fbpx
 
Posted by intan mobil Mesin

Manfaat dan Biaya Tune UP Mobil Diesel di Dokter Mobil

tune up mobil diesel

Perawatan tune up mobil diesel wajib dilakukan secara berkala. Agar performa mobil tetap optimal, seluruh komponen harus dibersihkan. Terutama EGR dan beberapa komponen lain yang penting untuk mobil diesel.

Mobil diesel yang mengabaikan pentingnya tune UP biasanya akan mengalami gejala-gejala seperti performanya turun. Selain itu, ketika dikendarai juga akan kurang nyaman. Lebih parahnya lagi, konsumsi solarnya bisa meningkat drastis.

Manfaat Tune UP pada Mobil Diesel

Baik pada mobil diesel dan mobil bensin, tune UP menjadi sesuatu yang wajib dilakukan. Namun pada mobil diesel, perawatan ini menjadi lebih penting dan harus lebih sering dilakukan. Mengapa?

Mobil diesel menggunakan bahan bakar solar. Sayangnya solar di Indonesia kualitasnya masih kurang baik. Akibatnya, residu pembakaran menjadi lebih banyak. Hal ini menyebabkan sistem pembakaran menjadi lebih cepat kotor, selain itu penyumbatan di saluran pembakaran bisa terjadi.

Adapun detail part yang wajib dibersihkan antara lain adalah:

PART Masalah yang Terjadi Jika Part Tidak Dibersihkan
Throttle Body RPM tidak stabil
Intake Tarikan jadi berat, tenaga mobil berkurang
Katalitik Tarikan jadi berat, gas buang tidak maksimal sehingga sistem exhaust cepat rusak
Valve Tarikan jadi berat, konsumsi BBM jadi boros
EGR Tarikan jadi berat, konsumsi BBM jadi boros
Injektor Tarikan jadi berat, konsumsi BBM jadi boros, mobil brebet

Kapan Sebaiknya Mobil Diesel Perlu Tune UP

Umumnya, para teknisi bengkel menyarankan untuk tune up mobil sebaiknya dilakukan setiap 6 bulan sekali atau setiap mencapai 10.000 km tergantung mana yang akan dicapai terlebih dahulu. Namun di Dokter Mobil tune UP cukup dilakukan setiap 20.000km atau setiap 1 tahun sekali. Karena pengerjaannya sudah membersihkan total seluruh komponen bahan bakar. Dengan demikian, tune up di Dokter Mobil lebih efektif dan hemat.

Namun ada beberapa gejala yang menandakan mobil diesel perlu segera mendapatkan tune up. Gejala tersebut di antaranya adalah:

  • Mobil brebet atau ndut-ndutan
  • Konsumsi bahan bakar tiba-tiba jadi boros
  • Tarikan mobil mulai ngempos dan tidak kuat nanjak
  • RPM mobil naik turun dan tidak stabil

Jika mengalami gejala-gejala di atas, maka sebaiknya mobil segera dibawa ke bengkel untuk terlebih dahulu dicheck kondisinya. Biasanya masalah tersebut akan selesai hanya dengan melakukan tune UP.

Biaya Tune UP di Dokter Mobil

Di Dokter Mobil biaya tune UP akan bergantung pada jenis mobilnya. Jenis mobil dibagi menjadi 3, yaitu small, medium, dan large. 

Adapun tune UP di Dokter Mobil dibagi menjadi tune UP performance dan tune UP ultimate.

Lihat Juga: Oli yang Bagus untuk Mobil Diesel

TUNE UP PERFORMANCE   TUNE UP ULTIMATE
Berkisar dari 1,7 sampai hampir 2 jutaan HARGA Berkisar di angka 2,1 sampai 2,5 jutaan
Membersihkan seluruh komponen pada saluran pembakaran PENGERJAAN Membersihkan seluruh komponen pada saluran pembakaran ditambah dengan SETTING ECU untuk meningkatkan tenaga mobil atau untuk menjadikan mobil lebih irit BBM
60 Menit ESTIMASI WAKTU Kurang dari 90 menit
Pemilik mobil boleh test drive TEST DRIVE Pemilik mobil boleh test drive
Garansi masalah  mobil pasti beres GARANSI Garansi masalah  mobil pasti beres

Hal paling menarik dari tune UP di Dokter Mobil adalah pemilik mobil bisa melakukan test drive terlebih dahulu. Dengan demikian, pemilik mobil bisa merasakan terlebih dahulu performa mobil sebelum dan setelah tune UP. Jika merasa sudah puas dengan hasil tune UP nya, pemilik mobil baru bayar. Keren kan?

Itulah beberapa informasi seputar tune up mobil diesel yang sekiranya bisa menyadarkan kita semua pentingnya perawatan tune Up secara berkala. Jika anda memiliki pertanyaan seputar mobil diesel, silahkan menghubungi Dokter Mobil melalui kolom komentar ataupun fitur chat yang ada di pojok kanan bawah.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button