Posted by sukses besar Uncategorized

Penyebab Avanza Ndut Ndutan Saat Melaju Dijalan

Masalah yang terjadi pada mobil saat pengemudi sedang berada di jalanan memang sangat tidak menyenangkan. Berbagai permasalahan pada mobil ada macam-macam mulai dari mogok hingga mobil yang nyendat-nyendat atau baisa disebut dengan ndut-ndutan. Permasalahan ini bisa menimpa berbagai macam mobil, salah satunya Avanza. Penyebab Avanza ndut-ndutan ini juga bermacam-macam. Mengetahui penyebab mobil ndut-ndutan bisa membantu kita dalam hal pencegahan dan solusi untuk mengatasinya.

Berikut ulasannya tentang penyebab Avanza ndut ndutan saat melaju dijalan:

  1. Sistem Pengapian Terganggu
    Sistem pengapian pada mobil menjadi salah satu bagian yang penting. Sistem pengapian ini berperan penting karena apabila sistem pengapian terganggu atau bermasalah bisa mengganggu perjalanan. Bagian atau komponen mobil yang termasuk dalam sistem pengapian adalah coil, cdi, delco, busi, dan semua bagian yang terhubung dengan bagian sistem pengapian itu.
  2. Terjadi Masalah Pada Sistem Bahan Bakar
    Masalah pada sistem bahan bakar juga bisa menyebabkan mobil menjadi nyendat-nyendat. Masalah bisa terjadi pada saluran bahan bakar. Saluran bahan bakar ini mengalirkan bahan bakar untuk proses pembakaran. Yang termasuk dalam saluran sistem bahan bakar ini adalah pompa bensin dan saringan bensin.
  3. Masalah Pada Sistem Saluran Udara
    Penyebab Avanza ndut-ndutan berikutnya adalah amsalah pada sistem saluran udara. Yang termasuk dalam sistem saluran udara ini adalah throttle body dan juga saringan udara. Meski kerap disepelekan, namun masalah pada sistem saluran udara ini juga bisa membuat mobil nyendat-nyendat. Masalah pada saluran udara membuat tidak sempurnanya pencampuran antara udara dan bahan bakar.

Baca juga : Penyebab mobil Avanza pincang saat berjalan

Permasalahan mobil nyendat-nyendat atau ndut-ndutan ini tidak hanya membuat kenyamanan dalam berkendara terganggu, namun jika dibiarkan permasalahan ini dapat merusak komponen yang lainnya.

Berikut adalah cara mengatasi dan pencegahan mobil yang ndut-ndutan:
  1. Melakukan Pemeriksaan Pada Sistem Pengapian
    Sistem pengapian sangat berperan dalam masalah nyendat-nyendat pada mobil. Untuk itu, pengecekan pada sistem pengapian ini sangat penting. Pengecekan harus dilakukan secara teliti dan seksama untuk memastikan dan mengetahui bagian mana saja yang perlu dilakukan perbaikan atau perawatan. Jika diperlukan, beberapa alat juga bisa diganti dengan yang baru.
  2. Merawat dan Mengecek Sistem Saluran Bahan Bakar
    Meski terlihat sepele, saluran bahan bakar juga harus diperhatikan secara rutin. Bagian dari saluran bahan bakar ini adalah pompa bensin dan juga saringan bensin. Pastikan keduanya selalu dalam kondisi yang baik agar tidak menimbulkan masalah.
  3. Jaga Saringan Udara
    Saringan udara dan throttle body yang tidak terawat dan bermasalah bisa membuat pencampuran antara udara dan bahan bakar tidak sempurna. Untuk itu selalu jaga dua komonen tersebut agar tetap rima dan bekerja dengan baik. Jika mengalami gangguan, mobil bisa mengalami gejala mberebet hingga bisa semakin parah dan nyendat-nyendat.
  4. Tune Up Kendaraan Secara Teratur
    Memang tidak semua masalah pada mobil bisa kita selesaikan sendiri. Untuk itu, sangat baik apabila Anda sering melakukan tune up kendaraan secara rutin dan teratur. Dengan rutin melakukan tune up kendaraan maka pengemudi dapat mengetahui jika ada permasalahan pada bagian-bagian yang berhubungan dengan pengapian mobil.

Itulah beberapa penyebab Avanza ndut-ndutan yang bisa diantisipasi dan di cegah. Masalah mobil ndut-ndutan ini biasa terjadi saat di jalan menanjak. Meski demikian, harus tetap tidak boleh disepelekan karena bila dibiarkan bisa merusak komponen yang lain. Pemilihan bahan bakar juga mempengaruhi, untuk itu selalu gunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin mobil.

Tags: , ,

About Author