Posted by Dokter Mobil bengkel mobil, Tune Up Mobil

Penyebab dan Solusi Mobil Injeksi Susah Distarter atau Dinyalakan

Kerusakan sepele dapat menyebabkan mobil injeksi susah distarter ataupun dinyalakan. Biasanya karena ada masalah di kelistrikan. Namun sebab lain juga bisa saja terjadi.

Untuk mengatasi masalah ini, anda perlu mengetahui apa penyebab munculnya masalah. Setelah itu, barulah anda dapat menemukan:

  • Solusi masalah
  • Cara mencegah kejadian yang sama terulang kembali

Oleh sebab itu, tidak perlu panik ketika starter mobil anda bermasalah. Dan inilah beberapa penyebab yang sering ditemukan.

Penyebab Mobil Injeksi Susah Distarter

Ada beberapa penyebab masalah ini. Diharapkan, anda segera mengatasi hal tersebut untuk mencegah masalah yang lebih serius terjadi. Adapun penyebabnya tersebut antara lain:

  1. Masalah Kelistrikan Mobil (50 persen kasus)

    Merupakan masalah yang paling sering terjadi. Starter mobil bekerja dengan memanfaatkan kelistrikan mobil. Namun jika kelistrikan mobil kekurangan daya, arus listrik tidak kuat untuk menyalakan mesin mobil. Alhasil, mesin mobilpun tidak dapat menyala.

    Ada beberapa penyebab starter mobil kekurangan daya kelistrikan, di antaranya masalah pada aki mobil yang soak,ketidakstabilan kelistrikan, dan adanya kabel-kabel yang salah sambung ataupun putus.

  2. Masalah pada Saluran Bahan Bakar (20% persen kasus)

    Adanya penyumbatan pada saluran bahan bakar dapat menyebabkan terhambatnya proses pembakaran. Akibatnya, mesin mobil tidak dapat memulai kerja meskipun anda berjam-jam menstarter mobil.

    Penyumbatan pada saluran bahan bakar ini memiliki banyak penyebab. Beberapa di antaranya adalah terjepitnya saluran bahan bakar. Selain itu, ada kotoraan yang menyumbat juga jadi sumber masalah.

  3. Adanya Error pada Sistem ECU Mobil (10 persen kasus)

    Sistem ECU mengontrol bagaimana mesin bekerja ketika anda mulai menstarter. Namun jika ECU bermasalah, mesin tidak dapat berfungsi dengan baik. Akibatnya, selama apapun anda menstarter, mesin tidak bekerja karena kontrol dari ECU mobil tidak sesuai dengan apa yang anda harapkan.

    Masalah pada ECU mobil ini sering terjadi karena beberapa sebab. Seperti karena ECU terendam air banjir, ataupun karena melakukan setting ECU di tuner tak berkompeten.

  4. Masalah pada Mesin Mobil (15% kasus)

    Apapun yang anda lakukan, starter mobil tidak akan berhasil jika masalah mobil itu sendiri ada di mesin. Mesin yang mogok atau tidak mau dinyalakan akan menyebabkan mobil injeksi tidak mau distarter.

    Ada beberapa penyebab masalah ini, yaitu karena jarang melakukan perawatan berkala pada mobil, menggunakan oli mobil berkualitas jelek, busi murahan, dan juga lalai dalam merawat mobil.

  5. Lain-Lain (5 persen kasus)

    Selain keempat penyebab masalah tersebut, ada beberapa hal lain yang jadi sumber masalah. Di antaranya adalah kerusakan di kabel starter, ataupun sistem dari mobil itu sendiri ada kabel-kabelnya yang copot atau tidak terpasang dengan benar.

Itulah beberapa penyebab mengapa mobil injeksi susah distarter. Berikutnya kita akan tahu solusi terbaik untuk masalah ini. Apa saja sih solusinya?

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi ataupun mencegah masalah pada starter mobil injeksi. Silahkan check di post di bawah ini.

Mengatasi Kasus Mobil Injeksi Susah Distarter

Untuk mengatasi hal ini, anda dapat melakukannya dengan:

  • Memasang Alat Penstabil Kelistrikan
    Ada banyak alat penstabil kelistrikan yang bisa anda coba. Namun pastikan untuk mencari alat yang memiliki kualitas baik.
  • Melakukan Tune Up Mobil
    Dengan melakukan tune up, mobil dipastikan memiliki performa layaknya baru kembali. Dengan demikian, mesin akan langsung berjalan meskipun baru sekali starter.
Dokter Mobil

Untuk mengecheck secara menyeluruh masalah starter mobil anda, silahkan menghubungi Dokter Mobil di alamat dan nomor di bawah ini.

KELAPA GADING CIBUBUR
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17 Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No 6
Telp (021) 2245 4429 Jl. Alternatif Km 4
Chelsea : 087787133366 ☏ 085817653292
SERPONG BEKASI
RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya, Blok G9 No.8C
blok Orange no.5, Gading Serpong (Dekat Pintu Tol Becakayu)
Phone/WA : 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887 | WA : 087887589899

Nah itulah beberapa penyebab mobil injeksi susah distarter dan solusi bagaimana mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Jika anda memiliki kritik, saran, dan pertanyaan, silahkan mengirimkan komentar di kolom di bawah ini.

Terimakasih.

Tags:

About Author