Posted by sukses besar Uncategorized

Penyebab AC Mobil Avanza Bau

Bau tidak sedap pada mobil bisa sangat mengggangu saat mengemudi. Selain aroma tersebut membuat tidak nyaman, udara yang bau dan sirkulasi udara yang tidak baik di dalam mobil bisa berdampak buruk pada kesehatan. Penyebab AC Avanza bau ini bisa karena perawatan AC yang kurang benar hingga beberapa masalah lainnya. Agar kondisi di dalam mobil tetap nyaman, berikut kita sajikan penyebab dan juga cara mengatasi udara di mobil Avanza yang bau.

  1. Evaporator Sudah Kotor

    Bisa dibilang, evaporator merupakan salah satu bagian yang berperan dalam masalah AC yang bau. Evaporator berfungsi sebagai penyaring udara. Apabila evaporator dalam kondisi kotor, maka udara yang keluar juga berbau tidak sedap. Pada evaporator yang sudah kotor atau tersumbat oleh debu bisa menjadi pemicu dari bau tidak sedap. Selain itu, evaporator yang berlndir juga manjadi tempat tumbuhnya bakteri dan jamur yang menyebabkan bau asam.

  2. Avaporator Mengalami Kebocoran

    Selain kotor, evaporator yang mengalami kebocoran juga bisa menyebabkan bau yang tidak sedap. Namun untuk kasus ini bau yang tercium adalah bau Freon yang menyebar karena evaporator yang bocor. Bau Freon ini cukup khas dan aromanya bisa berbeda-beda tergantung jenisnya.

  3. Ada Bangkai Binatang di Dalam Evaporator

    Masalah bau pada AC paling banyak memang disebabkan oleh evaporator. Pada kasus yang lebih parah, biasanya bau terasa amat tidak sedap, bahkan tercium bau bangkai. Ini karena kemungkinan terdapat hewan yang terjebak dan mati di dalam evaporator. Beberapa hewan kecil yang sering terjebak di dalam evaporator adalah cicak, kecoa, dan tikus.

  4. Salah Memilih Pafrum Mobil

    Parfum mobil bisa menjadi salah satu solusi agar udara di dalam mobil tetap segar dan wangi. Namun, jangan sampai salah pilih. Penggunaan parfum mobil yang mengandung terlalu banyak alcohol atau tinggi alcohol, justru menjadi penyebab AC Avanza baud an bisa membuat bau asam.

  5. Jendela Mobil Terbuka Terlalu Lama

    Saat mengemudikan mobil, sesekali tidak apa-apa menggunakan angin alami melalui candela, namun harus melihat situasi dan kondisi. Apabila jendela mobil dibuka terlalu lama saat dikeramaian lalu lintas, kemungkinan asap kendaraan, knalpot, hingga bauh limbah bisa masuk ke dalam mobil dan saat jendela di tutup kembali, asap-asap tidak sedap tadi masih ada di dalam mobil.

  6. Merokok di Dalam Mobil

    Merokok di dalam mobil bisa membuat udara di dalam mobil bau. Asap rokok akan terjebak dan tetap berada di dalam mobil dan  bercampur dengan AC. Hal ini akan membuat bau tidak sedap terus ada di dalam dan bahkan menempel pada furniture kursi mobil.

Baca juga : Inilah beberapa penyebab yang megakibatkan ac mobil tiba-tiba tidak dingin

Berikut adalah cara perawatan untuk mencegah dan mengatasinya :

  1. Rajin Mengecek Evaporator

    Untuk kasus bau pada mobil Avanza, evaporator harus selalu di cek dan di rawat. Bersihkan evaporator secara rutin dan teratur dalam jangka waktu tertentu agar kotoran atau lender tidak sampai menumpuk. Dengan melakukan pengecekan dan perawatan, kita juga jadi tahu kita ada hewan mati yang terjebak di dalamnya. Bersihkan evaporator sebelum menimbulkan bau.

  2. Tidak Makan dan Merokok di Dalam Mobil

    Hindari mengkonsumsi makanan yang berat atau berbau tajam di dalam mobil tertutup saat AC dinyalakan. Hal ini akan membuat aroma tidak sedap terus berada di dalam mobil. Selain makanan, merokok di dalam mobil juga harus dihindari.

  3. Memilih Parfum yang Tepat

    Jangan hanya karena termakan iklan atau tergoda dengan wangi-wangian yang bermacam-macam, pengemudi dengan asal membeli berbagai macam parfum. Pastikan parfum mobil tersebut tidak mengandung alcohol yang sangat tinggi. Selain itu jangan gunakan dua parfum mobil dengan aroma yang berbeda di dalam satu mobil.

  4. Bersihkan Kabin Mobil Sesering Mungkin

    Bersihkan kabin mobil sesering mungkin. Kotoran yang ada di dalam mobil akan terserap oleh evaporator. Untuk meminimalkan tumpukkan kotoran di evaporator, maka sangat baik bila kabin mobil dibersihkan secara rutin dan teratur.

Itulah beberapa penyebab AC Avanza bau yang sering kita alami. Dengan melakukan perawatan secara rutin, maka bau tidak sedap pada mobil bisa dicegah dan diatasi.

Tags: ,

About Author