Posted by sukses besar Masalah AC Mobil Tidak Dingin

Penyebab AC Mobil Avanza Tiba Tiba Tidak Dingin

Kondisi AC mobil yang tidak stabil bisa mengurangi kenyamanan saat berkendara. Di saat tertentu AC menyala dengan sempurna, di suatu saat tiba-tiba saja AC mati. Parahnya lagi, ketika AC mati pengemudi tidak tahu apa yang harus dilakukan. Mengetahui penyebab AC Avanza tiba-tiba tidak dingin menjadi hal yang penting agar pengemudi bisa melakukan pencegahan, perawatan dan memberikan solusi saat masalah ini terjadi. Berikut kita ulas dahulu mengenai penyebabnya.

  1. Freon AC Berkurang atau Bocor
    AC mobil yang tiba-tiba menjadi tidak dingin paling sering disebabkan oleh Freon yang berkurang hingga bocor. Lalu bagaimana Freon AC bisa bocor dan berkurang? Hal ini terjadi bisa karena selang Freon mengalami kebocoran atau kebocoran terjadi pada kompresor AC mobil. Jika salah satu dari komponen tersebut bocor, maka Freon pun akan cepat habis dan berkurang.
  2. Terjadi Masalah Pada Kompresor AC
    Kompresor AC memiliki peran yang penting dalam kerja AC. Komponen kompresor AC ini sendiri terdiri dari Kipas fan, magnetic belt, dan komponen-komponen kecil lainnya. Ketika ada salah satu komponen yang bermasalah, maka ini bisa menjadi penyebab AC Avanza tiba-tiba tidak dingin karena kompresor AC tidak berjalan dengan benar dan sempurna. Penyebab dari bermasalahnya Kompresor ini bisa disebabkan oleh faktor usia komponen kompresor AC. Selain itu juga bisa terjadi korosi, hingga menumpuknya kotoran yang menempel pada komponen AC mobil. Selain masalah tersebut, juga terdapat beberapa masalah yang bsia terjadi pada komponen Kompresor HP.
  3. Masalah Pada Kelistrikan Pada AC Mobil
    Selain pada AC dan kompresor AC, masalah pada AC mobil yang tidak dingin juga bisa disebabkan oleh masalah pada kelistrikan AC Mobil. Ac dan komponennya dapat menyala atau bekerja dengan baik apabila supply listrik dalam keadaan prima. Jika terjadi masalah pada listrik, maka kekuatan atau daya dari AC sendiri juga akan menurun. Hal ini yang menyebabkan ac kadang mati.
  4. AC Mobil Sudah Kotor
    Masalah pada AC yang tidak sempurna juga bisa disebabkan oleh AC Mobil yang sudah kotor. Debu-debu dan kotoran di dalam mobil akan masuk ke dalam evaporator. Saat evaporator sudah kotor, maka hembusan angin yang keluar tidak maksimal hingga bisa sampai tersumbat. Jika sudah begitu, maka AC tidak dingin lagi.

Baca juga : Penyebab mobil Avanza tersendat-sendat saat berjalan

Untuk membuat AC selalu bekerja secara maksimal diperlukan perawatan yang tepat. Berikut perawatan yang bisa dilakukan agar AC berjalan stabil.

  1. Memeriksa, Merawat dan Memperbaiki Kompresor AC
    Mengingat kompresor merupakan slah satu bagian yang penting dari AC, maka pengemudi harus rajin merawat kompresor. Pengemudi secara rutin mengecek komponen-komponen pada kompresor AC seperti kipas fan dan megnetic belt. Bahkan pada kasus kompresor yang rusak bisa mnegakibatkan freon lebih cepat habis atau bocor.
  2. Periksa Bagian Kelistrikan Secara teratur
    Nyala AC di dalam mobil juga diperngaruhi oleh listrik. Listrik pada mobil apabila sedang tidak stabil bisa menyebabkan nyala AC menjadi tidak stabil, kadang dingin dan kadang tidak dingin bahkan mati. Untuk masalah kelistrikan ini, ada baiknya Anda mengecek pada bagian aki yang mensuplai listrik pada AC. Bila terjadi masalah pada aki, lebih baik aki diganti dengan yang baru. Selain aki, perlu juga mengecek pada bagian radiator mobil. Mengingat fungsi listrik juga digunakan pada seluruh bagian mobil, maka periksa dengan seksama secara teratur.
  3. Memeriksa Evaporator AC
    Masalah yang menjadi penyebab AC Avanza tiba-tiba tidak dingin bisa jadi karena  evaporator yang sudah kotor. Evaporator berpengaruh juga terhadap hembusan angin pada AC, sehingga Evaporator yang kotor dan tersumbat bisa menyebabkan hembusan angin tidak bisa berjalan dengan lancar atau bahkan bisa mati total. Selain itu kotoran yang memyumbat bagian evaporator juga bsia menyebabkan bau tidak sedap pada kabin mobil. Salah satu tanda Evaporator AC yang koto adalah udara yang dihembuskan membuat penumpang merasa pusing. Selain penumpang bisa merasa pusing, penumpang bisa mengganggu pernapasan bahkan bisa menyebabkan kanker paru-paru.

Itulah beberapa penyebab AC Avanza tiba-tiba tidak dingin yang bisa kita antisipasi dan cegah agar kerusakan tidak semakin melebar.

Tags: ,

About Author