Posted by sukses besar AC

Penyebab AC Mobil Avanza Panas

Selain mobil dengan mesin yang prima, kenyamanan di dalam mobil juga harus ditunjang dengan AC yang menyala dengan sempurna. AC atau air conditioner memberikan peran penting untuk sirkulasi udara di dalam mobil. Namun AC bisa saja mengalami masalah. Pada mobil Avanza dan hampir sama seperti di mobil yang lain, AC bisa saja mati atau panas. Mengetahui penyebab AC Avanza panas akan menggiring kita untuk melakukan perawatan agar AC tidak sampai rusak.

  1. Freon Yang Sudah Habis atau Bocor
    Ketika mengalami masalah AC yang tidak panas, pengemudi sering disarankan untuk mengisi ulang Freon yang habis. Nah, selain mengisi ulang Freon pengemudi harus mengecek bagian-bagian atau komponen pada AC. Bisa saja Freon mengalami kebocoran. Kebocoran Freon ini sendiri disebabkan oleh retak, korosi, dan pecah pada beberapa komponen AC seperti kondensor, kompresor, dan pipa expansi. Selain itu kebocoran pada Freon juga bisa terjadi karena oenyambungan AC yang kurang benar atau tidak pas.
  2. Masalah Pada Magnetic Clutch
    Penyebab AC Avanza panas selanjutnya adalah masalah pada bagian kompresor AC. Kompresor AC yang tidak berjalan sebagaimana mestinya juga bisa menyebabkan AC Avanza tidak dingin maksimal. Kompresor AC dapat berjalan dengan maksimal apabila di dukungoleh komponen-komponen yang berjalan dengan baik juga. Beberapa komponen yang berpengaruh pada jalannya kompresor AC adalah magnetic clutch. Magnetic clutch yang sering menerima panas, pemasangan yang longgar, dan juga usia magnet yang sudah tua bisa membuat magnetic clutch kehilangan daya magnetnya. Hal ini membuat kerja kompresor AC jadi tidak maksimal.
  3. Drive Belt / Fan Belt Putus
    Selain magnetic clutch, bagian yang juga mendukung kerja kompresor AC adalah Fan Belt. Apabila Fan Belt putus, maka kompresor AC tidak dapat bekerja. Ketika Fan Belt putus, maka putaran mesin tidak akan sampai pada kompresor AC. Dengan demikian, kompresor AC pun tidak dapat berputar secara maksimal dan bahkan tidak mampu memberikan kekuatan pada Freon. Dampaknya, AC bisa menjadi panas, tidak dingin, bahkan mati.

Baca juga : Penyebab aki mobil Avanza tekor

Langkah atau cara yang bisa dilakukan agar AC tetap bisa berjalan dengan maksimal.

  1. Rutin Mengecek Komponen AC
    Mengecek komponen AC merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Mengingat kebocoran pada Freon disebabkan oleh rusaknya beberapa komponen, maka beberapa bagian komponen seperti kompresor, kondensor dan juga pipa expansi penting untuk dilakukan.
  2. Cuci AC Mobil Anda
    AC mobil yang kotor bisa menjadi salah satu penyebab AC Avanza panas. AC mobil yang kotor biasanya terdapat kotoran yang menutupi atau menyumbat pada bagian blower AC. Kotoran ini dapat menyerap hawa dingin dari blower. Penting bagi pengemudi untuk membersihkan AC secara rutin karena kotoran yang menyumbat pada Ac juga bisa memberikan dampak lain seperti korosi. Selain itu kotorang yang menumpuk juga bisa membuat kipas Fan AC terganjal sehingga tidak bisa berjalan dengan normal.
  3. Evaporator Harus Rutin Di Cuci
    Ketika ada masalah dengan AC mobil, maka evaporator sebagai penyaring udara juga harus diperhatikan. Evaporator yang kotor dan tersumbat oleh kotoran bisa menghambat hembusan angin yang keluar. Selain itu, evaporator yang kotor juga bisa menyebabkan bau yang tidak enak di dalam mobil karena sumbatan kotoran. Selain menyebabkan AC tidak dingin, bau ini juga tidak baik untuk sirkulasi udara di dalam mobil.
  4. Melakukan Flushing AC
    Flushing AC adalah proses penydotan kotoran pada saluran AC dan Kompresor AC. Proses Flushing ini dapat menyedot kotoran, debu, oli kompresor AC, dan juga Freon AC hingga habis. Dengan begini kondisi kompresor dan saluran AC akan bersih kembali. Setelah bersih, maka Freon dapat di isi dengan yang baru serta oli kompresor juga diisi dengan yang baru. Freon maupun oli kompresor harus diberikan sesuai dengan takaran dan kualitas yang baik sesuai dengan spesifikasi.

Itulah beberapa penyebab AC Avanza panas secara umum yang bisa kita ketahui. Dengan begini kita bisa lebih cermat dan teliti dalam merawat komponen-komponen AC sehingga AC tetap menyala dingin sempurna.

Tags: ,

About Author