Posted by sukses besar Uncategorized

Ketahuilah Penyebab Avanza Mogok

Penggunaan mobil dalam jangka panjang tanpa perawatan yang rutin dan sesuai bisa membuat mobil mogok. Tak terjecuali pada mobil Avanza. Perawatan tidak teratur memang menjadi penyebab Acanza mogok, namun selain itu ada beberapa hal lainnya yang juga dapat mempengaruhi kerja mobil. Berikut akan kita ulas tentang penyebab mobil mogok dan cara mengatasinya.

  1. Ada Masalah Dengan Karburator

Untuk mobil yang masih menggunakan karburator, karburator menjadi satu diantara komponen penting dalam mesin mobil. Masalah dengan karburator ini disebabkan oleh sedikitnya bahan bakar yang masuk. Karena bahan bakar yang masuk ini sedikit, maka proses pembakaran tidak bisa berjalan dengan sempurna. Hal inilah yang menyebabkan mesin sulit hidup saat di starter. Hal lain yang berkaitan dengan karburator adalah kondisi klep yang sudah kotor. Klep yang menutup jalan ini membuat bahan bakar menjadi sulit untuk menuju ke karburator.

Cara Mengatasinya :

Untuk memastikan apakah benar-benar ada masalah dengan karburator mobil, yang perlu dilakukan pengemudi adalah melakukan pengecekan saat mobil mogok. Caranya, ambil slang karburator dan masukkan ke dalam botol air. Setelah slang dimasukkan, cobalah nyalakan mobil. Apabila mesin dalam di starter dan menyala, berarti karburator dalam kondisi baik-baik saja dan apa penyebab yang lainnya.

  1. Kondisi Arus Listrik Aki Lemah

Bagian yang sering dianggap remeh dan dilupakan adalah Aki. Penyebab Avanza mogok yang kedua adalah kondisi aki yang sudah tidak baik. Padahal, aki merupakan komponen penting pada mobil yang memberikan kekuatan atau tenaga pada mobil. Untuk itu lakukan pengecekan secara rutin, agar aki anda selalu dalam kondisi yang baik dan prima.

Cara mengatasinya :

Apabila mobil mogok dikarenakan aki, segera lakukan pengecekan pada bagian kabel yang terhubung dengan aki. Karena apabila terjadi masalah dengan kabel atau kabel tidak tersambung maka aki juga tidak dapat bekerja. Selanjutkan lakukan pengecekan pada air aki. Jika air aki sudah kering maka segeralah isi air aki kembali.

  1. Switcher Starter Mengalami Aus

Switcher starter bisa menjadi salah satu bagian yang jarang dieperhatikan. Ini karena switcher starter hanya digunakan untuk menghidupkan dan menyalakan mesin mobil saja. Namun, bila switcher starter ini juga bisa mengalami masalah yang tentunya dapat membuat mobil mogok. Masalah tersebut dapat terjadi karena bagian plus dan minus starter mengalami aus. Kondisi yang aus ini membuat sambungan listrik tidak terhubung dengan baik saat mesin dinyalakan. Plus minus juga bisa renggang karena guncangan yang terjadi saat mobil berjalan.

Cara mengatasinya :

Saat mobil mogok terjadi karena switcher starter aus, sementara dapat diatasi dengan menggunakan bantuan alat sederhana seperti peniti. Bagian plus dan minus bisa disambungkan dengan menggunakan peniti ataupun kawat. Pastikan memilih peniti atau kawat yang cukup tajam. Setelah memungkinkan, segera pergi ke bengkel dan ganti switcher starter dengan yang baru.

Baca juga : Penyebab mobil Avanza tidak bisa distarter

4. Penurunan Arus Listrik Ke Bagian Terminal

Penyebab Avanza mogok yang satu ini biasa terjadi pada mobil yang sudah cukup lama. Mobil yang sudah cukup lama atau lebih dari lima tahun baisanya mengalami masalah pada tegangan arus listrik. Tegangan arus listrik yang menurun pada bagian koil ini membuat proses pembakaran menjadi tidak sempurna. Pembakaran yang tidak sempurna inilah yang dapat menyebabkan mobil mogok.

Cara mengatasinya :

Untuk memastikan apakah mobil mogok karena penurunan arus listrik ke bagian terminal, kita bisa mengeceknya. Cek pada bagian kabel distributor kemudian tempelkan pada bagian body mobil sambil di starter. Jika muncul atau terjadi percikan api, maka arus listrik masih ada.

5. Kehabisan Bahan Bakar

Terlalu asik berkendara atau mungkin untuk perjalanan jarak jauh, kehabisan bahan bakar bisa saja terjadi. Kadang pengemudi bisa saja lupa atau tidak memperkirakan antara jarak tempuh dan medan yang dilalui. Tentu saja, medan dan jarak tempuh perjalanan juga sangat mempengaruhi kebutuhan akan bahan bakar. Untuk mengantisipasi hal ini pastikan selalu mengecek ketersediaan bahan bakar termasuk memperkirakan jarak tempuh perjalanan.

Itulah beberapa ulasan mengenai penyebab Avanza mogok. Pastikan selalu melakukan pengecekan dan pencegahan ya, agar tidak mogok di tengah jalan.

Tags: ,

About Author