fbpx
 
Posted by intan mobil Mesin

Penyebab Mesin Mobil Kia Visto Jadi Gampang Mati Saat Hujan

penyebab kia visto kalau hujan mesin mati

Memasuki musim hujan, tak sedikit area jalan menjadi tergenang air. Genangan air ini berpotensi menimbulkan kerusakan bagi kendaraan yang melintasi jalan tersebut. Baik mobil mahal maupun murah, keduanya dapat berpotensi menimbulkan mogok dijalan. Meskipun memiliki mesin tangguh dan handal, tak jarang mobil kia visto bisa mogok. Yuk tilik penyebab kia visto kalau hujan mesin mati.

Ini Sebabnya Mobil Kia Visto Mudah Mati Karena Hujan

Jika mobil kia visto mengalami mogok karena hujan, bisa jadi kemungkinan terbesar adalah sistem perapian mengalami gangguan. Bila komponen-komponen tersebut terkena air, maka proses pengapian pada mesin dapat terganggu. Dampaknya, laju mobil menjadi tersendat hingga berujung mogok dijalan. Apa saja komponen tersebut?

Komponen-komponen yang dimaksud antara lain distributor, koil, busi, dan ECU (Engine Control Unit). Komponen tersebut sangat berperan dalam sistem pembakaran atau pengapian mobil.

Penyebab paling umum yakni tercampurnya air dan bahan bakar di dalam tangki. Jika sudah tercampur, maka kinerja mobil menjadi tidak maksimal.

Lakukan Ini Jika Mobil Kia Visto Sudah Mogok

Apabila mobil sudah dalam keadaan mogok, langkah pertama yang harus dilakukan adalah kuras tanki bensin agar terbebas dari air hujan. Setelah selesai, jangan lupa tambahkan lagi bahan bakar ke tangki bensin.

Untuk komponen sistem pengapian, anda dapat mengeringkan komponen mobil dengan menyemprotkan mesin kompresor. Jangan lupa lap dengan tisu kering. Pastikan air dan embun benar-benar menghilang.

Jika hal ini masih belum berhasil, opsi terakhir ialah membawa ke bengkel.

Baca Juga : Ini 5 Penyebab Umum Masalah Mobil Kia yang Sering Terjadi

ECU merupakan komponen vital pada mobil anda. Komponen ini merupakan “komputer” pada mobil yang berfungsi mengontrol kinerja mesin melalui berbagai sensor yang disematkan. ECU kerap disebut sebagai jantung pada mobil injeksi.

Sebab terletak di ruang mesin menjadi lebih rentan mengalami kerusakan ketika mobil memaksakan diri untuk menerobos genangan air yang cukup tinggi. Jika kerusakan sudah menyerang bagian ECU, mau tidak mau dilakukan perbaikan atau pergantian ECU baru. Biaya penggantian ECU relatif cukup mahal, rata-rata berkisar di angka sekitar Rp5 juta tergantung jenis mobil.

Itulah ulasan pada hari ini tentang penyebab kia visto kalau hujan mesin mati. Semoga dapat membantu permasalahan mobil anda. Jangan lupa rawat dan sayangi mobil anda untuk mencegah kerusakan yang mungkin terjadi. Berani membeli berani merawat.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button