Posted by sukses besar Service AC Mobil

Apakah anda tahu apa yang menjadi penyebab AC mobil Avanza mati ?

Mengendarai mobil dengan AC yang menyala dengan baik tentu membuat perjalanan terasa sangat nyaman bahkan untuk perjalanan jarak jauh sekalipun. Namun tidak bisa dipungkiri, masalah pada AC mobil bisa saja terjadi, dan jika hal ini sudah terjadi tentu akan sangat mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Suasana di dalam mobil terasa panas karena sirkulasi udara serta sistem pendingin mobil (AC) tidak bekerja secara maksimal.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab AC mobil Avanza mati, berikut ulasannya:

  1. Sekring AC Putus

    AC dapat berjalan karena adanya listrik yang mengalir. Listrik dari sekring ini yang akan memberikan tenaga pada AC agar dapat menyala dengan lancar dan sempurna. Apabila sekring putus, maka AC tidak mendapatkan tenaga untuk dapat memancarkan angin. Sementara sekring bisa putus dikarenakan terjadi konlseting.

  2. Terjadi Masalah Pada Relay AC

    AC sendiri terdiri dari beberapa komponen yang saling mendukung. Penyebab AC Avanza mati bisa disebabkan oleh matinya relay AC. Relay AC ini juga berperan terhadap nyala AC. Jika replay AC rusak maka AC sama sekali tidak akan dapat menyala samasekali. Untuk itu kondisi relay juga perlu di cek.

  3. V Belt Yang Putus

    Ada sebab lain yang bisa membuat AC mati atau tidak berjalan dengan normal. Salah satunya karena V Belt yang putus. Fungsi V belt di sini adalah untuk menghubungkan antara kompresor dengan pemutar mesin. Mesin tidak dapat diputar karena V Belt yang rusak bisa menyebabkan AC mobil tidak dapat berjalan dengan baik. AC yang tidak berjalan dengan baik bisa membuat udara menjadi pengap dan panas.

  4. Terjadi Masalah Pada Motor Cooling

    Selain masalah karena AC itu sendiri, masalah juga bisa terjadi pada bagian motor cooling. Motor cooling ataun pendingin ini juga berfungsi sebagai pendingin AC. Apabila motor cooling mati atau tidak bekerja dengan baik, maka komponen-komponen mobil akan mengalami overheating termasuk AC. AC yang mengalami motor heating juga bisa mengalami masalah dan rusak.

  5. Kompresor AC Mati

    Kompresor Ac merupakan salah satu bagian yang paling penting pada sistem kerja AC. Kompresor yang melambat saja bisa membuat kerja AC terganggu. Apalagi apabila kompresor mati total. Kompresor AC yang rusak ini bisa disebabkan oleh habisnya oli, hingga filter dan freon yang rusak.

  6. Evaporator Dalam Kondisi Yang Tidak Baik

    Dalam bagian AC juga terdapat komponen yang disebut dengan evaporator. Evaporator ini berfungsi sebagai penyaring udara. Evaporator yang tidak dirawat dengan baik bisa kotor. Jika evaporator kotor, maka evaporator tidak dapat menyaring udara dengan baik. Kotornya evaporator bisa jadi karena sumbatan oleh debu dan kotoran yang menumpuk.

Baca juga : Ketauhilah apa yang menjadi penyebab mobil Avanza kurang bertenaga

Setelah mengetahui penyebab AC mobil Avanza mati, maka selanjutnya pemilik kendaraan juga harus mengetahui bagaimana cara mencegahnya.

Berikut adalah hal-hal yang dapat mencegah AC mobil yang tiba-tiba mati:

  1. Periksa Kondisi Sekring AC

    Sekring Ac yang berfungsi memberikan tenaga pada AC agar bisa menyala. Tanpa sekring yang berjalan dengan normal, maka AC pun juga tidak akan berjalan dengan baik. Jika terjadi masalah seperti AC yang mati, lakukanlah pengecekan pada sekring. Jika sekring mati karena konsleting listrik, maka segera ganti sekring AC dengan sekring yang baru.

  2. Pastikan Relay AC Berfungsi

    Matinya AC bisa dikarenakan oleh Relay AC yang tidak berjalan dengan baik. Maka pastikan relay AC dalam kondisi yang baik dan menyala dengan prima. Jika kondisi relay AC sudah tidak sempurna, maka bisa diganti dengan yang baru.

  3. Lakukan Perawatan Pada Motor Cooling

    Motor cooling memiliki peran yang penting sebagai pendingan komponen pada mobil. Motor cooling juga berfungsi sebagai pembuang panas yang dihasilkan atau yang berasal dari kondesor. Kerja motor cooling juga termasuk untuk mendinginkan AC. Untuk itu, pastikan motor cooling selalu dalam kondisi prima dan baik. Selain untuk merawat AC, motor cooling juga memiliki peran dalam mendinginkan komponen yang lainnya.

  4. Cek Ketersediaan Oli dan Kondisi Freon dan Filter AC

    Oli yang habis bisa mengakibatkan menurunnya kerja kompresor pada AC. Kompresor pada AC juga bisa melambat karena adanya masalah pada freon dan juga filter. Untuk itu lakukan pengecekan pada Oli, freon dan filter. Semuanya itu berpengaruh pada kerja AC.

Cara merawat AC mobil tidak seperti apa yang anda ketahui. AC mobil terdiri dari berbagai macam komponen-komponen pendukung dan berbeda dengan AC untuk pendingin ruangan. Untuk itu pemilik kendaraan perlu melakukan perawatan dan pengecekan terhadap komponen-komponen tersebut secara berkala pada bengkel-bengkel mobil yang memiliki pengetahuan dan layanan yang baik agar jasa yang anda terima pada kendaraan anda sesuai dengan apa yang anda harapkan.

Bengkel Mobil Spesialis Mengatasi Penyebab AC Mobil Avanza Mati

Dokter Mobil adalah bengkel AC mobil dengan spesialisasi salah satunya adalah mengatasi masalah pada AC mobil Avanza. Dengan teknologi canggih yang dimiliki, Dokter Mobil mampu mencegah ataupun mengatasi masalah AC mobil mati ini.

Jika anda membutuhkan jasa service AC di Dokter Mobil, silahkan mengunjungi cabang terdekat Dokter Mobil berikut ini:

KELAPA GADING CIBUBUR
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17 Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No 6
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429 Jl. Alternatif Km 4
Phone / WA – Aurell : 087880884576 ☏ 085817653292
SERPONG BEKASI
RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya, Pondok Kelapa
blok Orange no.5, Gading Serpong (Dekat Pintu Tol Keluar Becakayu)
Phone/WA : 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887

Demikianlah beberapa solusi mengatasi penyebab AC mobil Avanza mati dan cara terbaik merawat AC mobil anda. Senang rasanya membagikan informasi yang bermanfaat bagi anda.

Tags: ,

About Author