fbpx
 
Posted by sukses besar Uncategorized

Penyebab Mobil Avanza Ngebul dan Solusinya

Ada beberapa masalah pada mobil yang kerap terjadi dan menimbulkan masalah. Salah satu masalah itu adalah masalah mobil yang ngebul atau berasap. Bukan hanya menggganggu dan menjadikan polusi udara, namun juga bisa menjadi suatu pertanda bahwa mobil mengalami masalah yang lebih serius pada komponennya. Untuk itu, mengetahui penyebab Avanza ngebul sangat baik untuk diketahui agar pengemudi bisa melakukan antisipasi dan melakukan tindakan untuk mengetasi masalah agar tidak semakin menjadi parah.

  1. Mobil Kelebihan Bahan Bakar

    Jangan salah, bahan bakar yang berlebihan yang dimaksudkan ini adalah bahan bakar yang masuk ke bagian silinder terlalu berlebihan. Bahan bakar yang terlalu berlebihan tersebut akhirnya tidak dapat dibakar dengan sempurna. Hasilnya mobil akan ngebul dan bahan bakar akan terasa lebih cepat habis. Biasanya asap yang dihasilkan dari kelebihan bahan bakar ini adalah asap berwarna hitam.
    Cara mengatasinya :
    Untuk mengetasi hal ini pastikan bahan bakar tidak mengalir secara berlebihan pada bagian silinder. Pastikan juga alat-alat atau komponen yang berkaitan dengan sistem pembakaran sellau dalam kondisi yang prima dan sempurna. Lakukan check-up engine secara rutin dan teratur untuk mencegah timbulnya masalah seperti ini.

  2. Masalah Pada Bagian Karburator

    Penyebab Avanza ngebul selanjutnya adalah pada karburator mobil. Masalah atau gangguan pada karburator ini biasanya disebabkan oleh setting karburator yang tidak sempurna. Karburator bermasalah bisa menyebabkan mobil mengeluarkan asap berwarna hitam. Asap hitam juga bisa keluar dikarenakan pompa bensin yang rusak, sensor bahan bakar yang tidak benar. Hal ini menyebabkan ECU menyuplai bahan bakar lebih banyak.
    Cara mengatasinya :
    Selalu pastikan karburator, Pompa bahan bakar dan sensor bahan bakar selalu dalam kondisi yang prima dan benar. Lakukan pengecekan secara rutin agar jika terjadi masalah dapat terdeteksi lebih cepat dan segera diatasi. Jika diketahui ada salah satu atau beberapa komponen tersebut rusak, maka melakukan penggantian komponen juga menjadi cara yang baik.

  3. Air Coolant Terbakar

    Selain kepulan asap hitam, asap putih tebal yang ngebul dari mobil juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa mobil dalam keadaan tidak baik pada beberapa komponenya. Yang paling sering adalah karena air coolant yang terbakar di dalam mesin. Air coolant sendiri memiliki fungsi dalam menjaga temperatur agar temperatur mesin tetap terjaga dan stabil. Namun dalam beberapa kasus bisa saja cairan ini masuk ke mesin sehingga bisa merusak bagian packing head. Masuknya air coolant ke dalam mesin ini juga bisa menyebabkan keretakan pada bagian mesin. Air coolant yang ikut terbakar bisa menyebabkan asap putih.
    Cara mengatasinya :
    Agar air coolant tidak sampai menetes pada mesin, sangat penting bagi pengemudi untuk selalu melakukan pengecekan pada bagian air coolant agar tidak sampai merembes pada bagian mesin. Jika sudah terjadi maka segera lakukan perbaikan pada komponen yang mengalami kerusakan. Jika sudah parah, maka penggantian komponen dengan yang baru sangat dianjurkan.

  4. Oli Yang Masuk Pada Ruang Bakar

    Masalah yang menjadi penyebab Avanza ngebul lainnya adalah karena adanya oli yang menetes pada bagian dalam ruang bakar. Hasil dari terbakarnya oli ini bisa membuat asap berwarna biru yang keluar dari dalam knalpot mobil. Hal ini cukup mengganggu dan perlu segera diatasi agar tidak menimbulkan masalah yang lebih serius.
    Cara Mengatasinya :
    Oli yang menetes di dalam ruang bakar ini biasanya terjadi karena ada kerusakan pada beberapa komponen yang berkaitan dengan oli dan ruang bahan bakar. Paling sering hal ini terjadi pada mobil yang usianya sudah diatas 5 tahun. Selain itu, hal ini juga kerap terjadi pada mobil yang sering digunakan untuk jarak jauh atau jarak tempuh tinggi. Untuk itu, selalu lakukan pengecekan atau tune-up secara rutin dan teratur.

  5. Kerusakan Pada Bagian Seal, Gasket, dan O-ring

    Kepulan asap dari dalam knalpot mobil bisa terjadi karena oli yang masuk ke ruang silinder. Selain karena masa pakai dan jarak tempuh mobil yang sudah tinggi, hal ini juga bisa terjadi karena rusaknya beberapa komponen seperti bagian seal, gasket dan o-ring. Komponen-komponen tersebut memiliki fungsi untuk mencegah oli masuk ke bagain mesin atau silinder. Oli yang masuk bisa membuat busi basah sehingga akan mengganggu proses pembakaran. Pembakaran yang tidak sempurna bisa menyebabkan asap biru mengepul.
    Cara mengatasinya :
    Lakukan pengecekan secara teratur pada mobil, termasuk pada komponen gasket, seal, o-ring dan busi. Bila kerusakan sudah sangat parah, maka lakukanlah penggantian komponen yang diperlukan.

Mengetahui penyebab Avanza ngebul bisa membuat pengemudi lebih berhati-hati dalam merawat setiap komponen yang ada pada mobil.

Baca juga : Penyebab Mobil Avanza Ngempos

Tags:

About Author