Posted by sukses besar Uncategorized

Ketauhilah Apa Penyebab Mobil Avanza Ngempos

Memiliki mobil berarti bukan hanya mengemudikannya saja, namun merawat mobil agar tetap berjalan dengan prima dan optimal. Masalah pada mobil memang ada banyak dan perlu penanganan khusus pada setiap masalah yang tentunya juga berbeda-beda. Beberapa pengemudi kadang ada yang mengeluhkan masalah gas yang ngempos atau kurang bertenaga. Tiap mobil bisa mengalami hal ini, tidak terkecuali pada mobil Avanza. Penyebab Avanza ngempos ini ada bermacam-macam dan berikut kita sajikan ulasan untuk mengatasinya.

  1. Mobil Mengalami Overheating

    Salah satu penyebab gas ngempos pada mobil, bisa disebabkan oleh over heating pada mesin. Over heating bisa terjadi karena sistem pendingan yang tidak berjalan sebagai mana mestinya. Jika mesin sudah over heating maka kemungkinan berbagai komponen bisa memuai sehingga juga tidak berjalan dengan maksimal. Bagian yang paling sering memuai adalah piston dan silinder. Gesekan piston dan dinding silinder yang lebih besar dan berat membuat kerja mesin juga semakin berat. Kerja berat membuat tenaga mobil juga menurun. Akhirnya gas mobil akan ngempos atau kekurangan tenaga.
    Cara mengatasinya :
    Agar hal ini tidak terjadi, maka pastikan mesin pendingin tidak mengalami masalah sehingga mesin tidak mengalami overheating atau panas berlebihan. Mesin pendingin pada mobil bisa menjadi tidak berfungsi secara optimal ketika ada komponen yang rusak atau kotor. Jika masalah dikarenakan ada bagian yang kotor, maka membersihkan bagian yang kotor secara rutin bisa menjadi solusi. Jika ada bagian yang rusak, maka ganti dengan komponen yang baru.

  2. Kerusakan Pada Bagian Filter Udara

    Kerusakan pada sistem pendingin bisa membuat mobil mengalami overheating hingga berujung pada penyebab avanza ngempos atau gas nya menjadi kurang bertenaga. Masalah pada bagian pendingin mobil paling sering dikarenakan filter udara yang kotor. Filter udara menjadi tempat penyaring udara sehingga sangat mudah tersumbat oleh debu, kotoran, dan lain-lain. Pada kerjanya, sumbatan ini dapat mengganggu aliran udara sehingga kerja sistem pendingin tidak bisa berfungsi dengan baik. Mobil akan menjadi overheating dan power gas bisa menurun.
    Cara mengatasinya :
    Untuk mengatasi mesin pendingin yang tidak berjalan dengan maksimal sehingga menyebabkan gas mobil yang ngempos karena kekurangan tenaga, dapat diatasi dengan cara rajin membersihkan bagian filter udara. Anda bisa membersihkan filter udara sendiri dengan berbagai alat bantu yang sudah disediakan atau menyerahkannya pada mekanik bengkel yang lebih berpengalaman.

  3. Masalah Pada Sistem Pengapian

    Gas yang ngempos bisa disebabkan oleh sistem pengapian yang tidak berjalan dengan baik atau sedang bermasalah. Tenaga dari mobil salah satunya berasal dari sistem pengapian yang sempurna. Apabila sistem pengapian ada yang bermasalah, maka jalan mobil menjadi tidak sempurna. Kekuatan mobil bisa menurun hingga mogok total.
    Cara mengatasinya :
    Agar masalah gas ngempos pada mobil ini tidak terjadi, maka yang perlu dilakukan salah satunya dengan merawat dan mengecek secara teratur pada sistem pembakaran di mobil. Ada banyak komponen yang berkaitan dengan sistem pembakaran pada mobil. Pastikan busi dan yang lainnya berjalan dengan baik dan lakukan penggantian apabila ada komponen yang perlu diganti.

  4. Busi Yang Kotor

    Busi menjadi salah satu komponen yang penting dalam proses pembakaran mobil. Sistem pembakaran yang tidak sempurna bisa menjadi penyebab Avanza ngempos. Salah satu penyebab masalah pada sistem pembakaran adalah karena ada amsalah pada bagian busi. Busi memiliki peran yang penting dalam tahap akhir proses pembakaran mesin. Jika busi kotor dan tersumbat maka kerjanya akan terganggu.
    Cara mengatasinya :
    Untuk mengatasi masalah pada busi yang kotor sehingga membuat pembakaran tidak maksimal adalah dengan rajin membersihkan dan mengecek kondisi busi mobil. Busi bisa saja kotor dan berkerak, sehingga bisa menyebabkan mesin bekerja menjadi lebih berat dan memberi pengaruh pada gas yang menjadi lemah atau ngempos tidak bertenaga.

Itulah beberapa penyebab Avanza ngempos yang bisa terjadi pada mobil yang digunakan setiap hari. Kunci utama dari masalah ini adalah dengan rutin melakukan pengecekan. Pengecekan pada bagian-bagian yang berkaitan dengan sistem pembakaran dan tenaga mobil bisa menjadi solusi dan pencegahan yang baik. Semakin dini masalah diatasi, maka masalah akan semakin mudah untuk diselesaikan.

Baca juga : Penyebab Mobil Avanza Overheat

Tags:

About Author