Posted by sukses besar Uncategorized

Beberapa Penyebab AC Mobil Grand Livina Berbunyi

Tentu saja Anda tidak menyukai suara bising di dalam mobil Anda, kan? Suara bising yang berasal dari AC sangat lah mengganggu kenyamanan Anda saat berkendara. Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk mencari penyebab AC mobil bunyi berisik bising dan mengetahui cara menanganinya. Namun ada hal lain yang tak kalah penting.

hal itu adalah cara mencegah masalah tersebut muncul kembali. Untuk mencegah masalah itu muncul kembali, beberapa hal yang bisa Anda lakukan antara lain adalah:

  • Rajin melakukan perawatan berkala pada AC mobil
  • Tidak makan dan minum di dalam mobil
  • Tidak merokok di dalam mobil
  • Tidak terlalu sering menggunakan AC mobil pada suhu terdingin

Selain itu, Anda juga diharapkan secara rutin untuk mengecek dan mengganti beberapa spare part AC mobil.

Berikut beberapa penyebab dari AC yang mengeluarkan bunyi berisik. Khususnya pada mobil Grand Livina :

1.    Suara gesekan benda logam

Suara gesekan benda logam ini bisa saja terjadi karena oli kompresor yang kurang, piston dalam kompresor aus, atau longgarnya bearing. Selama jangka waktu tertentu tidak ada efek samping. Tetapi lambat laun dapat memgakibatkan AC tidak dingin saat mobil berjalan pada RPM rendah.

2.    Hilangnya kompresi pada kompresor

Fungsi dasar kompresor adalah menghisap refigrerant (freon) dan memompanya menuju kondensor AC dengan tekanan yang lebih tinggi. Saat kompresi berkurang, gejalanya adalah AC kurang dingin saat melaju pada RPM rendah, lalu berubah menjadi dingin saat melaju lebih kencang.

3.    Magnetic Clutch bermasalah

Komponen ini lah yang menyambungkan putaran mesin dengan kompresor. Jika kinerjanya sudah lemah, efeknya sama, embusan udara dari AC akan lebih dingin saat mobil dipacu pada kecepatan tinggi. Oleh karena itu jika magnetic clutch mengalami masalah, harus segera ditangani.

4.    Kebocoran saluran AC

Ini dia yang membuat refrigerant cepat habis. Oli pada kompresor pun akan dikeluarkan sedikit demi sedikit sampai habis. Ini yang membuat gesekan pada piston dalam kompresor serta bola-bola di dalamnya makin kencang dan menimbulkan bunyi.

Baca juga : Apa yang menjadi penyebab Ac mobil keluar hawa panas ?

Solusi untuk mengatasi dari Ac mobil yang berbunyi :

1.    Memflushing AC

Proses flushing ini menggunakan mesin flushing yang sangat membantu proses service AC mobil bau, AC mobil tidak dingin, dan AC mobil berisik.

2.    Mencuci AC Mobil

Mencuci AC mobil merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan, dengan mencuci AC benda-benda asing di dalam komponen AC dapat ditemukan dan disingkirkan ,sehingga tidak lagi membuat berisik di dalam AC mobil Anda. Proses cuci AC ini perlu dilakukan secara hati-hati baik saat membongkar dashboard, maupun saat membasahi beberapa sudut AC mobil.

3.    Memeriksa kualitas bearing dan magnetic cluth

Jika pemasangannya longgar atau tidak pas, tentu harus dikencangkan. Apabila bearing dan magnetic clutch nya sudah tidak berfungsi normal, tentu sebaiknya diganti dengan yang baru.

4.    Memperbaiki atau mengganti Spare Part AC yang Rusak

Komponen AC sering kali mengalami masalah seperti :
– patah,
– macet, 
– berdecit.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengecek sumber suara berisik pada AC mobil Anda.
Jika sumber suara ditemukan, langkah selanjutnya adalah menentukan spare part apa yang menjadi masalah.
Jika sumber masalah telah ditemukan, Anda dapat menentukan sendiri memperbaiki spare part tersebut, atau mengganti dengan yang baru.

Tags:

About Author