📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

6 Penyebab & Solusi Mobil Injeksi Tidak Bisa Hidup

6 Penyebab & Solusi Mobil Injeksi Tidak Bisa Hidup

Mobil injeksi adalah puncak teknologi dalam industri otomotif, menggantikan sistem karburator yang lebih kuno.

Sistem injeksi bahan bakar memberikan performa yang lebih baik, efisiensi tinggi, dan ramah lingkungan.

Namun, meskipun dirancang dengan cermat, mobil injeksi juga dapat mengalami masalah teknis, dan salah satunya adalah ketika mobil injeksi tidak bisa hidup.

Ketika kita menghadapi masalah mobikl injeksi tidak bisa hidup seperti ini, sangat penting untuk mengidentifikasi penyebabnya dan mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci berbagai penyebab mengapa mobil injeksi mungkin tidak bisa hidup dan solusi untuk setiap masalah tersebut.

Penyebab & Solusi Mobil Injeksi Tidak Bisa Hidup

Masalah mobil injeksi tidak bisa hidup ini adalah salah satu permasalahan yang kerap terjadi. Agar tak kebingungan, berikut beberapa penyebab dan solusi yang bisa Anda identifikasi dan tanggulangi:

  1. Baterai Lemah

Baterai adalah sumber energi utama bagi mobil. Jika baterai kehabisan daya atau rusak, mobil injeksi tidak bisa hidup.

Anda dapat mengidentifikasi masalah ini dengan melihat tanda-tanda seperti lampu yang redup saat kunci dinyalakan atau bunyi klik-klik saat mencoba menghidupkan mobil.

Pertama-tama, periksa apakah kabel dan terminal baterai kencang dan tidak ada korosi.

Selanjutnya, coba isi ulang baterai dengan charger baterai atau jumper dari mobil lain. Jika mobil dapat menyala setelah diisi ulang, baterai mungkin memang lemah dan perlu diganti.

  1. Masalah pada Sistem Bahan Bakar

Sistem bahan bakar adalah elemen penting dalam mobil injeksi, dan masalah pada sistem ini dapat menyebabkan mobil injeksi tidak bisa hidup. Beberapa masalah umum yang terjadi pada sistem bahan bakar adalah sebagai berikut:

    • Pompa Bahan Bakar Rusak

Pompa bahan bakar bertugas menyuplai bahan bakar dari tangki ke mesin. Jika pompa bahan bakar rusak, bahan bakar tidak akan mencapai mesin, dan mobil injeksi tidak bisa hidup.

Untuk memeriksa apakah pompa bahan bakar benar-benar rusak, dengarkan apakah ada suara mendesis dari bagian belakang mobil saat Anda menghidupkan kunci.

Jika tidak ada suara, itu adalah tanda bahwa pompa bahan bakar bermasalah. Segera bawa mobil ke bengkel terdekat untuk mengganti pompa bahan bakar yang rusak.

    • Filter Bahan Bakar Tersumbat

Filter bahan bakar berfungsi menyaring kotoran dan partikel dari bahan bakar sebelum mencapai mesin. Jika filter ini tersumbat, aliran bahan bakar menjadi terhambat dan dapat menyebabkan mobil injeksi tidak bisa hidup.

Periksa apakah filter bahan bakar sudah kotor atau tersumbat.

Jika iya, ganti dengan filter baru.

Penggantian filter bahan bakar secara teratur adalah tindakan pencegahan yang baik untuk menjaga kinerja mesin dan mencegah masalah lebih lanjut.

  1. Sensor Masalah

Mobil injeksi dilengkapi dengan berbagai sensor yang mengawasi berbagai aspek kinerja mesin.

Jika salah satu sensor ini mengalami masalah atau rusak, mobil injeksi tidak bisa hidup. Beberapa sensor yang perlu diperiksa meliputi:

    • Sensor Tekanan Udara (MAP Sensor)

MAP sensor (Manifold Absolute Pressure sensor) mengukur tekanan udara di dalam manifold intake. Data dari sensor ini digunakan untuk mengatur campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke mesin.

