Posted by sukses besar AC

Penyebab Air Radiator Mobil Avanza Cepat Habis

Air radiator memiliki peran yang penting pada sebuah mobil. Air radiator berfungsi sebagai pendingin mesin mobil. Air radiator terletak di bagian depan mobil dan ini difungsikan agar bagian radiator terkena angin saat digunakan berkendara. Hal ini semakin menunjang performa radiator. Namun, seperti komponen mobil yang lainnya, air radiator ini juga bisa mengalami masalah seperti air radiator yang cepat sekali habis padahal baru saja di isi, sehingga proses pendinginan pada mesin mobil tidak dapat berjalan dengan prima. Tentu hal ini berpengaruh terhadap kinerja mesin dan apabila tidak segera diatasi bisa merusak komponen mesin yang lain. Berikut kita bahas mengenai penyebab air radiator Avanza cepat habis.

  1. Masalah pada tutup air radiator

    Jika bicara mengenai masalah air radiator yang cepat habis, maka masalah yang biasa sering terjadi adalah pada bagian tutup air radiator. Daya tutup air radiator yang mulai melemah membuat air radiator mengalir lebih cepat ke bagian tabung air cadangan. Hal ini bisa terjadi karena adanya kerusakan pada bagian karet di tutup radiator.
    Cara mengatasinya :
    Untuk masalah air radiator yang disebabkan oleh melemahnya daya tutup radiator, maka kerusakan paling besar karena karet di bagian tutup radiator. Untuk mengatasinya Anda perlu mengganti karet tutup radiator dengan yang baru.

  2. Water Pump mengalami kebocoran

    Penyebab air radiator Avanza cepat habis selanjutnya adalah water pump yang mengalami kebocoran. Sesuai fungsinya air radiator bertugas memompa air atau pengatur sirkulasi air pada mesin mobil. Masalah pada water pump ini mengakibatkan volum air menjadi tidak teratur sehingga bisa mengakibatkan kebocoran yang cukup deras. Alhasil jika terus dibiarkan, mesin pendingin tidak dapat bekerja dan mobil bisa mengalami overheating.
    Cara mengatasinya :
    Water pump pada air radiator bisa mengalami masalah ketika usia water pump sudah cukup lama. Water pump yang sudah cukup lama biasanya sudah cukup lama terkena rendaman air. Hal ini mengakibatkan water pump mengalami keropos dan juga berkarat. Hal ini dapat dicegah dengan cara menguras air air radiator secara teratur agar karat tidak mengendap. Gunakan juga air yang berkualitas, dan apabila kerusakan sudah sangat parah menggantinya dengan yang baru adalah keputusan yang baik

  3. Bocor pada bagian sirip radiator

    Kebocoran pada sirip radiator juga bisa menyebabkan air radiator cepat menjadi habis. Sedikit sulit untuk mengetahui apakah masalah terjadi pada bagian sirip karena biasanya tanda-tandanya sudah mongering hingga menguap sebelum menetes.
    Cara mengatasinya :
    Untuk mencegah agar tidak terjadi masalah pada bagian sirip air radiator, maka rutinlah memeriksa bagian sirip air radiator ini. Dan apabila sudah terjadi masalah, maka lebih baik membawanya ke mekanik yang lebih berpengalaman untuk mengatasinya.

  4. Putaran Kipas Yang Melemah

    Melemahnya putaran pada kipas juga berakibat pada cepat habisnya air radiator. Ada beberapa sebab yang menjadikan putaran kipas melemah. Yang pertama bisa karena carbon brush yang habis, Magnet pada cooling fan bergeser atau terlepas, juga bisa disebabkan oleh terlepasnya sambungan pada skun dan kaki relay terlalu kecil (untuk motor kipas yang menggunakan relay tambahan). Hal ini menyebabkan kabel menjadi mudah panas. Sementara untuk kipas yang menggunakan visco fan radiator, masalah bisa terjadi ketika cairan di dalam kopling kipas terbuang ke bagian luar.
    Cara mengatasinya :
    Untuk penyebab air radiator Avanza cepat habis karena masalah pada putaran kipas, cara mengatasinya adalah mencari sumber permasalahan dan kemudian dilakukan perbaikan atau jika perlu dilakukan penggantian. Perbaikan bisa dilakukan pada magnet yang bergeser, mengganti carbon brush yang habis, hingga mengecek pada bagian sambungan skun dan mengecek cairan pada kopling kipas.

  5. Selang Air Radiator Kurang rapat

    Meski terlihat sepele, jangan sesekali meremehkan masalah apda selang air radiator. Selang air radiator yang tidak terpasang dengan rapat bisa mengakibatkan air radiator cepat menjadi habis. Air radiator akan mudah keluar melalui celah antara selang dengan bagian radiator.
    Cara mengatasinya :
    Untuk mengatasi masalah ini Anda hanya perlu merapatkan sambungan selang air radiator sehingga air radiator tidak bocor dan keluar dengan boros. Mengecek sambungan air radiator ini harus dilakukan secara rutin agar performa air radiator tetap terjaga.

Itulah beberapa penyebab air radiator Avanza cepat habis yang sering dijumpai. Selalu perhatikan kondisi air radiator mobil Anda, agar mobil tidak mengalami overheating sehingga mesin menjadi sangat panas dan mobil tidak berjalan dengan prima.

Baca juga : Inilah yang menyebabkan Ac mobil menjadi bau serta langkah-langkah untuk mengatasinya

Tags:

About Author