Posted by Dokter Mobil AC, Masalah AC Mobil Tidak Dingin, Service AC Mobil, Tips merawat ac mobil

Penyebab AC Mobil Nissan Grand Livina Kurang atau Tidak Dingin

Ketika AC mobil Livina tidak dingin maka kenyamanan berkendara anda bisa terganggu. Oleh sebab itu, perbaikan perlu segera dilakukan..

AC mobil yang kurang dingin atau bahkan tidak dingin sama sekali, menjadi penyebab utama kita tidak merasa nyaman saat ada di dalam mobil. Sebagai orang awam yang tidak terlalu mengerti dunia otomotif, kita juga perlu tahu apa saja penyebab AC mobil tidak dingin.

Penyebab AC Mobil Livina Tidak Dingin Seperti Biasanya

Untuk Anda yang memiliki mobil Grand Livina atau mobil merek lainnya, wajib simak penyebab dan tips mengatasi AC mobil yang tidak dingin. Berikut ini beberapa penyebab AC mobil tidak dingin.

1. Magnetic Clutch (magnit, pulley, dan center piece)

Apabila magnet clutch tidak berfungsi, maka mengakibatkan sistem AC tidak berjalan atau panas. Hal ini bisa terjadi karena magnet clutch yang rusak/terbakar/lemah. Pulley pada magnetic clutch berfungsi memyalurkan tekanan dari center piece agar mendorong gas freon ke sistem AC, sesaat setelah mesin diaktifkan.
Bila pullet dan center piece aus, menyebabkan tekanan dorongan ke kompresor untuk memompa freon jadi tidak maksimal. Hal ini mengakibatkan AC jadi kurang atau tidak dingin, selain itu juga dapat menimbulkan suara bising ketika perangkat diaktifkan.

2. Fuse/Sekring dan Relay

Jika sekring putus, menyebabkan arus listrik tidak akan mengalir ke kompresor. Freon tidak akan bersirkulasi dan AC menjadi tidak dingin.

3. Seal atau O ring

Komponen ini bentuknya mirip karet gelang atau huruf O. Berfungsi untuk merekatkan sambungan antar bagian AC agar tekanan udara tidak bocor. Penggantian seal ini harus diprioritaskan, karena kondisi seal yang mudah robek dan rusak akibat faktor usia. Sebaiknya seal diganti apabila sambungan nepel sudah dibuka.

4. Kipas Kondensor/Extra Fan

Berfungsi mengalitkan udara agar kondensor mampu mendinginkan freon yang panas. Pada beberapa kasus mobil, contohnya Nissan Grand Livina. Kipas ini menyatu dengan kipas pendingin mesin. Masalah yang sering kali terjadi yaitu putaran kipas melemah atau mati total.

5. Filter Dryer

Komponen ini berfungsi untuk menyerap kotoran dan uap air yang terbawa bersirkulasi dengan freon. Jika ini tersumbat, menyebabkan AC tidak dingin. Sebaiknya komponen ini diganti 1 tahun sekali bersamaan dengan service. Karena jika mengganti komponen ini, freon harus terbuang.

6. Katup Ekspansi

Berperan untuk mengubah wujud freon yang semula panas menjadi dingin, lalu masuk ke evaporator. Katup ini dilengkapi dengan pegas katup, thermal, dan diafragma. Katup ditekan oleh pegas agar selalu menutup, sedangkan bola thermal berusaha mendorong katup agar membuka. Apabila peranti ini kotor atau tersumbat, maka freon tidak tersembur maksimal. Efeknya menyebabkan AC tidak dingin.

7. Oli Kompresor Berkurang atau Habis

Meski terlihat sepele, tapi kita perlu memperhatikan jangan sampai oli kompresor berkurang apalagi sampai habis. Jika sampai terjadi, akibatnya kinerja kompresor terganggu dan hawa dinginAC tidak mengalir.

8. Freon Kurang atau Habis

Sebenarnya, freon tidak akan pernah berkurang atau habis jika tidak ada kebocoran, karena cara kerja freon hanya bersirkulasi saja. Jika AC mobil tidak dingin dan terdeteksi freon habis, sebaiknya periksa terlebih dahulu letak kebocorannya, setelah itu baru diisi freon lagi.

Solusi Mengatasi AC Mobil Livina yang Sudah Tidak Dingin

Untuk mengatasi beberapa masalah di atas, ikutilah tips berikut ini agar AC kembali dingin dan dapat bekerja normal.

1. Pasang filter AC di bagian kabin di area blower
2. Periksa bagian filter kabin mobil
3. Bersihkan filter kabin dengan baik untuk mengatasi masalah evaporator yang tersumbat
4. Jika hal tersebut belum berhasil, dan AC masih tidak dingin. Segera lah bawa ke tempat service, agar segera diperbaiki.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan perihal penyebab dan solusi mengatasi AC mobil Livina tidak dingin ataupun yang mengalami kurang dingin. Semoga artikel ini bermanfaat menyelesaikan masalah anda.

Tags:

About Author