Posted by sukses besar Uncategorized

Penyebab Aki Mobil Avanza Tekor

Di saat-saat sedang sibuk atau saat berada jauh dari rumah masalah pada Aki bisa menjadi sesuatu hal yang cukup mengganggu dan menyulitkan. Aki yang berkaitan erat dengan urusan setrum ini menjadi nyawa dari beberapa komponen untuk menghidupkan mobil. Saat terjadi masalah dengan aki, bisa saja mobil tidak bisa distarter. Penyebab Aki Avanza tekor tentunya juga disebabkan oleh perawatan yang kurang maksimal. Agar Aki tidak sampai tekor sehingga menyebabkan masalah pada mobil, berikut kita berikan ulasan, solusi dan pencegahannya.

  1. Air Aki Habis atau Di Bawah Level Minimum

    Elektrolit aki memiliki peran yang penting sebagai bagian yang melakukan reaksi sehingga aki dapat bekerja dengan normal dan baik. Agar reaksi pada aki dapat berjalan dengan baik maka pada setiap aki selalu ada standar tersendiri untuk ukuran atau takaran air aki. Ini yang harus dicermati oleh setiap pengguna mobil. Pengguna mobil harus memperhatikan agar air aki selalu berada diatas batas atau level minimum. Karena bila air aki habis maka aki tidak dapat bekerja.

  2. Klem atau Penjepit Aki Mengalami Kotor Atau Berkerak.

    Penyebab aki Avanza tekor berikutnya adalah masalah pada klem. Plat aki atau plat baterai menjadi komponen yang penting pada bagian aki sebagai bagian dari proses reaksi. Plat aki berjumlah dua dan memiliki kutub yang berbeda. Satu positive dan satunya negative. Plat aki negative terbuat dari bahan timah hitam, lead dan juga timbal. Untuk plat positive terbuat dari lead dioksida. Klem atau penjepit aki pada bagian plat aki ini bisa kotor dan juga berkerak. Jika ini terjadi maka listrik tidak akan bisa berjalan dengan maksimal. Selain kotor dan berkerak, masalah juga bisa timbul ketika klem atau penjepit aki kendor atau tidak dipasang dengan kencang.

  3. Menyalakan Lampu Terlalu Lama Saat Mesin Mati

    Kebiasaan menyalakan bagian mobil tertentu dalam waktu yang cukup lama saat mesin mati juga bisa menjadi penyebab aki tekor. Saat mesin mati, otomatis segala aktivitas yang berhubungan dengan kelistrikan akan menggunakan energy dari aki. Kebiasaan menyalakan lampukabin, lampu kabut, lampu dashboard dan lampu utama pada saat mesin mati bisa menyebabkan aki tekor.

  4. Memutar Video atau Audio Terlalu Lama Saat Mesin Mati

    Kabiasaan lain yang juga bisa membuat aki mobil cepat tekor adalah menggunakan fitur entertainment pada mobil disaat mesin mobil tidak menyala.  Baik audio maupun video yang diputar semua menggunakan kekuatan aki saat mesin mati dan untuk pemutaran jangka panjang, ini menyedot cukup banyak daya dari aki.

  5. Terlalu Banyak Aksesoris Yang di Pasang

    Aksesoris memang bisa menunjang kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna sesuai dengan kebutuhannya. Namun memasang aksesoris terlalu banyak tentu membutuhkan tenaga atau menyedot setrum lebih banyak juga.

Baca juga : Penyebab Ac mobil Avanza bau

Untuk menjaga agar aki tetap bekerja secara prima, maka perlu dilakukan pencegahan dan solusi untuk mengatasinya sebagai berikut :

  1. Rutin Mengecek Air Aki

    Air aki sebagai bagian yang penting dalam sebuah reaksi harus terus dicek. Jangan sampai air aki sampai berada di bawah level terendah. Sebelum air aki mencapai bagian level terendah segera isi aki. Isi aki dengan air aki yang sesuai dengan spesifikasi aki. Lakukan pengisian dengan cara yang benar.

  1. Cek Komponen Aki

    Bagi orang awam, mengecek komponen aki bisa menjadi hal yang cukup rumit, mengingat aki terdiri dari berbagai macam komponen di dalamnya. Saat aki mengalami tekor, bisa jadi masalah ada pada bagian dalam seperti bagian klem atau penjepit aki dan juga plat aki atau plat baterai. Jika masalah ini terjadi anda bisa menyerahkan kepada mekanik, atau apabila kerusakan sudah parah, Anda bisa mengganti aki anda dengan yang baru.

  1. Menggunakan Fitur Mobil Seperlunya

    Beberapa macam fitur di dalam mobil atau aksesoris tambahan seperti audio, video dan lampu tambahan menyedot cukup banyak setrum dari aki. Lebih baik gunakan fitur tersebut seperlunya saja dan tidak berlebihan. Juga jangan memainkan fitur tersebut dalam jangka waktub yang terlalu lama. Penyebab Aki Avanza tekor juga bisa dari penggunaan aksesoris secara berlebihan, jadi gunakan aksesoris seperlunya saja.

Selain karena beberapa penyebab di atas, Penyebab Aki Avanza tekor juga bisa dikarenakan mobil yang jarang dipakai. Mobil yang jarang dipakai, secara otomatis akinya tidak terisi sehingga aki tidak brjalan dengan baik.

Tags: , ,

About Author