Posted by sukses besar Uncategorized

Apa Yang Menjadi Penyebab Avanza Ngelitik ?

Permasalahan mobil ngelitik memang kerap terjadi. Mobil ngelitik sendiri adalah kondisi dimana mobil mengeluarkan suara seperti klitik-klitik. Ngelitik atau yang biasa disebut dengan mengelitik dan knocking ini juga dapat terjadi pada mobil Avanza. Penyebab Avanza ngelitik ini bisa karena beberapa hal. Mengetahui penyebab dari mesin yang ngelitik ini cukup penting agar kita bisa mengantisipasi dan mengatasi saat hal ini terjadi.

Berikut ulasannya tentang apa yang menjadi penyebab Avanza ngelitik:

  1. Busi Melemah
    Masalah ngelitik bisa disebabkan oleh busi yang sudah melemah. Busi yang melemah dapat mempengaruhi mesin mobil. Ini karena busi yang sudah lemah hanya menghasilkan api yang cenderung kecil. Api yang kecil ini membuat pembakaran yang tidak sempurna. Bensin yang telah disemprot oleh injektor tidak terbakar dengan sempurna sehingga terdapat sisa uap bensin yang terbakar kembali.
  2. Perbandingan Tidak Merata
    Penyebab Avanza Ngelitik selanjutnya adalah perbandingan yang tidak merata antara bahan bakar dan udara. Perbandingan yang tidak merata di dalam combustion chamber ini dapat membuat suara klitik-klitik karena pencampuran antara bensin dan udara tidak merata.
  3. Ignition Timing Tidak Standar
    Untuk penyebab selanjutnya, bisa karena ignition timing yang di setting tidak standar. Ignition timing harusnya di setting sesuai standar agar waktu antara piston dan percikan busi menjadi sinkron. Suara klitik-klitik pada mobil bisa terjadi apabila pengemudia sengaja mengubah Ignition timing. Hal ini menyebabkan piston yang berkompresi dan percikan busi menjadi tidak sinkron. Saat combustion chamber meletup diluar waktunya, maka akan terjadi tekanan yang tidak pada waktunya juga.
  4. Overheat Mesin
    Kurangnya kontrol pada mobil, pengemudi kadang tidak menyadari jika telah terjadi overheating pada mesin. Temperatur mesin yang menjadi panas ini juga bisa menyebabkan suara kelitik pada mesin. Kebanyakan hal ini bisa terjadi apabila panas mesin berada diatas rata-rata.
  5. Salah Pemilihan Bahan Bakar
    Bahan bakar yang berbeda memiliki kadar oktan yang berbeda pula. Salah dalam memilih bahan bakar untuk mobil bisa menyebabkan ngelitik juga. Penyebab Avanza Ngelitik yang satu ini memang bisa jadi yang paling sering dilakukan karena sebagian besar pengemudi asal memilih bahan bakar, namun ternyata tidak sesuai dengan spesifikasi mesin mobil. Kadar oktan yang di bawah standar dari pabrikan bisa membuat bensin lebih sukar terbakar secara sempurna dan menyeluruh. Jika tidak terbakar secara menyeluruh, akhirnya akan menyisakan banyak residu.

Baca juga : Penyebab mobil Avanza ndut-ndutan saat berjalan

Sebagai pengemudi tidak bisa menganggap remeh masalah ngelitik, karena apabila dibiarkan, hal ini bisa menyebabkan masalah lain seperti pecahnya piston, bengkok pada connecting rod, aus pada metal duduk dan jalan, hingga bengkok pada crank shaft.

Untuk pencegahan dan solusi perlu dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut:
  1. Dalam hal ini, penting bagi pengemudi untuk selalu mengecek kondisi busi mobil. Pastikan busi mobil selalu dalam kondisi baik. Pemantauan, pengawasan dan pengecekan perlu dilakukan agar pengemudi tahu kapan waktunya dilakukan penggantian busi, sehingga tidak sampai terjadi masalah ngelitik.
  2. Selalu pastikan ignition timing berjalan sesuai dengan standar. Jika tidak ahli atau kurang standar, lebih baik tidak merubah ignition timing sendiri atau secara asal-asalan. Merubah tanpa setting yang pas dapat mempengaruhi waktu antara piston dan percikan busi.
  3. Selalu jaga kondisi mobil dalam keadaan standar dan tidak overheating. Mobil yang mengalami overheating atau mesin terlampau panas bisa menyebabkan masalah mobil ngelitik. Jika terjadi overheating maka segera dinginkan mesin anda. Panas tidaknya mesin juga tergantung pada pemilihan oli, pastikan Anda juga memilih oli yang sesuai dengan sepsifikasi mobil Anda.
  4. Pilihlah bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Apabila bahan bakar tidak sesuai, maka pembakaran tidak akan sempurna dan dapat menyisakan residu. Residu yang tersisa inilah yang nantinya dapat memunculkan permasalahan seperti suara ngelitik atau knocking pada mobil.

Dengan mengetahui penyebab Avanza Ngelitik dan solusi penanganannya ini, diharapkan pengemudi akan lebih berhati-hati dan tidak sembrono dalam menjalankan mobil, men-setting, hingga dalam memilih bahan bakar. Lakukan perawatan sebaik mungkin sebelum masalah nglitik muncul.

 

Tags: ,

About Author