fbpx
 
Posted by sukses besar Uncategorized

Penyebab Mobil Avanza Goyang dan Solusi Mengatasinya

Ada beberapa hal yang membuat mobil menjadi terasa tidak nyaman saat dikendalikan. Salah satu masalah yang bisa dialami oleh mobil Avanza adalah masalah goyang pada mobil. Goyang pada mobil kadang memang disepelekan, namun jika dibiarkan bisa saja ikut merusak beberapa komponen mobil. Kemungkinan pertama komponen mobil bisa kendor, hingga bisa menyebabkan kecelakaan.

Berikut beberapa faktor penyebab Avanza goyang yang perlu dan penting untuk diketahui agar kita bisa lebih wasapada dan bisa melakukan perawatan untuk mengantisipasi terjadinya masalah.

  1. Terjadi Masalah Pada Mesin Mobil

    Proses pembakaran yang tidak sempurna bisa menyebabkan mesin menjadi bermasalah. Hal ini bisa terjadi karena tidak seimbangnya kombinasi antara bahan bakar dan udara. Selain itu, tekanan bahan bakar yang kurang di dalam ruang bahan bakar juga bisa menimbulkan masalah. Masalah pada bahan bakar ini bisa membuat mesin bergetar. Hal ini bisa terjadi pada mobil dengan merk dan jenis apapun. Bahkan juga bisa terjadi pada mobil yang baru sekalipun. Jika mengalami hal ini maka mobil akan terasa limbung saat dikemudikan. Selain karena masalah pada pembakaran yang kurang sempurna, masalah pada mesin juga bisa disebabkan oleh kondisi EM yang sudah cukup tua. EM juga akan mengeluarkan tenaga yang berlebihan saat terjadi akselerasi secara tiba-tiba.

    Cara mengatasi :

    Untuk mengatasi masalah Avanza yang goyang karena masalah pada mesin, maka pengemudi bisa mengecek pada bagian busi dan aki. Busi dan aki memiliki peran yang besar pada proses pembakaran bahan bakar. Pastikan juga bahwa tidak ada percikan api pada busi dan juga aki. Sementara untuk mempertahankan agar kondisi komponen tidak cepat rusak dan tetap terawat adalah dengan mengemudikan mobil secara baik dan tidak sembrono. Rutin melakukan pengecekan dan perawatan juga sangat bagus.

  2. Kondisi Ban Yang Sudah Tidak Mulus

    Yang paling mudah dilihat dari penyebab Avanza goyang yang paling sering adalah karena kondisi ban mobil yang sudah tidak mulus lagi. Masalah biasanya juag disebabkan oleh ban mobil yang benjol. Karena kondisi inilah akhirnya mobil tidak berjalan dengan sempurna terutama saat dalam kecepatan tinggi. Benjolan pada ban mobil ini biasanya disebabkan oleh hantaman yang terjadi ketika ban mobil menghantam benda yang keras.

    Cara mengatasinya :

    Apabila kondisi ban mobil emang sudah tidak layak dan tidak standar lagi, maka solusi yang paling baik adalah dengan mengganti ban mobil lama dengan yang baru. Selain itu, upaya pencegahan juga bsia dilakukan dengan cara merawat ban mobil. Kondisi ban mobil bisa dipertahankan dengan acra mengemudikan mobil dengan benar. Rutin melakukan balancing dan menjaga tekanan mobil juga bisa menjadi cara yang bagus.

  3. Masalah Pada Bagian Rem

    Rem juga menjadi salah satu penyebab mobil bergoyang. Usia menjadi salah satu penyebab rem mengalami masalah seperti perubahan bentuk yang menyebabkan mobil mengalami guncangan saat dilakukan pengereman. Jika dibiarkan, hal ini bisa menyebabkan guncangan pada mobil semakin keras dan bisa menimbulkan masalah-masalah pada komponen yang lainnya.

    Cara mengatasinya :

    Masalah pada rem bisa dilakukan dengan cara mengganti kampas rem yang sudah lama. Pada pemilihan kampas rem ini, pilihlah kampas yang tidak keras. Pilihlah kampas rem yang memiliki tekstur lunak. Penggunaan kampas rem yang keras bisa merusak bagian piringan cakram.

  4. Roda Yang Tidak Seimbang

    Kondisi lain yang menjadi penyebab Avanza goyang adalah kondisi roda yang tidak seimbang. Ketika mobil bergoyang-goyang saat dikemudikan, biasanya masalah terjadi pada bagian roda mobil. Salah satu roda bisa menjadi tidak seimbang karena kelebihan berat beban. Jika sudah tidak seimbang, maka laju mobil jadi bisa bergoyang-goyang.

    Cara mengatasinya :

    Jika Anda menemukan masalah mobil yang bergoyang karena roda yang tidak seimbang, maka solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti bantalan roda. Bantalan roda mobil biasanya bisa cepat rusak dikarenakan medan yang buruk. Medan yang buruk membuat bantalan cepat menjadi aus. Solusi lain sebegai pencegahan adalah dengan sering mengecek rotasi roda. Pertahankan agar roda tidak keluar dari rotasi. Jika kondisi roda sudah saat parah, maka penggantian roda juga bisa menjadi solusi yang paling baik.

Masalah mobil bergoyang tidak bisa disepelekan begitu saja, karena bisa menyebabkan banyak komponen yang rusak. Mengetahui penyebab Avanza goyang bisa membuat kita lebih wasapada dan melakukan pencegahan.

Baca juga : Penyebab Gas Mobil Avanza Naik Turun

Tags:

About Author