Posted by sukses besar Uncategorized

Ternyata inilah Penyebab Avanza Boros

Avanza menjadi salah satu mobil favorit khususnya bagi keluaraga di Indonesia. Kapasitas penumpang yang cukup banyak dengan mesin yang stabil menjadikan mobil Avanza menjadi pilihan banyak keluarga. Namun, kesalahan-kesalahan yang terlihat sepele ternyata bisa menyebabkan mobil Avanza ini menjadi boros. Ada beberapa penyebab Avanza boros yang perlu kita ketahui agar mesin juga lebih awet dan tentunya untuk lebih menghemat bahan bakar.

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang menjadikan Avanza anda boros bahan bakar:

  1. Kurangnya Tekanan Angin Pada Ban
    Salah satu hal yang kadang sering tidak kita perhatikan adalah kondisi Ban. Terkadang pengemudia bahkan kurang peka apabila tekanan udara di dalam ban tidak begitu sempurna. Kondisi ban yang cenderung lebih kempes dari ukuran normal bisa menyebabkan mobil menjadi lebih boros. Terkesan tidak begitu berpengaruh, namun ternyata kondisi ban yang kempes ini menyebabkan mesin harus bekerja lebih keras untuk membuat mobil tetap berjalan, sehingga juga dibutuhkan bahan bakar yang lebih banyak.
  2. Menggunakan Bahan Bakar Yang Salah
    Penyebab Avanza boros yang berikutnya adalah penggunaan bahan bakar yang salah atau tidak sesuai. Ada kalanya pengguna mobil memilih bahan bakar yang lebih murah agar lebih hemat, namun ternyata menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil dapat mempengaruhi mesin mobil. Dalam penggunaan jangka panjang, hal ini dapat membuat mobil menjadi boros bahan bakar.
  3. Penggunaan AC yang tidak teratur
    Menggunakan AC secara tepat di saat yang tepat dapat mencegah mobil menjadi boros dalam bahan bakar. Penggunakan AC secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama dapat memepengaruhi penggunaan bahan bakar juga.
  4. Beban Yang Terlalu Banyak atau Berat
    Setiap mobil di desain dengan kemampuan kapasitas daya angkut yang berbeda-beda. Termasuk pada mobil Avanza. Jika kita membawa penumpang ataupun barang bawaan yang terlalu banyak maka ini juga dapat menyebabkan mobil menjadi boros. Ini terjadi karena mobil harus mengerahkan lebih banyak tenaga untuk tetap bisa menjalankan mobil dengan lancar. Tentu saja, dalam hal ini mobil juga membutuhkan bahan bakar yang lebih.
  5. Putaran Mesin Yang Tidak Teratur
    Putaran mesin yang tidak teratur ternyata juga dapat menjadi penyebab Avanza boros. Untuk yang satu ini sangat berkaitan dengan kemampuan mengemudi seseorang. Melakukan putaran mesin yang tidak teratur seperti melakukan pengereman secara mendadak dapat membuat mesin bekerja secara tidak teratur. Aktivitas ini mengureas lebih banyak bahan bakar.

Baca juga : Penyebab mobil Avanza mogok

Dalam penggunaan jangka panjang, tentu saja pemborosan dalam bahan bakar minyak ini bisa menjadi hal yang sangat merugikan. Jika sudah terjadi keborosan, maka hal itu dapat diatasi dengan berbagai cara.

Dibawah ini adalah cara yang dapat di terapkan untuk mengatasi pemborosan pada kendaraan:
  1. Selalu Periksa Tekanan Udara Pada Ban Mobil
    Penting untuk selalu rutin dalam hal pengecekan tekanan udara di dalam ban mobil, untuk memastikan bahwa ban dalam kondisi prima. Apabila ban dalam kondisi kekurangan udara, hal ini membuat mobil bekerja lebih keras dan membutuhkan lebih banyak bahan bakar minyak.
  2. Memilih Bahan Bakar Sesuai Dengan Jenis Mobil
    Tidak perlu tergiur oleh bahan bakar yang lebih murah. Lebih baik gunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai akan memepngaruhi mesin dan justru membuat mesin mobil jadi lebih boros bahan bakar.
  3. Sesekali Gunakan AC Alami
    Agar AC tidak digunakan secara berlebihan dalam kurun waktu yang lama, sesekali ada baiknya menggunakan AC alami dengan cara membuka jendela mobil.
  4. Pantau Kapasitas Angkut Mobil
    Penting untuk memperhatikan daya angkut mobil anda. Pastikan mobil tidak mengangkat penumpang atau beban berlebihan karena dapat membuat mesin mobil bekerja lebih keras dan berujung pada penggunaan bahan bakar yang lebih banyak juga.
  5. Lakukan Putaran Mesin Yang Teratur
    Cara mengemudikan mobil juga berpengaruh terhadap kondisi mesin. Menyetir dengan putaran mesin teratur dapat emmbuat mobil tetap berjalan dengan stabil sehingga tidak membuat mobil menjadi boros.

Itulah beberapa Penyebab Avanza boros dan cara mengatasinya. Lebih baik lakukan perawatan mobil sebaik dan sedini mungkin agar mesin tetap prima dan tidak boros untuk penggunaan jangka panjang.

Tags: , ,

About Author