Posted by Dokter Mobil AC, Masalah AC Mobil Kurang Dingin, Tips merawat ac mobil

Penyebab AC Mobil Kurang Dingin dan Cara Memperbaikinya

Jangan langsung isi freon ketika AC mobil kurang dingin saat dinyalakan. Bisa jadi solusinya cukup dengan cuci evaporator. Namun tentunya anda tetap perlu untuk mencari tahu faktor lain yang menyebabkan munculnya masalah ini.

Ada beberapa hal yang perlu anda cari tahu, yaitu:

  1. Faktor apa yang menyebabkan AC mobil anda menjadi kurang dingin
  2. Solusi apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini
  3. Bagaimana mencegah kembalinya masalah ini.

Dengan mengetahui ketiga hal tersebut, anda akan memiliki mobil yang jauh lebih nyaman dan enak untuk dikendarai. Namun tentunya, perawatan secara berkala juga tetap perlu untuk dilakukan.

Faktor Penyebab AC Mobil Jadi Kurang Dingin

Ada beberapa hal yang kerap menjadi sumber masalah ini. Dan semua sumber masalah tersebut bisa diatasi selama anda cepat menanganinya.

Adapun beberapa penyebab tersebut antara lain adalah:

  • Kekurangan Freon AC Mobil
    Kebocoran menjadi penyebab berkurangnya jumlah freon AC mobil. Freon yang jumlahnya berkurang akan lebih sulit dalam mendinginkan udara yang ada di kondensor AC mobil.Oleh sebab itu, jumlah freon di AC mobil sangatlah penting untuk memastikan AC mobil tetap dingin maksimal.
  • Evaporator AC Mobil yang Kotor
    Evaporator yang kotor akan menyebabkan udara dingin tidak mampu melewati evaporator. Akibatnya, hanya sedikit (atau bahkan tidak ada sama sekali) udara dingin yang berhasil lolos dari evaporator.Kotornya evaporator ini bisa disebabkan oleh banyak sebab, di antaranya karena faktor umur evaporator, kebiasaan buruk merokok di dalam mobil, sering makan minum di dalam mobil, dan sering membuka jendela mobil.
  • Kelistrikan Mobil yang Tidak Stabil
    Akibat dari hal ini, AC mobil tidak mampu menyala dengan maksimal. Putaran freon menjadi lebih pelan, dan menyebabkan pengolahan freon menjadi kurang. Akibatnya, AC mobil menjadi kurang atau bahkan tidak dingin.Ketidak stabilan aliran listrik ini bisa disebabkan aki mobil yang soak, masalah di kabel-kabel, dan terlalu banyak menggunakan peralatan elektronik.
  • Frosting
    Frosting atau membekunya cairan freon dapat menyebabkan aliran freon menjadi terhambat. Akibatnya, cairan yang masuk ke kondensor akan lebih sedikit. Hal tersebut menyebabkan freon yang menuju kondensor jumlahnya tidak sesuai harapan. Akibatnya, AC mobil akan jauh dari kata dingin.Frosting ini dapat terjadi karena suhu sekitar yang memang sedang sangat dingin. Namun masalah pada kualitas freon juga dapat jadi sumber masalah.

Itulah beberapa penyebab AC mobil anda jadi kurang dingin. Setiap penyebab tersebut harus dihindari atau diatasi dengan sebaik mungkin. Lantas bagaimana mengatasinya?

Solusi Memperbaiki AC Mobil Kurang Dingin dengan Mudah

Ada beberapa solusi yang paling baik untuk anda lakukan. Solusi tersebut antara lain adalah dengan melakukan flushing AC mobil, cuci AC mobil, dan penggantian part.

Flushing AC Mobil
Merupakan cara terbaik untuk mengatasi masalah AC mobil yang kurang dingin ini. Dengan flushing, kompresor akan bersih kembali seperti baru. Freon AC mobil akan terisi oleh freon yang lebih dingin dan berkualitas.

Dokter Mobil menyediakan flushing AC mobil yang menjamin 100% mampu mengatasi kasus AC mobil di mana udara yang dihembuskannya terasa kurang dingin.

Cuci AC Mobil
Anda dapat melakukan cuci AC mobil di Dokter Mobil. Cuci AC ini meliputi pencucian di evaporator, dashboard, dan komponen lainnya pada mobil anda.

Pastikan anda mencuci AC mobil di bengkel yang berkompeten untuk melakukan pembongkaran dashboard dan komponen mobil lainnya. Hal ini agar tidak menimbulkan masalah seperti AC mobil berisik, ataupun bau terbakar.

Penggantian Part
Bisa anda lakukan setelah pengecheckan total pada AC mobil sudah dilakukan. Pastikan part memang sudah sepantasnya diganti.

Adapun kriteria part harus diganti adalah:

  • Usia barangnya sudah lebih dari 5 tahun
  • Sudah berulang kali bermasalah
  • Tidak lagi bisa diperbaiki
  • 100 persen akan rusak kembali dalam waktu dekat
  • Part penggantiannya tersedia

Dan pastikan anda melakukan survey harga terlebih dahulu. Karena harga mahal belum tentu berkualitas. Dan harga murah belum tentu kompatibel dengan mobil anda.

Itulah beberapa informasi mengenai AC mobil kurang dingin yang dapat kami berikan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Tags:

About Author