar Uncategorized

Penyebab Extra Fan atau Kipas Radiator Avanza Mati

Extra fan atau kipas radiator memiliki peran yang penting dalam system pendingin mesin mobil. Extra fan atau kipas radiator ini membatu radiator dalam mendinginkan mesin. Namun ada kalanya extra fan ini mengalami masalah dan tentu saja juga dapat menimbulkan masalah pada bagian air radiator. Akibatnya air radiator tidak bisa berjalan maksimal sehingga mobil bisa saja mengalami overheating. Overheating berkepanjangan bisa menyebabkan komponen mobil banyak yang rusak. Penyebab extra fan Avanza mati ada bermacam-macam dan perlu untuk diketahui.

  1. Masalah pada bagian drive belt

    Masalah yang mungkin sering terjadi adalah putusnya drive belt. Khususnya pada kipas tipe konvensional, drive belt merupakan mesin penggeraknya. Drive belt yang putus ini disebabkan oleh adanya tetesan oli pada bagian permukaan belt. Permukaan belt yang bersifat kering ini bisa menjadi slip ketika ketumpahan oli mesin atau pelumas. Tetesan pelumas ini bisa menyebabkan panas sehingga drive belt bisa habis tergerus. Jika drive belt putus, maka system pendingin juga akan terganggu bahkan tidak bekerja.
    Cara mengatasinya :
    Pastikan drive belt sellu dalam kondisi baik. Pastikan tidak ada pelumas maupun oli yang menetes pada bagian drive belt. Untuk Anda khususnya pengguna kipas konvensional, maka wajib hukumnya untuk sering mngecek bagian drive belt ini. Apabila kondiri drive belt sudah sangat buruk, maka harus diganti dengan yang baru.

  2. Sekring Kipas Putus

    Sekring pada fungsinya adalah untuk mengamankan rangkaian elektrik. Namun apabila terjadi hal yang tidak beres pada rangkaian listrik, maka sekring akan otomatis mati sebagai langkah pengamanan. Jika sekring pada sambungn kipas yang mati, maka ini bisa menjadi penyebab extra fan Avanza mati.
    Cara mengatasinya :
    Untuk masalah matinya extra fan karena sekring yang putus, jangan tergesa-gesa mengganti sekring dengan yang baru. Sekring terputus karena terjadi masalah, sehingga perlu dilakukan pengecekan terhadap sambungan extra fan. Jika terburu-buru mengganti sekring dengan sekring berkemampuan sama, maka bisa jadi sekring akan kembali terputus. Maka lakukan pengecekan apakah ada bagian yang terbakar atau klebihan daya.Baca juga : Artikel ini

  3. Kabel Kipas Putus

    Diantara banyak penyebab matinya extra fan, bisa jadi sebagian karena faktor dari luar seperti kabl kipas yang putus. Kabel yang putus ini bisa disebabkan oleh banyak hal salah satunya karena gigitan tikus. Maka pengemudi perlu berhati-hati dalam memarkir mobil agar tidak dengan mudah mesin mobil pada bagian extra fan dimasuki hewan sperti tikus yang bisa menggerogoti kabel. Jika kabel extra fan putus, maka secara otomatis fan tidak dapat menyala.
    Cara mengatasinya :
    Jika kabel extra fan putus, maka Anda hanya perlu menyambungnya saja dengan  solasi atau selotip dengan hati-hati. Dan selanjutnya lakukan antisipiasi agar tidak ada tikus yang masuk ke dalam mesin extra fan.

  4. Masalah pada bagian resistor

    Penyebab extra fan Avanza mati berikutnya  yang bisa terjadi adalah putusnya bagian resistor di dalam kipas. Resistor di dalam kipas sangat berperan penting pada nyala kipas. Ada beberapa bagian resistor di dalam extra fan, dan apabila salah satu resistor saja bermasalah maka bisa menyebabkan masalah seperti nyala kipas atau extra fan. Masalah pada resistor ini menyebabkan nyala kipas menjadi tidak stabil atau kurang terkontrol.
    Cara mengatasinya :
    Untuk mengatasi masalah extra fan yang mati karena resistor, Anda perlu mengecek pada bagain resistor. Pastikan apakah benar ada masalah pada salah satu atau beberapa resistor pada kipas. Anda bisa meminta bantuan kepada mekanik untuk dilakukan  perbaikan atau penggantian bagian resistor yang rusak. Namun apabila kerusakan tampak parah, lebih baik dilakukan penggantian satu unit kipas pendingin agar masalah tidak muncul-muncul terus yang justru dapat membuang waktu dan uang lebih banyak untuk perbaikannya.

Mengetahui penyebab extra fan Avanza mati bisa menambah pengetahuan pengemudi akan kondisi extra fan dan cara memperbaikinya. Selain itu, pengemudi juga bisa melakukan pencegahan agar masalah ini tidak terjadi. Pencegahan dan perawatan mobil secara keseluruhan yang baik dapat membuat mobil tetap berjalan dengan prima dan stabil. Seperti perawatan pada bagian extra fan, bisa membuat komponen mobil terjaga dan tidak mengalami overheating.

 

Baca juga : Penyebab Ac mobil Avanza panas

Tags: ,

About Author