Jika sensor ini rusak atau memberikan data yang salah, mobil injeksi tidak bisa hidup.

Periksa koneksi sensor dan bersihkan jika perlu. Jika masalah tetap ada, pertimbangkan untuk mengganti MAP sensor yang rusak dengan yang baru.

    • Sensor Posisi Throttle (TPS Sensor)

TPS sensor (Throttle Position Sensor) mengukur seberapa terbukanya katup throttle. Data dari sensor ini membantu mengatur jumlah bahan bakar yang disuplai ke mesin.

Jika sensor ini tidak berfungsi dengan baik, bisa menyebabkan masalah mobil injeksi tidak bisa hidup.

Periksa koneksi sensor dan lakukan kalibrasi ulang jika diperlukan. Jika sensor TPS benar-benar rusak, ganti dengan yang baru untuk memastikan kinerja mesin optimal.

  1. Busi Rusak

Busi berfungsi untuk membakar campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar. Busi yang rusak atau kotor dapat membuat mesin mobil injeksi tidak bisa hidup.

Periksa kondisi busi dan bersihkan atau ganti jika perlu. Selain itu, pastikan elektroda busi dalam kondisi yang baik dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

  1. Relay Starter Bermasalah

Relay starter adalah komponen penting dalam sistem pengapian mobil. Tugasnya adalah mengalirkan arus listrik dari baterai ke motor starter untuk menghidupkan mesin.

Jika relay starter bermasalah, mesin mobil injeksi tidak bisa hidup.

Periksa relay starter dan pastikan koneksi tidak kendur atau berkarat. Jika relay starter benar-benar rusak, segera ganti dengan yang baru untuk memastikan mobil dapat menyala dengan baik.

  1. Sistem ECU Bermasalah

ECU (Electronic Control Unit) adalah otak dari mobil yang mengatur berbagai sistem dan komponen elektronik. Jika ECU mengalami masalah atau kesalahan, mobil injeksi tidak bisa hidup.

Jika lampu indikator mesin menyala, gunakan alat pemindai kode kesalahan (OBD-II scanner) untuk membaca kode kesalahan pada ECU.

Setelah mengetahui kode kesalahan, cari tahu artinya dan perbaiki masalahnya sesuai dengan panduan perbaikan pabrikan.

Soal mengatasi masalah mobil injeksi tidak bisa hidup secara menyuluruh, bisa Anda percayakan dengan layanan tune up Jet Clean dari Dokter Mobil.

Layanan tune up Jet Clean Dokter Mobil bisa membersihkan seluruh komponen-komponen yang terhubung dengan aktivitas pembakaran, seperti tangki bensin, throttle body, busi, injeksi, EGR (di mobil diesel), dan catalytic converter.

Hasilnya adalah aktivitas pengapian di ruang mesin yang lebih lancar dan masalah mobil injeksi tidak bisa hidup pun teratasi.

Soal kualitas tak perlu khawatir, karena Dokter Mobil memiliki peralatan canggih berteknologi tinggi, teknisi yang ahli, serta SOP yang sistematis, sehingga penanganannya bisa sesuai dengan standar.

Ingin langsung coba dapatkan biaya tune up mobil Honda Jazz bersahabat dan kualitas yang akurat dari tune up Jet Clean di Dokter Mobil?

Beberapa titik lokasi cabang Dokter Mobil ini bisa Anda tuju untuk dapatkan service tune up Jet Clean segera:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Dokter Mobil Lontar
Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Proses reservasinya pun sangat mudah, Anda cukup menghubungi via WhatsApp di sini.

Jadi agar masalah mobil injeksi tidak bisa hidup teratasi, pastikan maksimalkan pemilihan layanan tune up-nya hanya dari tune up Jet Clean di Dokter Mobil.

Karena apapun masalah mesin mobilnya, di Dokter Mobil pasti beres! Gak beres? GRATIS!

SHARE THIS POST​

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru